Tutorial, Review, Tips&Trik

Artikel Disadap Gara-Gara RSS feed Disetting Penuh

MEDIAKOMPILASI.COM-Awas! Artikel Disadap oleh blogger pemalas.Peringatan ini saya tujukan kepada sobat blogger yang rajin menulis artikel karena bisa jadi artikel blog anda disadap tanpa anda sadari.Mau punya blog tapi malas menulis ya begitu jadinya berbagai cara tak beretika dilakukan yang penting bisa posting salah satunya dengan copas tanpa izin atau menyertakan sumbernya.
Artikel disadap
Parahanya lagi jika copasnya secara membabi buta atau menggunakan auto pilot atau blog AGC kalau Cuma 1 atau dua artikel mungkin masih dimaafkan.Bayangkan seluruh artikel blog anda bisa disadap secara otomatis dengan menggunakan tehnik tertentu yang caranya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan RSS feed blog anda.Coba cek RSS feed blog anda jika tampilannya penuh siap-siap saja blog anda jadi sasaran blog Auto.
Baca juga : Prihatin! Sudah Copas Nyepam Lagi

Hebatnya lagi berdasarkan ebook “aliran hitam” Tutorial Import n Auto Pilot yang saya baca blog yang dibuat dengan cara tersebut bisa dibuat sedemikian rupa sehingga blog auto tersebut lebih SEO friendly dari blog yang disadapnya secara ilegal.Saya sendiri tertarik membaca ebook tersebut untuk jaga-jaga jangan sampai blog saya jadi korban.

Bagi pemilik blog yang disadap tentunya akan mengalami banyak kerugian terutama dari sisi SEO karena akan terjadi dupilkat konten dalam jumlah yang banyak yang tentunya bisa berimbas pada tingkat kepercayaan google makanya jangan heran jika ada blog copas tapi kok peringkatnya lebih bagus dari pada yang dicopas karena blog auto tersebut tidak hanya menyadap dari 1 blog saja tapi bisa dari beberapa blog sekaligus sehingga  terkesan dimata google updatenya rutin padahalah sih Cuma ongkang-ongkang kaki!

Inilah yagn kadang membuat blogger serba salah kalau dibiarkan saja sama saja blog auto tersebut menggembosi blognya secara perlahan tapi kalau dilaporkan ke DMCA selain merepotkan tak menjamin blogger pemalas tadi berhenti mencopas.Itulah mengapa beberapa blogger top seperti Kang Jum atau Indri Lidiawati mematikan RSS feednya pada blognya.

RSS feed sejatinya merupakan tool yang sangat bermanfaat bagi pengunjung blog karena dengan tool tersebut pengunjung blog bisa berlangganan artikel melalui email dan jika disetting penuh maka pelanggan akan mendapatkan update artikel tanpa harus membuka blognya tapi cukup dari email.Hal ini tentu akan bermanfaat terutama bagi pengunjung yang tidak sempat browsing atau sinyal internetnya lelet karena cukup membuka email saja.

Saya sendiri sebenarnya sudah lama mengetahui cara untuk mencegah agar blog tidak disadap oleh blog auto adalah dengan cara mensetting setelan RSS feed pada blog dengan mengizinkan umpan blog secara singkat atau tidak sama sekali namun jika memilih tidak sama sekali(mematikan)pengujung blog anda tidak akan menerima kiriman email lagi sehingga akan mengira blog anda belum diupdate sedangkan jika memilih singkat pelanggan blog tetap menerima kiriman email hanya saja yang tampil diemail hanya sebagain artikel saja untuk melihat artikel selengkapnya harus berkunjung keblog.

Uniknya lagi meskipun saya tahu settingan feed tersebut tapi sejak awal membangun blog media kompilasi saya justru mensetting setelan RSS feednya secara penuh mungkin saya lupa karena terlau banyak blog.Nah…secara kebetulan beberapa hari yang lalu saya mengecek sitelink goolge blog media kompilasi yaitu dengan cara mengetikkan”Media Kompilasi” dipencarian google.

Dan ketahuan deh ada sebuah blog Auto yang menyadap blog saya tak tanggung-tanggung artikel dari bulan maret sampai september 2016 disadap semua.Blog auto tersebut yang tidak perlu saya sebutkan disini bisa terlacak karena beberapa artikel saya diawal paragraf artikel saya awali dengan kata Mediakompilasi.com sehingga artikel yang ada kata media kompilasinya tampil dipencarian ketika saya ketikkan media kompilasi.

Dan setelah saya kunjungi blog tersebut,Buset deh! saya baru sadar kalau blog saya sudah jadi korban blog auto anehnya lagi blog tersebut menggunakan domain berbayar dot com lagi.Mengetahui hal ini saya langsung membuka dashboard blogger untuk mengecek setelan rss feed dan tentunya saya setting penuh,”Wah…pantas blog saya bisa kena sadap!” saya langsung mengganti setelan rss feed dengan mengizinkan umpan singkat.

Sayangnya blog tersebut tidak ada kontaknya sehingga saya sulit untuk menghubungi adminnya dan sejak bulan Oktober ini sudah tidak menyadap lagi bahkan tak kunjung diupdate pemiliknya.Saya saat ini sedang memikirkan langkah apa yang harus saya tempuh demi kebaikan blog saya.Bagaimana menurut sobat apa yang sebaiknya saya lakukan?

19 comments:

  1. Saya jg mengalaminya mas, tadinya rss blm tk batasi yah jadinya gitu, saya coba laporin ke dmca tp sampai saat ini artikel di blog tsb masih ada.

    Pada umumnya blog spt itu memang ndak ada contactnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senasib kita mas cuma saya belum melaporkan.Sudah berapa hari meloporkannya mas soalnya setahu saya sampai sebulan prosesnya apalagi jika bloggernya banding tambah lama

      Delete
  2. Lalu bagaimana mas untuk mengetahui apakah blog kita disadap atau tidak, karena ngeri juga kalo hasil kerja keras kita menulis artikel ternyata dibajak orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal ketikkan judul artikel dipencarian kalau ada yang sadap pasti ketahuan karena tidak diesit sama sekali bahkan link internalnya juga mengarah ke blog asalnya atau bisa juga dengan kata aau kalimat yang selalu ada diartikel seperti saya misalnya mediakompilasi.com.Makanya dari seakrang settingan umpan balik disetting singkat

      Delete
  3. yap setuju banget, mumpung belum terlambat ada baiknya segera update setelan blognya kawan kawan

    ReplyDelete
  4. Duh rasannya pasti kesal sekali ya mas kalau begitu, semoga saja kedepan tidak lagi deh mas ngalaminnya dan ini jadi pelajaran buat saya agar selalu teliti.

    ReplyDelete
  5. Wah perlu hati-hati nih mas. Jadi settingan RSS feednya di seting singkat aja mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mas atau kalau sudah diincar matikan saja

      Delete
  6. Lapor kang, saya tidak pernah sadap mediakompilasi, justru saya selalu belajar dari blog kefen ini, caranya mudah ya.. Kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya deh...iya mudah nyasar blog yang feednya penuh

      Delete
  7. cara ngeceknya artikel kita disadap gmn mas ?, apa cuma mengetikkan alamat kita seperti yang mas lakuin ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kalimat atau kata yang sering muncul diartikel misalnya halo...pengunjung setia blog media kompilasi...

      Delete
  8. Persis apa yang sudah saya tulis di blog saya mas. Saya juga hanya menampilkan paragraf pertama pada tampilan email berlangganan, karena nantinya tidak akan ada pengunjung yang main ke blog saya kalau ditampilkan secara full... Nice sharing mas Dwi.

    Coba saja mas Dwi berlangganan artikel saya, paling yang nongol paragraf pertamanya saja, sisanya... Ya mampirlah ke blog, hehehe..

    BTW, mungkin yang dicopas hanya blog blog yang membahas tutorial atau tips kali ya mas... Masa sih pengalaman pribadi penulis masih mau dicopas juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blog auto sih gak pandang bulu mas semua artikel yang ada diblog otomatis tamil jjga diblog auto tsb meski cuma artikel curhat

      Delete
    2. Iya ya parah juga teknologi auto macam itu...

      Delete
  9. Bagaimana cara mengatasinya ?
    Agar blog tidak dapat dicopy auto?

    Kudu waspada nih ... kudu belajar utak-atik RSS.

    Terimakasih sharingnya mas, best !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan umpan feednya tingal diset sigkat atau matikan

      Delete
  10. Duhhh ko saya jadi takut yah... Tapi semoga aja rss bisa menanggulanginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disingkat saja mas setelan Rss FEED nya jagnan penuh atau dimatikan tapi kalo diblogger komentar dan sitemapnya jadi error

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB