--> Skip to main content

Motivasi Terbaik Ngeblog,Uang atau Hobi?

MEDIAKOMPILASI.COM-Motivasi menurut Kamus Bahasa indonesia bermakna dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.Seorang blogger terjun kedunia blogging pasti memiliki motivasi ngeblog dan hanya blogger yang lebih tahu apa motivasi yang ada dalam hatinya.


Berdasarkan pengakuan para blogger secara garis besar ada 2 motivasi ngeblog yaitu karena ingin menghasilkan uang dan ingin menjadikannya sebagai hobi.Lalu apa sebenarnya motivasi terbaik ngeblog? Mari kita diskusikan disini.

Sebelum membahas lebih jauh saya ingin mengumpamakan seorang yang hobi memancing dan tukang mancing.Keduanya kelihatannya sama yaitu sama-sama mancing tapi sebenarnya berbeda jika dilihat dari motivasinya.Orang yang hobi mancing motivasinya sekedar menyalurkan hobi untuk kepuasan batin tak mencari materi bahkan tak sedikit yang mengeluarkan banyak uang.

Pernah nonton acara  Mancing Mania disebuah Acara TV Swasta bagi anda mungkin lucu sudah dapat ikan besar kok dilepas lagi(release).Mereka niatnya memang tidak menjual ikan tapi ingin merasakan bagaimana sensasi mendapatkan strike ikan yang besar.

Berbeda dengan tukang mancing kebetulan tetangga saya ada yang tukang mancing,tiap hari pekerjaannya ya mancing dan ikan dari hasil memancing tersebut dijual agar mendapatkan uang jadi jelas motivasinya karena uang.

Kembali ketopik ada yang menarik ketika saya menulis artikel Impian seorang blogger satu demi satu tercapai dimana ada salah satu sobat saya berkomentar yang cenderung menganggap ngeblog karena hobi lebih baik atau Keren dari pada ngeblog karena uang(Blogger Matre)bahkan menganggap blogger yang matre akan dipandang sebelah mata oleh blogger lain dan akan menurunkan nama baik blogger yang bersangkutan.


Saya sendiri memiliki pandangan lain Motivasi ngeblog karena uang dan karena menyalurkan hobi itu merupakan pilihan lalu yang terbaik mana? Menurut saya yang sesuai dengan niatnya itulah yang terbaik.Kalau sedari awal memang niatnya mau mencari uang dari blog ya berarti motivasinya karena uang pelajari bagaimana caranya dengan sungguh-sungguh mulai dari cara membuat artikel yang SEO,cara meningkatkan trafik dan lain-lain.

Berbeda kalau niatnya dari awal memang menulis untuk have fun,senang ketika berbagi dengan orang lain tanpa memikirkan uang itu baru motivasinya karena menyalurkan hobi misalnya suka traveler terus buat blog khusus jalan-jalan atau hobi fotografi buat blog seputar photografi.Saya bisa mengatakan ini baru blogger sejati yang tulus berbagi bahkan blognya tanpa embel-embel iklan sedikitpun.

Bagi saya blogger keren itu blogger yang sukses menghasilkan pundi-pundi uang dari ngeblog contohnya Herman yudiono,Dian umbara,Eka lesmana.Saya nggak yakin kalau blogger-blogger sukses tersebut bisa sukses karena motivasinya hanya menyalurkan hobi pasti motivasinya karena uang.
Baca juga : Money Blogging Vs Peronal Blogging Mana Pilihan Terbaik

Seorang blogger motivasinya harus tegas tidak plin-plan kalau memang motivasinya karena uang ya katakan saja jangan ngakunya Cuma menyalurkan hobi tapi ingin dapat penghasilan atau ingin dapat uang giliran dituntut kerja keras nggak mau alasannya cuma sekedar hobi.

Pendapat yang pas dikemukakan oleh Seorang editor senior Anwar holid dalam bukunya Keep your Hand Moving Menurutnya penulis harus jujur dengan motifnya,minimal dalam hati.Jangan pernah bilang ingin dipublikasikan jika motif utamanya uang(Fandy Hutari,2010:15)

Motivasi ngeblog karena uang bukanlah kenistaan justru bisa menjadi pekerjaan tetap(Full time blogger)seperti yang dilakukan oleh beberapa blogger sukses dan motivasi ngeblog karena ingin menyalurkan hobi juga bagus bahkan tak jarang karena tulisan diblognya blogger tersebut menjadi terkenal yang akhirnya juga bisa menghasilkan uang.
Baca juga : Sudahkah Anda Menjadikan Menulis Bagian Gaya Hidup?

Jadi apapun motivasi ngeblog anda jalani saja sesuai hati nurani dan yang paling penting adalah blog merupakan sarana berbagi ilmu yang bermanfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar