Tutorial, Review, Tips&Trik

Moci Ditemani Singkong Rebus Camilan Tempo Dulu

MEDIAKOMPILASI.com-Keberadaan Singkong rebus dimasa kini mungkin sudah tergusur oleh camilan modern seperti Donat,Martabak,Roti,Pizza,Burger,Sosis dan lain-lain sehingga jarang sekali masyarakat yang mau mengkonsumsi singkong rebus ini.Faktanya jarang sekali pedagang yang menjual singkong rebus sehingga kalau ada orang yang mau makan singkong rebus mau tidak mau harus merebus sendiri.

Dimasa kecil saya dikampung tepatnya di Tegal Jawa Tengah ngemil singkong rebus merupakan hal yang sudah biasa dilakukan karena kebetulan orang tua punya kebun yang ditanami singkong jadi kalau pas panen biasnya diolah menjadi singkong rebus.Singkong kalau di Tegal biasa disebut “Bodin”.Masih ingat betul bapak kalau sore-sore minum teh(Moci)salah satu camilannya singkong rebus.

Hari ini kebetulan istri saya belanja singkong di tukang sayur niatnya memang untuk diolah menjadi singkong rebus untuk dijadikan camilan menemani moci.Saya memang punya kebiasaan moci(minum teh pakai poci) dipagi hari sebelum sarapan biasanya camilannya beli kue-kue basah tapi kali ini saya ingin suasana yang beda,ingin mengenang tempo dulu moci ditemani camilan singkong rebus.Sederhana memang tapi memiliki kesan tersendiri.
Baca juga : Moci Budaya Unik Minut teh Wong Tegal

Singkong rebus
Moci sambil ngemil singkong rebus
Singkong atau ubi kayu atau ketela pohon meskipun kelihatannya camilan yang kurang menggugah selera tapi ternyata kandungan gizinya lumayan lengkap mulai dari karbohidrat,fosfor,kalsium,Vitamin C,Protein,Zat besi,Lemak dan Vitamin B1.Apalagi jika mengolahnya hanya direbus tentunya semakin sehat dibandingkan digoreng ataupun diolah menjadi kue dengan berbagai bahan tambahan makanan seperti pemanis atau pewarna.

Pagi-pagi sekitar pukul 05.30 saya mulai mengupas kulit singkong kemudian mencucinya sampai bersih dilanjutkan dengan memotongnya menjadi bagian yang kecil-kecil.Selanjutnya tinggal masukkan air ke panci lalu direbus setelah mendidih barulah masukkan potongan singkongnya.

Kurang lebih setengah jam singkong sudah empuk lalu diangkat dan diletakkan kedalam piring.Tak lupa saya merebus air pakai ceret hingga mendidih lalu membuat teh seduh menggunakan poci kuningan antik warisan orang tua.Teh seduh yang saya gunakan teh poci asli dari Tegal.Membuat teh seduh agar rasanya nikmat harus menggunakan air yang baru mendidih sehingga tehnya larut sempurna.

Setelah 5 menit teh diseduh barulah dituang kedalam gelas khusus untuk moci yang sebelumnya sudah diberi sesendok gula pasir.Acara moci ini saya lakukan didepan komputer.Seperti biasanya saya buka blogger sambil nyruput teh hangat diselingi dengan ngemil singkong rebus.Otak jadi segar karena efek kafein dari teh dan semakin berenergi dengan beberapa potoong singkong rebus sambil bernostalgia mengenang masa-masa kecil dikampung halaman.

Tak terasa saya sudah menghabiskan beberapa potong singkong rebus dan 2 gelas teh seduh.Meskipun camilannya sederhana tapi cukup berkesan dan lebh dari cukup untuk bekal mengawali aktifitas hari ini. 

10 comments:

  1. wah saya juga penggemar teh. kopi juga, susu juga. he he.

    kalau moci saya belum tahu sebutannya seperti itu sih pak. he he ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mas pakai poci kecil khusus buat minum teh lalu tehnya pake teh seduh yang dibungkus kertas nikmat mas bisa bolak balik tuang teh

      Delete
  2. Pastinya mantap sekali ya mas. Saya juga suka ngerebus singkong, sebab selain lezat kandungan gizinya juga mantap.

    ReplyDelete
  3. Singkongnya tambahin tahu kuning panas,makin jos... itu Mas... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya makan sarapan deh bukan ngemil....he he he

      Delete
  4. Sungguh sangat menyehatkan ya mas singkong rebus ini karena non kolesterol :-) untung masih banyak pohon singkong di sekitaran rumah saya :-) walaupun bukan punya saya sih tapi bisa beli lah 1 atau 2 kg mah untuk di rebus :-)

    ReplyDelete
  5. apalagi kalo cuaca dingin, ditambah hujan kecil adduh. nikmatnya tiada tara hehehee :)

    ReplyDelete
  6. ia mas, sekarang ini memang sudah tidak ditemukan lagi penjaja ubi rebus, karena memang sudah tidak banyak peminat lagi mas. Ubi rebus dimakan saat masih hangat sangat maknyos....

    ReplyDelete
  7. Apalagi sambil ngeblog mas Dwi, wuiih makin mantap. Arane bodin ning Tegal. Saya juga suka banget bodin rebus mas, apalagi singkong mentega. Ubi juga enak banget

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB