Tutorial, Review, Tips&Trik

Pengalaman Belanja Online Mengesankan Ke Mataharimall.com

MEDIAKOMPILASI.com-Pengalaman belanja online,Apakah anda pernah punya pengalaman mencari sesuatu entah itu peralatan elektronik,aksesoris Handphone,Modem atau lainnya tapi kesulitan mendapatkannya?kalau saya pernah bahkan lebih dari satu kali misalnya ketika saya mencari obat herbal tertentu,Modem GSM atau buku bacaan.Kalau saya hanya mengandalkan toko-toko offline mungkin saya belum menemukan barang-barang yang saya cari.

Untungnya Zaman sekarang sudah semakin maju terutama dibidang teknologi informasi(IT) Belanja online bukanlah perkara yang sulit.Tinggal cari saja informasi penjualnya diinternet melalui mesin pencari dalam waktu sekejap anda akan menemukan deretan toko online dihalaman pertama mesin pencari.Tak hanya itu saja promosi besar-besaran sejumlah toko online membuat anda semakin mudah menemukan toko online favorit.

Apalagi sistem toko online semakin aman yaitu sejak maraknya marketplace atau lapak berkumpulnya para penjual online seperti Bukalapak,Lazada,Tokopedia atau Matahari Mall.Kenapa saya katakan semakin aman? Karena toko online tersebut bukan milik perorangan tapi sudah berbentuk perusahaan dan menggunakan sistem rekening bersama artinya jika anda membeli produk melalui toko tersebut setelah anda mentransfer sejumlah uang untuk pembayaran,uang tersebut tidak langsung dikirimkan kepenjual tapi menunggu barang yang anda pesan benar-benar sampai ketangan anda dan sesuai dengan spesifikasinya.

Pengalaman belanja online mengesankan saya dapatkan pada hari Selasa 6/9/2016 ketika berbelanja disalah satu marketplace yang tengah gencar mempromosikan bisnisnya yaitu Mataharimall.com baik melaui media televisi maupun internet seperti google ads.Jujur saja selama ini saya belum pernah belanja online kemarketplace manapun karena sebelumnya hanya belanja ketoko online perorangan.Namun karena saya butuh sebuah barang yaitu keyboard komputer secepatnya dan Mataharimall menjadi pilihan saya untuk berbelanja secara online.
Baca Juga : Keyboard Kesiram Air,Ngeblog Terpaksa Libur Panjang

Kelebihan jika saya belanja kemarketplace seperti Mataharimall.com penjualnya tidak hanya satu orang tapi banyak bahkan dari berbagai daerah sehingga harganya bersaing mana yang kemahalan akan ketahuan.Selain itu saya juga bebas mencari harga yang sesuai dengan kantong tapi tetap memenuhi kebutuhan.Contohnya kemarin saya butuh keyboard komputer yang harganya murah tapi tetap fungsional tanpa fitur yang tidak saya butuhkan.

Karena saya seorang blogger fungsi utama keyboard yaitu untuk mengetik artikel yang saya buat untuk blog-blog saya artinya asalkan memiliki fungsi standar layaknya sebuah keyboard dan harganya termurah itulah yang saya pilih.Setelah saya mencari-cari keyboard didaftar produk ternyata harganya bervariasi ada yang cuma puluhan ribu ada juga yang ratusan ribu dan yang membedakan adalah dari sisi fiturnya misalnya saja keyboard untuk game harganya lebih mahal dibandingkan dengan keyboard strandar.

Setelah mencari-cari saya tertarik dengan sebuah keyboard komputer yang harganya murah sekali yaitu cuma Rp.40.000(Belum termasuk Ongkir) walaupun merknya asing bagi saya tapi yang membuat saya tambah tertarik untuk membeli adalah fitur anti airnya(Water proof Design).Cara berbelanjanya juga cukup mudah saya tinggal klik tombol belanja kemudian saya akan  diarahkan untuk proses selanjutnya.Menariknya lagi adalah sistem pembayarannya selain menggunakan transfer bank lokal bisa juga melalui Indomaret bahkan kantor pos juga bisa.

Tadinya saya mau menggunakan bank Mandiri tapi karena saya kesulitan mencari ATM Mandiri ditempat saya yang baru akhirnya saya memutuskan mengunakan Indomaret sekalian saya ingin tahu bagaimana prosesnya dan apakah ada biaya tambahan.Setelah saya melakukan Proses akhir pemesanan saya akan mendapatkan kode pembayaran yang berisi 12 digit angka yang dikirimkan melalui email oleh pihak mataharimall.Keesokan hari pada hari Rabu 12/9/2016 pukul 9.42 saya mendatangi Indomaret dekat rumah saya.

Saya langsung menuju kasir dan menanyakan dulu kepetugasnya apakah bisa bayar belanja ke Matahari mall.com.Petugas Indomaret mengiyakan lalu saya informasikan kode pembayaran dari Matahari mall setelah diproses si kasir Indomaretnya mengkonfirmasikan nama pemesan(Saya sendiri) produk yang dipesan(Keyboard Eyota) kemudian jumlah yang harus dibayar.Setelah dipastikan benar akhirnya pembayaran bisa dilakukan dengan baik dan asyiknya ternyata tidak ada biaya tambahan saya hanya bayar sesuai yang tertera ditagihan pemesanan yaitu Rp.61.000(plus ongkir).

Sekitar pukul 10.43 saya mendapatkan konfirmasi melalui SMS maupun email yang menyatakan pembayaran telah diterima dan selanjutnya saya akan mendapatkan konfirmasi lagi barangnya sudah dikirim atau belum.Pada pukul 14.00 saya mendapatkan email konfirmasi yang menyatakan barang sudah dikirm oleh penjualnya dan disertai nomor resi dari jasa ekspedisi JNE.

Ada hal yang tak terduga buat saya ternyata penjualnya dari medan saya pikir dari Jakarta dan saya dari awal tidak terlalu memperhatikan profil dari penjual karena biasanya dimarketplace lain dibagian daftar produk tercantum barang dikirim dari mana sedangkan di Matahari mall hanya menyebutkan nama penjualnya misalnya Indo Foto tanpa ada keterangan lain jika saya ingin mengetahui asal kota penjualnya saya harus mengklik profil penjual tersebut barulah ketahuan dari mana kotanya.Pantas saja ongkos kirimnya Rp.21.000 padahal kalu antar kota paling paling sekitar Rp.8000.

Belanja online mataharimall
Kiriman paket

belanja online mataharimall
Kemasan masih mulus
Mengetahui penjualnya dari Medan saya sempat pesimis wah kapan sampainya sedangkan saya pernah pesan barang dari Jakarta saja butuh 2-3 hari bagaimana kalau dari Medan? Saya memperkirakan barang akan sampai 1 mingguan karena pihak Mataharimall sendiri sudah menginformasikan bahwa lama pengiriman daerah Jabotabek 2-3 hari sedangkan luar Jabotabek 4-14 hari.Wah saya sudah garuk garuk kepala! Tambah lama libur ngeblognya nih,Gumam saya dalam hati.
Belanja online
Tracking JNE
Untuk mengobati rasa ingin buru-buru sampai barangnya saya berinisiatif mentrack kiriman saya melalui situs dari jasa ekspedisinya.Dari situ saya bisa tahu barangnya sampai mana.Alangkah kagetnya saya karena pada pukul 18.31 masih ditanggal 7/9/2016 barang masih di kantor pusat JNE Medan tapi pada pukul 00.00 kok sudah sampai Bekasi dan jam 03.15 sudah sampai transit ke gateway Jakarta.Saya langsung semangat dan berpikiran Ah..siapa tahu hari Kamis sampai karena Jakarta-Cikarang tidak sampai setengah hari sudah sampai.

Benar saja sore harinya sekitar pukul 15.25 ketika saya sedang momong anak didepan toko, saya melihat ada kurir dari sebuah jasa ekspedisi sedang melihat-lihat nomor rumah.Saya langsung menebak jangan-jangan itu kiriman buat saya? Dan ternyata benar sampai didepan rumah saya kurir tersebut berhenti saya langsung menanyakan kekurirnya ,”Kiriman buat Dwi Sugiarto ya mas? Kurirnya menjawab Ya.Plong rasanya ternyata tak disangka-sangka baranngnya bisa sampai cuma 2 hari padahal dikrim dari Medan.

Bagi saya yang baru pertama kali belanja ke Mataharimall.com pengalaman belanja online ini cukup mengesankan dan sungguh-sungguh diluar perkiraan.Sebagai pelanggan saya merasa puas dengan pelayanan dari penjual,mataharimall.com maupun jasa ekspedisinya Pokoknya Top Markotop deh! lain kali kalau mau cari barang lagi saya akan belanja ke Mataharimall.com lagi.

8 comments:

  1. wah cepat sekali ya, kalau saya beli azolla 4 hari sampai belinya di kaskus. he he..., ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas saya juga nggak nyangka akan secepat itu mungkin JNE nya tahu kali barangnya lagi butuhkan segera he he he

      Delete
  2. Wah pengalaman yang berharga jadi sekarang gimana rasanya. Apalagi penjual juga dituntut cepat mas, karena peraturannya kalau lambat akan dikenakan denda oleh mataharimall.

    ReplyDelete
  3. Sudah Plong mas...Nggak menyangka saja kok bisa secepat itu proses belanja dan pengirimannya

    ReplyDelete
  4. sangat cepat pengirimannya. tapi kalau di luar jabodetabek sepertinya waktu pengirimannya tidak jauh berbeda dengan situs e-commerce yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untungnya saya tinggal di Jabodetabek jadi lebih cepat

      Delete
  5. Sepertinya mereka mengerti akan kebutuhan ngeblog mas Dwi, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu bener banget mas kok mereka tahu ya? he he he

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB