Sunday, October 2, 2016

Prihatin! Sudah Copas Nyepam lagi

author photo
MEDIAKOMPILASI.com-Halo pengunjung setia blog mediakompilasi.com dan sobat blogger dimanapun berada…dalam dunia perbloggingan istilah copas pasti sudah tidak asing lagi ditelinga blogger.Bagi blogger senior mungkin sudah sering jerih payahnya menulis artikel dicomot begitu saja oleh oknum blogger.Copas artikel tanpa menyertakan sumber merupakan pelanggaran berat karena sudah melanggar hak cipta dan jika blogger yang bersangkutan tidak terima bisa saja dilaporkan ke DMCA.Jika terbukti artikel copasan tersebut bisa dihapus oleh google bahkan blognya ikut dihapus.
copas artikel

Walaupun sanksi yang diberikan DMCA cukup berat toh tidak menyurutkan sebagian kecil oknum blogger untuk melakukan pencomotan artikel tanpa izin.Saya pribadi tidak memusingkan kelakuan blogger yang seperti ini karena sulit untuk mencegahnya ibaratnya hilang satu tumbuh seribu kecuali jika copasnya membabi buta apa boleh buat harus segera dilaporkan ke DMCA demi kebaikan blog saya.

Saya sendiri jarang mengecek artikel mana saja yang sudah dicopas blogger lain karena saya anggap buang-buang waktu lebih baik saya fokus menulis artikel.Namun terkadang tanpa sengaja saya justru menemukan artikel saya yang dicopas mentah-mentah seperti kejadian belum lama ini ketika ada komentar yang masuk ke blog ini dan kebetulan komentar tersebut saya moderasi sehingga tidak langsung terbit.

Dibawah kota kotak komentar sebenarnya sudah jelas-jelas saya tuliskan Dilarang nyepam!Apalagi menyelipkan URL (hidup/mati) atau promosi dikolom komentar namun tetap saja ada satu dua yang nyepam salah satunya oknum blogger yang satu ini dengan enaknya menuliskan link aktif yang mengarah keartikel blogger tersebut dikomentar tentu saya langsung saya masukkan kekotak spam.

Tapi yang membuat saya kaget ternyata link aktif tersebut mengarah ke artikel hasil copasan dari blog saya yang berjudul cara mudah menjadi agen aqua galon.Saya geleng-geleng kepala maksudanya apa? Bukannya dengan cara begitu sama saja memberitahukan kepada saya kalau salah satu artikel saya sudah dicopas? Wah ngajak perang terbuka nih kayaknya! Tak hanya itu saja ternyata ada 2 artikel saya yang lain yang dicopas juga jadi totalnya ada 3 artikel blog saya yang dicopas dan semuanya merupakan artikel populer liciknya lagi blogger ini merubah judulnya biar tidak kelihatan copas.
Baca juga : Artikel populer Rawan dicopas Blogger Cerdas

Tadinya saya berfikir untuk melaporkan saja ke DMCA tapi saya urungkan karena  saya pikir baru 3 artikel yang dicopas.Saya tidak mau cari masalah dengan blogger lain karena jika saya laporkan pasti blogger tersebut tahu kalau saya yang melaporkan kecuali kalau sudah terlalu apa boleh buat.Mungkin blogger tersebut baru belajar ngeblog dan belum tahu aturan ngeblog yang baik atau belum mampu menulis artikel sendiri.

Biarlah waktu yang memberi pelajaran kepada blogger tersebut karena cepat atau lambat jika oknum blogger tersebut terus mencomot artikel tanpa izin pasti ada yang tidak terima dan melaporkannya.Bagaimana menurut Sobat perlu dilaporkan atau tidak ke DMCA? Oh ya cek juga artikel blog sobat siapa tahu dicomot oknum blogger ini.

This post have 12 komentar

avatar
yadibarus delete October 2, 2016 at 5:59 AM

maklum kang, banyak orang pengen ngeblog, tapi malas untuk mikir, sehingga akhirnya mengcopas adalah pilihan yang mudah untuk dikerjakan

Reply
avatar
Effendi Nurdiaman delete October 2, 2016 at 8:21 AM

Kang Dwi harus bangga bahwa artikel kang dwi sangat berbobot makanya di copas sama orang kang, saya juga pernah mengalami hal itu kang artikel saya si copas dari awal sampai akhir lhoo kang namun setelah di tanyakan artikel tersebut langsung di edit 180 derajat.

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, CM delete October 2, 2016 at 9:05 AM

Ya kalau saya beri peringatan dulu mas ke e-mailnya kalau enggak digubris baru laporkan DMCA. Umumnya artikelnya bisa terancam dihapus kalau blog tersebut banyak laporan DMCA pasti blognya yang dihapus.

Disayangkan sekali, eksis dengan cara cepat malah membentuk karakter curang, serakah dan kegilaan yang mengherankan.

Semoga yang copasnya bisa menyadari kesalahannya.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete October 2, 2016 at 9:55 AM

Iya kang padahal kalau mau berlatih lama lama juga jago nulis lah kalau copas terus yang nggak bisa bisa

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete October 2, 2016 at 9:57 AM

Penginnya sih saya tegur mas tapi pernah pengalaman YBS malah nggak terima dan nggak ngaku

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete October 2, 2016 at 9:59 AM

Sayangnya nggak ada kontaknya mas dan saya juga nggak mau ribut

Reply
avatar
ary setyobudi delete October 3, 2016 at 2:16 AM

Hmm begitu ya mas.. Saya sering kalau spam mah. Yang copas beberapa ada. Tapi saya biarkan karena juga sama google udah ditendang cakep. Haha.

Reply
avatar
Wong Crewchild delete October 3, 2016 at 6:53 AM

memang resiko di dunia blogging ya mas,
tapi memang nggak beretika yg seperti itu

Reply
avatar
Mas Poniran delete October 3, 2016 at 10:27 AM

sebagus apapun artikel hasil copas, pasti akan berbeda dengan artikel aslinya mas, karena sipembuat artikel benar benar tahu tentang apa yang ditulisnya, beda dengan si tukang copas

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete October 3, 2016 at 5:58 PM

Biasanya yang malas menulis mas Dwi, mau ambil jalan pintas. Tapi anehnya kok malah ngirim balik link aktif yang dicopas... Kayak ngeledek ya... Biarkan saja mas, tapi kalo udah kebangetan pake banget, ya terpaksa laporin bae.

Reply
avatar
Effendi Nurdiaman delete October 6, 2016 at 10:51 AM

YBS itu artinya Yang Berasangkutan bukan mas ?

Reply
avatar
Indra Kusuma Sejati delete April 25, 2017 at 7:30 PM

Suka duka perjalanan blogger itu hampir rata-rata mengalami hal yang sama seperti ini. Bahkan pelakunya bukan hanya blogger saja mas, yang ada di otaknya itu hanya numpang promo gratis. Kalau dengan kolom koment yang lain bisa di saring, dan biasanya ada fasiltas band, alamat email dan ip nya mas. 😀

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement