--> Skip to main content

Prihatin! Sudah Copas Nyepam lagi

MEDIAKOMPILASI.com-Halo pengunjung setia blog mediakompilasi.com dan sobat blogger dimanapun berada…dalam dunia perbloggingan istilah copas pasti sudah tidak asing lagi ditelinga blogger.Bagi blogger senior mungkin sudah sering jerih payahnya menulis artikel dicomot begitu saja oleh oknum blogger.Copas artikel tanpa menyertakan sumber merupakan pelanggaran berat karena sudah melanggar hak cipta dan jika blogger yang bersangkutan tidak terima bisa saja dilaporkan ke DMCA.Jika terbukti artikel copasan tersebut bisa dihapus oleh google bahkan blognya ikut dihapus.
copas artikel

Walaupun sanksi yang diberikan DMCA cukup berat toh tidak menyurutkan sebagian kecil oknum blogger untuk melakukan pencomotan artikel tanpa izin.Saya pribadi tidak memusingkan kelakuan blogger yang seperti ini karena sulit untuk mencegahnya ibaratnya hilang satu tumbuh seribu kecuali jika copasnya membabi buta apa boleh buat harus segera dilaporkan ke DMCA demi kebaikan blog saya.

Saya sendiri jarang mengecek artikel mana saja yang sudah dicopas blogger lain karena saya anggap buang-buang waktu lebih baik saya fokus menulis artikel.Namun terkadang tanpa sengaja saya justru menemukan artikel saya yang dicopas mentah-mentah seperti kejadian belum lama ini ketika ada komentar yang masuk ke blog ini dan kebetulan komentar tersebut saya moderasi sehingga tidak langsung terbit.

Dibawah kota kotak komentar sebenarnya sudah jelas-jelas saya tuliskan Dilarang nyepam!Apalagi menyelipkan URL (hidup/mati) atau promosi dikolom komentar namun tetap saja ada satu dua yang nyepam salah satunya oknum blogger yang satu ini dengan enaknya menuliskan link aktif yang mengarah keartikel blogger tersebut dikomentar tentu saya langsung saya masukkan kekotak spam.

Tapi yang membuat saya kaget ternyata link aktif tersebut mengarah ke artikel hasil copasan dari blog saya yang berjudul cara mudah menjadi agen aqua galon.Saya geleng-geleng kepala maksudanya apa? Bukannya dengan cara begitu sama saja memberitahukan kepada saya kalau salah satu artikel saya sudah dicopas? Wah ngajak perang terbuka nih kayaknya! Tak hanya itu saja ternyata ada 2 artikel saya yang lain yang dicopas juga jadi totalnya ada 3 artikel blog saya yang dicopas dan semuanya merupakan artikel populer liciknya lagi blogger ini merubah judulnya biar tidak kelihatan copas.
Baca juga : Artikel populer Rawan dicopas Blogger Cerdas

Tadinya saya berfikir untuk melaporkan saja ke DMCA tapi saya urungkan karena  saya pikir baru 3 artikel yang dicopas.Saya tidak mau cari masalah dengan blogger lain karena jika saya laporkan pasti blogger tersebut tahu kalau saya yang melaporkan kecuali kalau sudah terlalu apa boleh buat.Mungkin blogger tersebut baru belajar ngeblog dan belum tahu aturan ngeblog yang baik atau belum mampu menulis artikel sendiri.

Biarlah waktu yang memberi pelajaran kepada blogger tersebut karena cepat atau lambat jika oknum blogger tersebut terus mencomot artikel tanpa izin pasti ada yang tidak terima dan melaporkannya.Bagaimana menurut Sobat perlu dilaporkan atau tidak ke DMCA? Oh ya cek juga artikel blog sobat siapa tahu dicomot oknum blogger ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar