--> Skip to main content

5 Aplikasi Penting Ngeblog Penunjang Kesuksesan Blogger

5 Aplikasi Penting Ngeblog Penunjang Kesuksesan Blogger-Jika seorang blogger ditanya,” Maunya apa sih membuat blog?”Sebagian besar saya yakin akan menjawab ingin blognya sukses yang ramai pengunjungnya,banyak pelanggannya(Subscriber) atau banyak pengunjung setianya.Namun untuk mencapainya tidaklah mudah banyak faktor yang mempengaruhinya baik dari segi teknis maupun non teknis yang satu sama lainnya saling mendukung.

Faktor teknis menurut saya cukup berperan besar untuk menunjung kesukesan ngeblog karena ngeblog selalu berkaitan erat dengan teknologi informasi yang selau berkembang khususnya dalam bidang  aplikasi/software komputer dimana aplikasi-aplikasi tersebut sangat membantu pekerjaan seorang blogger dalam mengalola sebuah blog.

Aplikasi ngeblog
Editor Ms Office Word

Berikut 5 Aplikasi Penting Ngeblog Selengkapnya

Menurut saya pribadi setidaknya ada 5 aplikasi komputer yang sangat menunjang pekerjaan seorang blogger bahkan diantarnya sangat mempengaruhi kualitas artikel yang dihasilkan oleh seorang blogger.Penasaran aplikasi apa saja? Simak infonya!

1.Microsoft Office Word
Aplikasi Word Processor(Pengolah kata) ini cukup membantu pekerjaan blogger ketika membuat draft artikel.Bagi yang sudah terbiasa membuat dokumen tentunya tidak asing dengan Microsoft Word ini.Keuntungan menggunkan aplikasi ini adalah blogger bisa tahu berapa jumlah kata dari artikel yang sudah dibuat sehingga bisa tahu sudah seo atau tidak,tidak perlu terhubung keinternet sehingga lebih irit kuota dan tersimpan dikomputer sehingga suatu saat jika blog ingin dibukukan dalam bentuk ebook tinggal menyalinnya atau mengkonversi saja ke format pdf.

Sedangkan kekurangannya adalah untuk mesin blogspot jika posting langsung menyalinnya dari Microsoft Office Word kedashboard blogger akan ada kode-kode bawaan yang ikut masuk kepostingan blogger yang ikut tampil kedalam postingan.Jalan keluaranya kalau saya copy dulu kenotepad baru dicopy lagi ke blogger.
Baca juga : 3 Cara Terbaik mempublikasikan artikel diblogger.

2.Photoshop
Aplikasi pengolah gambar ini cukup bagus untuk digunakan mengedit atau memodifikasi gambar dimana blogger tentunya membutuhkan gambar yang unik untuk pendukung artikel sehingga membantu artikel tampil dihalaman awal.Dengan photoshop blogger bisa menggabungkan beberapa gambar sekaligus sehingga lebih menarik.

Memodifikasi gambar sangat dibutuhkan terutama bagi blogger yang tidak memiliki gambar orisinil sendiri meskipun ada situs penyedia gambar gratis namun menurut saya gambar tersebut sudah tidak unik lagi dan terkadang gambar yang anda cari tidak ada yang cocok dengan topik artikel.
Saya sendiri menggunakan photoshop baru sebatas untuk membuat watermark gambar sedangkan memodifikasi gambar belum saya lakukan karena keterbatasan pengetahuan.

3.Kamus Bahasa Indonesia
Untuk membuat artikel yang profesional harus mengikuti kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga lebih mudah dipahami pengunjung selain itu dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar arikel anda akan mudah untuk ditranslate(Terjemahkan)kedalam bahasa lain dengan tool translate yang tentunya akan bermanfaat jika pengunjung blog anda berasal dari negara lain.

Dengan menggunakan aplikasi kamus bahasa Indonesia anda bisa dengan mudah mengetahui apakah kata yang anda gunakan baku atau tidak cukup mengetikkan katanya dikotak Pencarian yang tersedia kemudian klik cari jika kata tersebut baku maka akan keluar maknanya.Jadi anda tidak susah-susah mencari kata tersebut kedalam buku kamus.
Saya sendiri menggunakan aplikasi KBBI Offline 1.2 yang saya unduh dari sebuah situs aplikasi gratis.

4.Google Chrome
Jika anda blogger penayang adsnese Google crome merupakan browser terbaik karena browser ini memiliki ekstensi google publisher tools(GPT) yang bisa digunakan Untuk memonitor penghasilan adsense anda baik harian,mingguan atau bulanan tanpa harus membuka akun adsense.Jika anda menggunkan beberapa blog  untuk optimasi adsense anda bisa tahu hasil masing-masing blog yang dipasangi iklan.Melalui ekstensi ini anda juga bisa mengetahui url iklan yang tampil dan jenisnya.Selain itu GPT bisa mencegah klik iklan sendiri karena ada tabir yang berwarna hijau.

5.Evernote
Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencatat ide-ide,membuat daftar pekerjaan,mengatur dokumen,Simpan foto,Klip artikel dari website atau sekedar membuat catatan.Enaknya lagi aplikasi ini bisa diinstal di smartphone maupun PC Dekstop sehingga bisa disinkronkan.Jika anda kebetulan jalan-jalan atau berada ditempat menarik anda bisa langsung mengabadikan gambarnya kemudian menyimpannya ke evernote atau membuat artikel liputannya.

Sesampainya dirumah anda bisa mengedit tulisan melalui PC Desktop atau mengolah gambar yang disimpan dievernote tadi.Jangan kuatir file-file anda akan hilang karena evernote  bisa berfungsi juga sebagai penyimpanan data secara online yang mengharuskan penggunanya memiliki akun Evernote terlebih dahulu jadi meskipun handphonenya rusak file yang tersimpan diEvernote masih bisa diakses melalui handphone lain asalkan ada aplikasi Evernote.

Demikianlah informasi seputar 5 Aplikasi Penting Ngeblog Penunjang Kesuksesan Blogger mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi anda.Menurut pendapat anda aplikasi/software apa yang perlu diinstal oleh blogger?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar