Thursday, December 29, 2016

Pengertian Speaker Full-range Dan Desainnya

author photo
Pengertian Speaker Full-range dan Desainnya-Pernahkah anda melihat speaker dengan single (tunggal) driver tapi bukan subwoofer? Jika pernah  kemungkinan besar itu adalah speaker full-range.Dipasaran sendiri produk speaker didominasi oleh sistem speaker 3 way yang terdiri atas 3 driver woofer-midrange-twetter atau 2 Way kombinasi wooofer-twetter dengan desain floorstanding atau Bookshelf sedangkan speaker full - range jarang sekali ditemukan.

Wajar saja jika kemudian masyarakat Indonesia khususnya pecinta audio(audiophile) jarang melirik produk speaker full - range bahkan mungkin belum mengenal Teknologi speaker full - range ini.Walaupun sebenarnya komponen loudspeaker yang jenisnya fullrange ada dipasaran namun demikian ketika digunakan untuk membangun sebuah sistem speaker seperti pada sound sistem atau audio mobil umumnya tidak berdiri sendiri tapi mengkombinasikan dengan speaker lain seperti Twetter atau subwoofer.
Baca juga ; Teknologi Digital Wireless Speaker Menikmati Musik Tanpa Kabel

Lantas apakah hal ini menunjukkan speaker full- range performa suara kurang bagus? Apakah sebenarnya speaker full - range ini? Nah..Untuk menjawabnya kali ini saya akan mencoba berbagi informasi seputar pengertian speaker full - range yang saya kutip dari Audio Video 2002 : 22-24. Berikut informasi selengkapnya.

Speaker Full-range
Speaker Full-range Fostex ( Source )

Pengertian Speaker full- range

Sistem speaker yang menggunakan single driver dalam setiap kabinetnya dimana driver speaker tersebut  dibuat khusus untuk meliputi keseluruhan spektrum frekuensi mulai dari frekuensi rendah hingga tinggi.

Desain Speaker full - range

Untuk menghasilkan suara yang bagus dibutuhkan desain kabinet/kotak speaker khusus tidak seperti speaker pada umumnya terutama untuk keluaran suara bass serta kualitas dari komponen loudspeaker.

Komponen loudspeaker tipe full-range terdapat 2 macam yaitu center cap dan whizzer cone.Untuk jenis center cap bentuk fisiknya mirip dengan speaker pada umumnya yaitu dengan konus berbentuk kubah seperti pada woofer atau midrange sedangkan whizzer cone mempunyai konus ganda ada yang berukuran besar dan kecil dimana konus yang kecil berada didalam konus yang besar.

Konus speaker full - range terbuat dari bahan mirip kertas layaknya konus pada umumnya ada pula yang terbuat dari plastik (polypropylene), fiber sintetis(kevlar) dan metal (aluminium).Bahan terbaik untuk menghasilkan resonansi adalah kevlar dan metal.

Salah satu pabrikan yang memproduksi speaker full - range adalah Fostex asal Jepang.Sayangnya dipasaran lokal indonesia sulit untuk menemukan produk ini terbukti ketika saya mencari produk ini melalui bantuan Google yang muncul adalah Ebay sebuah toko online mancanegara salah satu contoh produknya Fostex P1000E , speaker full-range dengan tipe kotak Bass reflex dan driver ukuran 4" yang dibanderol $299 atau Rp.3.986.000.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memboyong speaker full - range kerumah anda? Bersiaplah merogoh kocek yang dalam.

This post have 7 komentar

avatar
Dedy Akas delete December 29, 2016 at 11:28 AM

Keren nih artikel, bahkan iklannya GA-nya ajah juga tentang speaker semuanya…
Bagi yang masih ragu-ragu di artikel ini sudah dijelaskan, plus contoh iklannya…

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete December 29, 2016 at 11:59 AM

Maunya gitu mas iklannya relevan dengan artikel nya

Reply
avatar
Djangkaru Bumi delete December 30, 2016 at 2:56 PM

Sepintas memang mirip speaker pada umumnya, mirip speaker dvd rumahku. Suaranya memang kurang full bagus.

Reply
avatar
Ahmad Zaelani delete December 31, 2016 at 11:11 AM

wah kalau susah gitumah,,, termasuk barang langka dong yah... jauh juga kalau pengen beli speker full range harus ke jepang.... XD

Reply
avatar
Andi Nugraha delete December 31, 2016 at 8:22 PM

Bentuknya itu keren nan sederhana.. Suaranya pasti tidak diragukn lagi ya mas :)

Reply
avatar
abi uwais delete August 9, 2017 at 9:48 AM

salam kenal mas Dwi Sugiarto
artikelnya kereenn..
mencerahkan...
Topp markotopp...👍👍👍👍

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement