Tutorial, Review, Tips&Trik

Jangan Tanam Pohon Jambu depan Rumah Ini Alasannya

MEDIAKOMPILASI.com-Menanam pohon didepan rumah memang memiliki keuntungan tersendiri apalagi pohon tersebut pohon yang berbuah, rumah jadi sejuk,udara bersih serta menghasilkan buah.Namun tahukah anda sebenarnya ada beberapa jenis pohon buah yang sebaiknya tidak ditanam didepan rumah karena pohon tersebut justru mendatangkan kerugian bagi pemilik rumah.
Baca juga : Menanam pohon mangga depan rumah banyak untungnya

pohon jambu air
Pohon jambu air
Menurut seorang arsitek lanskap Nirwono Yoga melalui laman Life style Okezone.com pohon yang baik untuk ditanam dirumah baik dihalaman atau didepan rumah untuk mendapatkan keteduhan yang maksimal adalah jenis pohon yang daunnya tidak lebar misalnya belimbing atau kelengkeng.Hal ini bertujuan agar sinar matahari tidak secara frontal masuk kedalam rumah baik pada pagi hari atau siang hari.Pohon yang daunnya lebar justru akan menghalangi sinar matahari masuk kedalam rumah.

Masih menurut Nirwono sebaiknya pohon yang dipilih berukuran sedang maksudnya ukurannya sekitar 15-20 meter contohnya pohon Mangga atau Rambutan Hindari pohon jambu air karena ada ulat bulunya.Jadi jelas kenapa menanam pohon jambu air didepan rumah tidak dianjurkan.

Berkaitan dengan menanam pohon jambu air saya memiliki pengalaman bagaimana rasanya memiliki pohon jambu air yang sudah berbuah.Jenis jambunya yang buahnya berwaran hijau bukan yang merah.Jika sedang musimnya buahnya lumayan banyak sayangnya rasanya kurang manis sehingga saya dan keluarga jarang memakannya.

Uniknya justru tetangga  banyak yang meminta terutama ibu-ibu untuk membuat rujak tapi karena memang pohonnya agak tinggi memetiknya juga susah.Karena tidak segera dipanen banyak jambu air yang jatuh ketanah dan itu berlangsung tiap hari sampai saya capek sendiri membersihkannya.Tak hanya itu saja buah jambu yang sudah jatuh mengundang lalat sehingga ikut masuk kedalam rumah belum lagi kadang ada ulat bulunya.

Hal lainnya yang membuat repot adalah sampah daunnya yang rontok kalau tidak buru-buru dibersihkan akan menumpuk jadilah membersihkan daun jadi kegiatan rutin tiap hari.Tak hanya itu saja menurut tetangga rumah saya kalau malam terlihat seram karena ada pohon jambunya akhirnya mempertimbangkan untung ruginya menanam pohon jambu yang lebih banyak ruginya pohon jambu air tersebut kemudian ditebang.
pohon jambu air
Sampah daun jambu air
Sekarang ini ditempat yang baru saya justru memiliki tetangga sebelah rumah persis yang menanam pohon jambu air didepan rumah.Pohonnya sudah tinggi bahkan sampai menutupi atap bagian depan rumah tetangga bahkan menutupi juga sebagian atap rumah saya.Tiap hari ada saja daun yang rontok dan jatuh didepan rumah saya mau tidak mau saya yang membersihkannya.Kadang ada rasa kesal juga tapi saya tidak mau ribut hanya gara-gara daun jambu.

Itulah alasan kenapa jangan tanam pohon jambu air depan rumah berdasarkan keterangan ahli dan pengalaman pribadi semoga informasi ini bermanfaat.

12 comments:

  1. Duh, sayang juga sebenarnya itu pohon jambu harus ditebang. Kalo depan rumah Saya tanami pohon mangga kang. Lumayan tiap berbuah ada aja orang yang ngeborong ,....

    ReplyDelete
  2. selain daunnya, bunga dari pohon jambu juga gampang rontok, jadi repot bersih2..

    ReplyDelete
  3. Jadi ingat dulu waktu masih SD, didepan rumah ortu ada pohon jambu air. Betul memang, sampahnya banyak, jadi aku kemarin kebagian tugas untuk membersihkan halaman setiap sore. Kalo ndak dibersihin, biasanya mamak(ibu) marah besar. karena memang sangat tidak enak dipandang mata.

    ReplyDelete
  4. yang penting iklas nyapunya mas, gpp ga dapat buahnya, yang penting dapat pahalanya..., hehehe.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikhlas sih ikhlas masalahnya buang sampah daunnya kemana? soalnya mobil sampahnya datang seminggu sekali kalau dikumpulin jadi banyak bisa sekarung mau dibakar bikin polusi

      Delete
  5. Tapi kalau memang maksa mau tanam pohon jambu di depan rumah mah harus siap siaga bersih-bersih dong ya :-) Tapi sebaiknya tanam pohon uang aja depan rumah mah atuh ih :-D

    ReplyDelete
  6. kalo di depan rumah saya, saya tanam pohon nangka. pohon nangka juga sama daunya sering berjatuhan tapi tidak banyak seperti pohon jambu air mas ... :)

    ReplyDelete
  7. Waktu dulu saya punya keinginan untuk menanam pohon jambu mas didepan rumah tapi kayaknya gak deh waktu makin kesini karena soalnya saya lihat tetangga yang nanam pohon jambu didepan rumahnya itu memang mas yang pertama banyak ulat bulunya bahkan ada ulat yang besar warna hijau, sampah berupa daun, jambu yang jatuh, dan lain sebagainya. Dan kalau saya mah sih lebih memilih dibelakang deh mas untuk nanam pohon jambu mah karena lebih aman juga karena suka banyak semut gituh yang masuk kerumah kalau dekat rumah mah.

    ReplyDelete
  8. kok pengalaman kita sama ya pak. tetangga saya juga ada memelihara pohon jambu. itu daunnya jatuh ke halaman kolam ikan saya sehingga menyumbat mesin penjernih air. lalu pohonnya yg lebat bikin kamar saya memang sejuk tapi malah jadi gelap gulita kalau siang hari. he he....

    lalu akarnya juga terkadang menembus beton rumah.

    tapi ya, karena punya tetangga sih di didiamin aja daripada ribut-ribut gara-gara pohon jambu. he he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kalau urusannya sama tetangga mending sabar sabar...

      Delete
  9. Wah, saya juga bingung nih mau nanem pohon apa depan rumah.... Kalo banyak ulatnya serem juga, takut masuk nyelip ke bantal atau kasur, hiiiiiii..... Kasian orang rumah malah kena gatel2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang mas serem ulat bulunya bikin gatel dan bauhnya kurang nikmat mending Belimbing saja mas pohonnya tidak terlalu tinggi tapi buahnya banyak khasiatnya harganya juga oke

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB