Tutorial, Review, Tips&Trik

Terlalu Asyik Membuat Blog Berita Lupa Blog Utama

MEDIAKOMPILASI.COM-Dua Hari ini blog ini tak kunjung diupdate penyebabnya saya terlalu asyik membuat blog berita sampai lupa Blog utama.Namanya juga blogger pemula harus banyak belajar terutama dalam urusan ngeblog itu sendiri.Dari sekian banyak jenis-jenis blog ada satu yang belum pernah saya coba yaitu blog portal berita.

Blog Berita
Dwi news
Artikel berjenis berita atau News merupakan salah satu jenis artikel yang sering dicari oleh pengguna internet bahkan saat ini media-media besar yang tadinya bergerak dimedia cetak mulai juga merambah kemedia online.Tak jarang media online tersebut menjelma menjadi situs berita yang besar seperti merdeka.com ,Viva news atau detik.com.Kesuksesan mereka tentu didukung oleh sumber daya manusia yang memadai seperti jurnalis,editor atau photographer serta dukungan modal yang besar.

Bagaimana jika blogger ingin membuat portal berita semacam itu? Rasanya tidak mungkin blogger mempekerjakan jurnalis mau bayar pakai apa? Berdasarkan Informasi yang saya dapatkan dari grup-grup disosmed ataupun blog sebenarnya bisa-bisa saja seorang blogger membuat blog portal berita tanpa harus menjadi jurnalis yaitu dengan cara mengutip/copas atau rewrite dari situs-situs berita besar.
Baca juga : Artikel Daur Ulang termsuk Plagiat?

Ada beberapa blog berita yang saya pelajari terutama dari sisi kontennya.Blog berita tersebut bahkan masih menggunakan blog costum domain bermesin blogspot.Kebanyakan artikelnya memang mengcopas/rewrite dari situs-situs berita namun ada juga yang mengambil dari sosmed seperti facebook atau twitter ada pula yang berdasarkan video.
Baca juga : Patut Ditiru Blog ini posting bermodalkan video

Ada beberapa hal yang menjadi catatan buat saya yaitu:
1.Blog-Blog tersebut selalu mencantumkan sumber disertai link aktif
2.Judul dirubah dengan judul yang lebih Menarik yang bisa membuat penasaran pengunjung namun ada juga yang sama persis dengan sumbernya.
3.Gambar artikel ada yang sama persis dengan sumebrnya ada pula yang berbeda.
4.Blog berita tersebut memasang iklan adsense.
5.Rata-rata upadatenya kenceng.

Terinspirasi dari blog-blog berita tersebut saya mencoba belajar membuat blog semacam itu.Karena masih tahap belajar saya memakai blog gratisan saja.Rencananya blog tersebut akan saya buat sebagai sarana untuk berlatih membangun blog berita terutama kemampuan dalam merewrite artikel atau membuat judul yang menarik.

Dua hari ini saya keasyikan membuat blog berita yang berTitel DWINEWS mulai dari mencari template yang bertemakan magazine,kostumisasi template sampai mencari berita yang lagi hangat dalam maupun luar negeri,Akibatnya saya jadi melek berita terbaru he he he… padahal tadinya saya malas mengunjungi situs situs berita.

Saya tidak terlalu berharap akan hasilnya namanya juga buat latihan dan optimasi blog berita menurut saya berbeda dengan blog yang isinya tutorial atau informasi yang sifatnya Ever green(abadi).Blog berita harus rajin posting yang banyak dan share kesosmed tentunya banyak menyita waktu sedangkan saya memiliki beberapa blog yang mesti diupdete.Namun begitu setidaknya saya pernah mencobanya sehingga lebih tahu optimasi blog berita.Oh ya Bila Berkenan kasih kritik dan sarannya ya!

13 comments:

  1. Saya pernah coba nih mas, gak kuat updatenya. Karena blog berita harus dituntut sering update. Paling kalau ada berita hot dan panas di daerah sendiri/kabupaten sendiri saya tulis. lumayan bisa mendatangkan traffik ribuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuuiih...saya kalah cepet sama kang Yuli...iya mas kalau nggak rajin update beritanya keburu basi.Asyik dapat trik baru dari kang yuli nanti saya coba deh kebetulah mau pilkada serentak

      Delete
  2. wah merdeka.com bakalan punya saingan berat lagi nih. hehee
    mantab mas blog barunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mimpi kali yee...makasih mas dah mampir ke DWINEWS he he he

      Delete
  3. Kalau saya posting berita yang lagi viral aja mas. Mantap blog beritanya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi andalan juga mas berita viral

      Delete
  4. yang penting beritanya punya fakta yang jelas... bukan berita yang saling menjatuhkan yang marak2 ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sampai menulis berita hoax...jangan deh

      Delete
  5. sepertinya menarik untuk dicoba mas, tapi kalo untuk saya seperti belum bisa mencobanya untuk sekarang in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba coba aja mas sambil belajar optimasi blog berita

      Delete
  6. mantap mas dwi bikin lagi tentang berita. lanjutmas. cuman ini mas mungkin harus bersaing dengan postal - potal berita yang besar banget

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Nah itu yang lagi tak pelajari optimasinya mas siapa tahu menemukan rahasia mendatangkan trafiknya.Thanks sudah mampir

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar !

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB