Tutorial, Review, Tips&Trik

Menanam Pohon Mangga Depan Rumah Banyak Untungnya

MEDIAKOMPILASI.com,Bekasi-Salah satu cara agar rumah menjadi sejuk dan tidak panas adalah dengan cara menanam pohon mangga didepan rumah apalagi jika rumah tersebut berada diperumahan dimana antar rumah hanya dibatasi tembok otomatis tidak ada alternatif lain jika ingin menanam pohon selain didepan rumah.Pohon mangga banyak dipilih warga perumahan karena memang selain rumah jadi adem juga menghasilkan buah yang lumayan enak untuk disantap dibandingkan dengan tanaman buah lainnya seperti jambu air atau belimbing.
Baca juga : Tagihan PDAM Nol Rupiah Kok Bisa?
menanam pohon mangga
pohon mangga berbuah

Menanam Pohon Mangga
Pohon mangga perlu dipangkas 

Menanam Pohon Mangga
Mangga hasil panen
Berdasarkan pantauan saya diperumahan Mega Regency Cikarang Bekasi ternyata banyak warga yang menanam pohon mangga didepan rumahnya.Pemandangan menjadi menarik ketika musim mangga seperti pada bulan Oktober ini dimana pohon mangga sedang banyak-banyaknya berbuah sehingga ketika saya melewati gang-gang perumahan buah mangga terlihat bergelantungan diatas pohon yang rata-rata rendah dan bisa digapai dengan tangan.

Keuntungan lainnya selain diambil buahnya rindangnya pohon mangga bisa membuat rumah jadi sejuk dan teduh terutama ketika musim panas bahkan pohon mangga bisa berfungsi untuk menyerap dan mengurangi polutan seperti debu masuk kedalam rumah sehingga udara lebih bersih.Pohon juga bisa berfungsi untuk menghasilkan oksigen yang baik bagi tubuh manusia.

Beberapa tips sebelum menanam pohon mangga didepan rumah

1.Batasi menanam jumlah pohon yang ditanam untuk ukuran lahan yang terbatas seperti diperumahan(Depan rumah) paling tidak 1 pohon saja sudah cukup jika kebanyakan akan mengurangi esteetika/keindahan rumah.

2.Atur pohon supaya dahannya tidak tumbuh kebawah dengan memangkas dahannya sehingga tidak menutupi rumah dan menghalangi sinar matahari masuk kedalam rumah atau menutupi jalan sehingga menggangu lalu lintas meskipun hanya diperumahan.

3.Agar cepat berbuah pilih pohon mangga hasil cangkokan karena lebih cepat berbuah dari pada menananam dari biji.

Oh ya kebetluan saya juga memiliki pohon mangga dan saat ini buahnya mulai bisa dipanen meskipun buahnya tidak banyak walauapun sebenarnya banyak tapi belum sampai tua tetangga sudah banyak yang minta untuk bahan rujak buah khususnya ibu-ibu,serba salahkan kalau tidak diberi nanti dibilang pelit kalau dikasih minta terus.Saya berpikir sudah saatnya Buah mangga sudah mulai bisa dipanen karena adanya buah mangga yang sering dimakan Hewan Codot tiap hari ada saja mangga yang jatuh bekas dimakan hewan ini.Lumayan setelah dipetik bisa dapat puluhan mangga tua siap dimatangkan.

Saya sendiri merasakan keuntungan menanam pohon mangga depan rumah,selain bisa makan buah mangga gratis rumah jadi sejuk.Bagaiaman anda tertarik untuk menanam pohon mangga depan rumah?

5 comments:

  1. Mas Dwi nanem mangganya cangkok atau biji?? Tapi sebaiknya pohonnya jangan terlalu dekat rumah ya, soalnya dahannya sangat rapuh mudah patah, nanti jatuh ke genteng niban rumah.

    Kirim dong mas Dwi ke Depok, hehehe

    ReplyDelete
  2. Kendala yang dihadapi saat ini, adalah kurangnya lahan yang tersedia, banyak pengembang perumahan tidak memikirkan lahan hijau untuk rumah hunian yang dibangunnya. sehingga kadang kesulitan untuk menanam pohon buah-buahan seperti ini

    ReplyDelete
  3. diperumahan depan rumah saya juga banyak pohon manggo, klo lagi musim tinggal petik

    ReplyDelete
  4. Udah gak heran lagi kalau di cikarang bekasi mah kang dulu juga pas saya kesana memang betul banyak yang nanam pohon mangga di depan rumahnya :-) saya tertarik untuk menanam pohon mangga depan rumah saya akan tetapi pertumbuhannya akan lama karena disini cukup panas :-)

    ReplyDelete
  5. memang banyak manfaatnya menanam pohon manggan didepan rumah kita mas, hanya saja bagi warga yang tinggal didaerah kota terkendala masalah lahan untuk menanamnya

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB