Monday, October 31, 2016

Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti

author photo
Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti-Berawal dari kebiasaan anak saya kalau pagi-pagi makan camilan dulu sebelum sarapan pagi dengan kue-kue basah yang dijual ditukang sayur saya jadi punya ide untuk membuat kue sendiri karena cukup membuat repot ibunya Karena pagi-pagi harus membeli kue-kue basah.

Sedangkan kalau tidak dituruti alamat jadi ngambek.Kebetulan saya suka dunia masak memasak apalagi membuat kue.Saya berpikir keras kira-kira bikin kue apa ya? Yang bahannya muduh didapat tapi cara pembuatannya praktis dan biayanya murah meriah.

Resep Martabak mini unyil
Martabak mini
Suatu saat saya kedatangan adik saya yang memberikan kue martabak mini atau Unyil tapi sayangnya kuenya tidak sempurna bikinannya nggak mengembang layaknya martabak.Nah disitulah saya akhirnya punya ide untuk membuat martabak mini(Unyil) karena kebetulan adik saya punya cetakannya dan jarng dipakai.

Saya pinjam cetakan martabaknya untuk membuat martabak mini dan jika hasilnya bagus saya berencana membeli cetakannya.Harganya lumayan mahal sekitar Rp.250.000.Bagaiamana dengan resepnya? Tenang saja Kebetulan saya punya pengalaman jualan martabak kurang lebih setahun tapi yang ukurannya besar seperti martabak Bangka jadi saya tahu bahan-bahannya dan cara pembuatannya.

Ada sedikit perbedaan resep membuat martabak besar dengan martabak mini.Dulu sewaktu masih jualan martabak,sekali aduk adonan butuh 3-5 kg terigu jadi adonannya lumayan banyak sehingga takaran bahan-bahannya juga banyak tapi untuk martabak mini adonannya sedikit otomatis bahan-bahannya juga harus dikurangi.

Disinilah diperlukan eksperimen atau coba-coba sampai menghasilkan adoanan yang bagus sehingga martabaknya juga bagus empuk dan mengembang tidak bantat makanya jangan heran kalau ada yang menjual resep martabak mini karena bagi yang belum pernah membuat kemungkinan gagal cukup besar.

Saya sendiri beberapa kali melakukan eksperimen sampai akhirnya menghasilakn martabak manis yang cantik.Nah…saya akan membagiakannya secara gratis kepada anda jadi nggak usah beli mahal-mahal hitung-hitung saya dapat pahala he he he…Oh ya resep rahasia martabak mini unyil ini cocok bagi anda yang ingin bisnis kue basah modalnya tidak terlalu besar.
Baca juga : Resep Mie Ayam Enak Ala Media Kompilasi

Berikut Resep Rahasia Martabak Mini Unyil selengkapnya 

Bahan-bahan :
250 gram Tepung terigu Segitiga Biru
5 sendok teh Gula Pasir
½ sendok teh Ragi Instan/Gist fermifan
1/2 sendok teh soda kue(Baking powder)
260 ml air
Coklat meises
Mentega

Cara Membuat:
1.Masukkan terigu,gula pasir,ragi instan kedalam wadah

2.Tambahkan air sedikit demi sedikit kemudian diaduk menggunakan mixer dengan speed sedang(kalau saya nomor 1) sampai rata.Perlu anda ketahui banyaknya air sangat menentukan jadi atau tidaknya martabak mini ini kalau keenceran adonan tidak akan mengembang kalau kurang air matangnya tidak merata atau cepat gosong.Saya sendiri beberapa kali mencoba hasilnya kurang bagus namun setelah ukuran airnya 260 ml atau segelas plastik Tupperware kecil barulah hasilnya bagus.

3.Setelah adonan benar-benar rata diamkan sekitar ½  jam sampai 1 jam

4.Ambil 1 sendok teh baking powder (Saya menggunakan merk Hercules) masukkan kedalam gelas yang berisi air ¼ bagian lalu aduk rata.Masukkan kedalam adonan lalu diaduk sampai rata.

5.Siapkan cetakan martabak mini,Saya sendiri menggunakan cetakan martabak 7 lubang dengan diameter 8 cm berlapis Teflon.Panaskan dengan api kecil.

6.Masukkan adonan 1 sendok sayur kedalam masing-masing lubang sambil diputar untuk membentuk kuping(bagian sisi)

7.Taburi masing masing lubang dengan gula pasir 1/3 sendok teh diamkan sebentar sampai mengembang lalu tutup.

8.Setelah adonan terlihat matang cirinya adonannya berlubang ,berwarna kekuningan dan sudah tidak ada gelembung dari adonan serta kupingnya berwarna coklat Angkat menggunakan susuk khusus atau bisa juga dengan stik kayu tipis lalu letakkan kedalam wadah/piring.Jika adonan terlihat gosong tapi ada bagian yang belum matang(Putih) kemungkinan api terlalu besar

Resep Martabak mini

9.Olesi martabak Mini yang sudah matang dengan mentega menggunakan kuas kue.Taburi dengan coklat meises atau terserah keinginan anda misalnya parutan keju,kacang atau selai.Tambah nikmat lagi jika ditambahkan susu kental manis.

10.Tra la la…Martabak mini unyil siap dinikmati anggota keluarga.1 resep diatas bisa jadi 23 biji martabak unyil lumayan banyak bukan? Cukuplah untuk camilan sekeluarga.

Demikianlah informasi tentang Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti yang bisa saya bagikan untuk anda semoga bermafaat jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya melalui komentar dengan senang hati saya akan menjawabnya. 

This post have 33 komentar

avatar
Dwi Yulianto delete October 31, 2016 at 8:11 PM

Wuih, pas banget , kebetulan saat ini saya juga lagi suka masak nih. Gara-gara keseringan nonton video tutorial masak di youtube, akhirnya jadi coba-coba bereksperimen memasak. Kalau masak kue belum pernah coba. Tapi besok saya mau praktekkin deh resepnya mas dwi.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete October 31, 2016 at 8:20 PM

Wuih sehobi kita mas...penginnya sih bikin vlog tapi toolsnya belum lengkap.Cobain mas dijamin keluarga ketagihan

Reply
avatar
Defi Purnama delete October 31, 2016 at 8:28 PM

Mantap nih mas, bisa dicoba resepnya. Saya juga paling suka sama yang namanya martabak. Tapi jujur saya belum pernah makan martabak mini

Reply
avatar
Dwi Yulianto delete October 31, 2016 at 8:47 PM

haha bener nih,...belum ada dana buat beli peralatan ngevlog juga nih. Cowok juga harus bisa masak ya mas ,,,

Reply
avatar
Budi Smart delete October 31, 2016 at 10:18 PM

wah liat gambarnya saya langsung mau caplok aja ni martabaknya. resepnya saya simpen sapa tau istri saya bisa buat. hehee

Reply
avatar
Budi Smart delete October 31, 2016 at 10:19 PM

makanya segera pesen sama mas Dwi donk. hehee

Reply
avatar
Kreasikan Group delete October 31, 2016 at 11:01 PM

wah kalau gak pakai cetakan kayak gitu gimana mas ? tetep bisa kan, di coba lah kayaknya mantap nih

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 1, 2016 at 5:23 AM

Rasanya sama saja mas hanya kecil kecil jadi makannya banyaak

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 1, 2016 at 5:27 AM

Cobain bikin mas mantap pokoknya

Reply
avatar
Defi Purnama delete November 1, 2016 at 7:36 AM

Berarti memang pas banget mas buat cemilan

Reply
avatar
ikhsan maulana delete November 1, 2016 at 8:29 AM

pengen coba, tapi cetakan martabaknya saya ngga punya mas hehee, ada juga seperti tempat menggoreng telur puyuh cetakan yang kecil kecil :(

Reply
avatar
Afrid Fransisco delete November 1, 2016 at 10:08 AM

saya punya alatnya pak, pernah juga buatnya sekarang untuk dimakan. hasilnya lembek. wkwkwk...

ternyata ini ya resep. ada tambahan ragi dan bawking powder hem..., baru tahu saya. maklum ngga bisa masak. bisanya makan aja sih, he he...

Reply
avatar
Maman Achman delete November 1, 2016 at 10:18 AM

Gak nyangka selain pintar ngeblog, ternyata mas dwi jago bikin martabak juga, hehe...

Bisa dicoba membuat blog khusus kuliner kali mas...

Reply
avatar
Ifrod Maksum delete November 2, 2016 at 8:48 AM

kalo ditempat saya ini namanya 'apen' mas.

Reply
avatar
Ifrod Maksum delete November 2, 2016 at 8:49 AM

jelas gituh mas, biar gak hanya makan doank

Reply
avatar
Kreasikan Group delete November 2, 2016 at 9:45 AM

hahai, saya juga bisanya makan aja, soal proses sih biar urusan yang di belakang, kita mah nunggu di depan aja sambil ngopi ya mas, haha

Reply
avatar
Syahran Syah delete November 2, 2016 at 10:01 AM

Cemilan paling cocok disaat browsing..ya kan Kang..hahaay

Reply
avatar
Mas Poniran delete November 2, 2016 at 11:03 AM

Resepnya bisa dicoba ni mas,kayakanya mantap martabak mininya

Reply
avatar
Buret mrj delete November 2, 2016 at 2:00 PM

martabak yang pas, lezat dan empuk didapatkan setelah eksperimen berkali kali...musti nyoba nih resepnya, makasih mas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 3, 2016 at 3:22 PM

Bisa mas yang penting bulat diameternya Min 8 cm

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 3, 2016 at 3:25 PM

Beli aja mas...lumayan bisa dinikmati rame rame

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 3, 2016 at 3:27 PM

Dasarnya hobi masak mas.Ada kok mas blog saya yang topiknya memasak

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 3, 2016 at 3:30 PM

Kalau pas browsings sekali makan 5 biji mas ha ha ha

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 3, 2016 at 3:31 PM

Murah meriah lagi modal terigu Rp.2000 perak

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 3, 2016 at 3:32 PM

Mumpung gratis mas...dan gak perlu nakar nakar lagi sudah pas ukurannya

Reply
avatar
Alul Media delete November 3, 2016 at 3:38 PM

kalau saya mah lebih suka beli dari pada buat. hehe..
tapi makasih ilmunya, jadi tau cara buatnya..

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete November 3, 2016 at 8:48 PM

Meskipun mungil, tetap saja rasanya uenak ya mas. BTW pernah jualan martabak dimana mas Dwi??

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 4, 2016 at 6:43 AM

Lebih lebih yang buat mas puas kalau bikinannya enak

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 4, 2016 at 6:44 AM

Ya mas apalagi topingnya keju + susu makin nikmat.Dulu jualan martabak manis telor di Bekasi mas

Reply
avatar
Rachmat Riyadi delete April 15, 2017 at 9:10 AM

boleh dicoba nih mas resepnya,btw Mas dwi mau tanya itu untuk membuat martabak mini nya tidak pakai telor emang tidak apa2 ya.?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 16, 2017 at 10:13 AM

Bisa dan nggak apa apa mas...hasilnya bagus dan resep ini sudah saya pakai untuk jualan martabak mini mas dan lancar lancar saja

Reply
avatar
Rachmat Riyadi delete April 19, 2017 at 10:44 PM

mas dwi mau nanya untuk yg cara membuat No.4, 1 sendok teh baking powder masukkan kedalam gelas yang berisi air ¼ bagian lalu aduk rata. berapa ML air ya ??

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2017 at 8:42 AM

1 gelas +-= 240 ml 1/4 gelas=60 ml

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement