Tutorial, Review, Tips&Trik

4 Tips Mempertahankan Posisi Artikel di Mesin Pencari

Artikel ini adalah postingan Tamu Achmad Mustakim,Jika Anda tertarik menjadi penulis tamu Silahkan kirimkan artikel Anda melalui Contact Us.

Kadangkala artikel yang kita buat akan dengan mudah tampil di halaman pertama google, namun seiring dengan berjalannya waktu, artikel akan menurun posisinya jika banyak terjadi persaingan. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai tips mempertahankan posisi artikel di mesin pencari.

Mempertahankan posisi artikel blog kita di SERP adalah hal yang begitu labil. Hal ini karena kita tahu sendiri, bahwa algoritma google itu terus menerus berkembang dan bergerak maju. Jadi apa yang 1 tahun lalu work, mungkin sekarang tidak work lagi.
Baca juga : 4 Hal Ini Akan Membuatmu Gagal Masuk Ke Dalam Jajaran Blogger Sukses Dunia

Mesin Pencari

Jadi sebagai blogger, ilmu SEO itu penting. Karena SEO itu bisa merupakan suatu sarana gratis yang bisa dijadikan untuk mendatangkan banyak trafik ke blog kita. Dan yang penting, para pengunjung itu dapat kita konversikan ke dalam bentuk uang. Maka dari itu, mempelajari dan mengupdate ilmu tentang perkembangan SEO itu sangat penting.

Tips mempertahankan posisi artikel di SERP


Inilah beberapa tips yang saya ambil dari pengalaman pribadi dan juga berasal dari berbagai jenis referensi. Silakan sima baik baik untuk mengetahuinya.

1. Pastikan menulis artikel yang berkualitas

Apakah artikel harus panjang? Tidak, artikel yang berkualitas itu tidak harus panjang kali lebar seperti rumus luas persegi panjang, namun artikel berkualitas adalah artikel yang bermanfaat dan juga pembahasannya mendetail.

Anda bisa menuliskan artikel yang benar benar anda kuasai agar bisa menuliskan dengan mendetail. Usahakan pembahasan artikel yang dibahasa itu sampai tuntas. Jadi anda bisa memposisikan diri sendiri untuk membaca artikel sendiri sebagai pengunjung. Kalau kita tidak bisa mendatkan manfaat dan solusi pemecahan setelah kita membaca artikel, maka kita tidak bsia menyebutnya sebai artikel yang berkualitas.

Artikel yang berkualitas ini akan menjadikan blog semakin kaya pengunjung, ya karena banyak yang suka dan banyak yang merekomendasikan. Bahkan google sendiri pun bilang tulislah artikel seolah olah seo tidak ada. Maka dari itu, hal ini akan lebih baik untuk anda lakukan. Karena sampai kapanpun algoritma google tetap menduung artikel yang berkualitas.

2. Backlink berkualitas

Kata siapa backlink sekarang tidak berpengaruh? Backlink sekarang masih memegang peranan yang begitu dahsyat soal seo loh. Jadi anda jangan pernah beranggapan buat apa nyari backlink , toh hal itu nggak penting lagi. Backlink ini ibarat sebuah penanda dalam suatu jalan untuk menuju suatu lokasi. Jadi jika tidak ada penanda itu, maka bagaimana mungkin orang lain akan menemukan anda.

Nah backlink ini ada tipe backlink yang diberi otomatis oleh si pemiik website namun ada juga kita yang harus membuatnya. Yang penting anda harus mendapatkan backliink yang baik. Yaitu yang berasal dari jenis web dengan DA dan PA tinggi serta memiliki reputasi dan konten yang baik. Jadi kalau anda mendapatkan backlink dari web yang tidak berkualitas, maka itu bisa menyebabkan dampak buruk bagi blog anda.

Setelah saya riset blog yang berada di halaman pertama google itu ternyata memiliki jumlah backlink yang begitu banyak dan berkualitas. Ada yang menggunakan PBN dan berbagai cara, namun hal itu kadang ada yang disembunyikan blog PBN nya agar tidak diketahui blog lain.

Memang google menyuruh kita untuk tidak pusing soal backlink karena peranan backlink sudah berganti. Namun menurut saya hal itu hanyalah propaganda, agar para blogger menulis artikel dan backlink akan secara alami diberikan jika artikel itu berkualitas. Karena bagaimanapun, tanpa backlink google akan sulit mempertimbangkan mana blog yang harus tampil di halaman pertamanya dan mana yang tidak.

3. Selalu perbarui informasi dan tambahkan informasi bila perlu

Mungkin itu artikel lama, namun beberapa saati ini artikel itu mulai menurun posisinya di mesin pencari. Nah anda bisa memperbarui informasi artikel tersebut dan juga menambahkan informasinya. Hal ini akan memberikan sinyal ke google dan google akan menganggap bahwa anda punya komitmen untuk menjaga keupdetan konten, sehingga artikel pun selang beberapa hari akan naik kembali posisinya.

Kalau perlu anda bisa update judul agar lebih terlihat menarik dan uptodate. Sehingga akan lebih sering mendapatkan klik di mesin pencari. Kalau sering dapat klik, berarti artikel itu akan dianggap menarik dan akan lebih naik lagi posisinya.

Anda juga harus menyesuaikan dengan perkembangan google. Misalnya google update algoritma yang mengharuskan kita untuk lebih mobile friendly. Maka kita harus memperbarui blog kita tersebut. Jadi jangan beranggapan bahwa mempebarui dan menyesuaikan diri kita dengan ketentuan google itu tidak penting. Bahkan itu sangat penting.

Selain update informasi yang lebih terbaru pada artikel, kita juga perlu mengaitkan antara 1 artikel dengan artikel lainnya dalam blog. Ini biasa disebut juga dengan yang namanya intenal link. Hal ini sangat baik untuk anda lakukan. Karena menurut pengalaman hal ini bisa memperkuat posisi antara satu blog dengan blog lainnya.

4. Jalin komunikasi dengan banyak blog

Dengan anda menjalin banyak komunikasi dengan banyak blog, maka hal ini akan menjadikan artikel yang ada di blog anda lebih baik. Hal ini karena terjadi suatu kunjungan, dan berbagai point seperti share, like artike, bahkan komentar. Nah hal ini menjadi sinyal tersendiri bagi google bahwa hal itu adalah hal yang begitu disukai banyak orang. Selain itu, blog yang memiliki banyak visitor itu menandakan bahwa di blog itu ada sesuatu yang penting.

Jadi dengan membuat artikel di blog kita banyak komentarnya, banyak yang share banyak yang like dan memberi pendapat, maka hal ini akan dapat meningkatkan posisi artikel di mesin pencari. Sinyal untuk poin ini kecil, namun bisa juga akan berdampak besar apabila kita mendapatkan hal ini secara rutin.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mempertahankan posisi artikel di mesin pencari. Semoga hal ini bermanfaat bagi kita semuanya. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog saya ya di Langnusa Blog

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga memberikan manfaat bagi kita semuanya.

_______________________________________________________________
Tentang Penulis : Achmad Mustakim  merupakan fulltime blogger yang memiliki motivasi kuat untuk menjadi blogger sukses. Dia memiliki dan mengelola blog di www.langnusa.com.

15 comments:

  1. Thanks dah diijinin jadi penulis tamu di blog besar ini. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Saya sering jalin komunikasi lewat blogwalking mas

    ReplyDelete
  3. oh ini ternyata tips supaya artikel tetap bertahan di mesin pencari, saya suka mengabaikan ini mas, kadang artikel yang sudah ada di peringkat yang bagus tidak saya pertahankan malah dibiarkan begitu saja... mungkin kedepannya harus saya lakukan dengan cara diatas...

    ReplyDelete
  4. Sepertinya blogwalking menjadi salah satu elemen pendukung yang sangat penting mas. Banyak banget manfaat jika melakukan BW, ya salah satunya meningkatkan traffic blog. Saya juga tetap berusaha menjalin komunikasi melalui kegiatan ini...

    ReplyDelete
  5. biasanya kalo artikel tutorial suka awet, tapi meski ada yg copas pun sekarang gk perlu kawatir google makin jahat

    ReplyDelete
  6. saya blogger baru, saya ingin menjalin komunikasi antar blog, hingga sampe diartikel ini, pas sekali buat saya,
    terimakasih kang, semoga barokah artikelnya.. :)

    ReplyDelete
  7. sebagai blogger yang masih sangat kurang pengalaman, artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk saya, dan tentu akan saya coba

    ReplyDelete
  8. masih butuh usah yang lebih nih biar bisa bertahan, makasih mas tutorialnya

    ReplyDelete
  9. Informasi tentang backlink masih simpang siur, tapi menurut saya backlink tetap merupakan hal yang penting kalau blog mau meningkat di mata SE.

    ReplyDelete
  10. Saya masih belum bisa rajin untuk berkunjung ke blog teman, jadi masih susah untuk memperbanyak jalinan pertemanan sesama Blogger

    ReplyDelete
  11. Poin 2 & 3 ini masih baru bgi saya. Maturnuwun. Saya mau coba.

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB