Tutorial, Review, Tips&Trik

Teknologi Digital Wireless Speaker Menikmati Musik Tanpa Kabel

Teknologi Digital Wireless Speaker Menikmati Musik Tanpa Kabel-Halo pengunjung setia blog mediakompilasi.com...Salah satu kegemaran saya sebagai orang yang hobi elektronika khususnya dalam bidang audio adalah melihat-lihat produk audio terbaru seperti Kompo,Speaker,receiver atau Home theater.Saya selalu mengamati teknologi-teknologi terbaru yang digunakan pada perangkat audio biar tidak ketinggalan informasi.
Baca juga : Mengenal AV Receiver Beserta Fungsinya

Speaker Wireless
Teknologi Digital Wireless Speaker
 Enaknya hidup dizaman serba internet kini untuk melihat-lihat produk audio tidak harus jalan-jalan ke toko elektronik dimall seperti yang dulu sering saya lakukan tapi cukup mengunjungi situs-situs resmi produsen elektronik atau ketoko elektronik online.Dengan melihat-lihat spesifikasinya saya bisa tahu kelebihan-kelebihan perangkat tersebut atau teknologi terbaru yang digunakan.

Suatu waktu saya pernah mengunjungi situs Lazada.co.id awalnya sih melihat-lihat speaker aktif siapa tahu ada model yang baru dan saya tertarik dengan sebuah speaker yang harganya menurut saya fantastis yaitu sekitar 16 jutaan.Saya jadi Penasaran apa saja sih fiturnya hingga harganya sangat mahal? Setelah saya baca secara seksama spesifikasinya barulah saya mengerti kenapa harganya selangit.

Speaker buatan produsen audio high end terkemuka asal Denmark dengan nama dagang Dynaudio yang salah satu modelnya Dynaudio XEO 3 merupakan speaker yang masuk dalam kategori High end yaitu kualitas audio yang dipercaya terbaik sampai saat ini dan speaker wireless digital.Bahkan Produsen elektronik ini mengklaim XEO sebagai “The world’s  first wireless high-end loudspeaker” atau Speaker Wireless High End pertama diDunia.

Saya tidak akan membahas apa itu High End tapi yang menarik buat saya adalah Teknologi Digital Wireless Speaker yang ada didalamnya dimana dengan teknologi ini pencinta audio bisa menikmati musik tanpa dipusingkan kabel-kabel koneksi apalagi jika perangkat audionya terpisah-pisah.

Apakah Teknologi Digital Wireless Speaker itu?

Berdasarkan informasi yang saya kutip dari Majalah Audio Video edisi No.5 tahun 2000,Teknologi Digital Wireless Speaker merupakan teknologi speaker yang memiliki konsep dasar transmitter(perangkat pengirim) dan penerima (receiver) untuk mengirimkan sinyal audio tanpa kabel yang mana sinyal audio yang sudah diterima receiver kemudian diteruskan kedriver speaker.

Konsep dasar pengiriman sainyal audio tanpa kabel sebenarnya bukan hal baru karena sudah sejak lama diaplikasikan oleh stasiun radio namun jika diterapkan kespeaker hal itu merupakan inovasi terbaru.
Secara garis besar prinsip kerja dari Digital Wireless Speaker mulai dari awal hingga akhir adalah sebagai berikut:

1.Sinyal audio dari berbagai sumber audio seperti DVD atau flashdisk masuk kedalam bagian pre amplifier untuk diumpankan ke transmitter dimana sebelum  dikirim sinyalnya diolah dulu menjadi sinyal digital.Setiap perangkat Speaker wireless terdiri atas 2 unit terpisah unit merupakan pre amp dan transmitter dan 1 unit lagi Speaker aktif dan receiver.

2.Speaker menerima sinyal yang dikirimkan transmitter melalui bagian digital receiver selanjutanya dikonversi oleh komponen DAC(Konverter digital to analog) dan dikirim ke power amplifier.

Dengan menggunakan teknologi Digital wireless speaker ini maka perangkat audio menjadi lebih simple dan bisa menikmati musik diruangan manapun tanpa kabel.Sayangnya harga dari perangkat yang menggunakan teknologi ini relatif mahal seperti perangkat audio yang sudah saya sebutkan diatas namun  bagi audiophile harga bisa jadi bukan masalah ada harga ada kualitas!

3 comments:

  1. kemajuan teknologi memang sangat mengsimpelkan dan mengefisienkan, tetapi juga mengkualitaskan apapun yang berteknologi, salah satunya wireles spiker itu tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang keren mang speaker digital wireless

      Delete
  2. Speaker kecil saya punya mas memang lebih praktis dan simpel mas dan bisa dibawa kemana mana juga dan enak untuk bersantai kalau menurut saya mah.

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB