Tutorial, Review, Tips&Trik

Pengertian Speaker Surround Dan Jenisnya

Pengertian Speaker Surround Dan Jenisnya-Menikmati adegan film dari sebuah perangkat Home theater in Box tak bisa lepas dari peran penting speaker Surround dimana speaker ini mampu membuat suasana menonton film jadi lebih nyata seakan-akan penonton  berada didalam adegan film.
Meskipun perannya dalam sistem home  theater tidak menonjol seperti speaker subwoofer bahkan secara teknis tanggapan frekuensinya fullrange namun dengan pemilihan jenis Speaker Surround serta peletakannya yang tepat reproduksi suara yang dihasilkan akan optimal.
Speaker Surround
Speaker surround

Jika dibandingkan dengan Speaker  jenis front atau subwoofer, speaker Surround masih kalah populer karena memang pemakaian khusus untuk sistem home theater yang tidak semua orang memilikinya karena biasanya ditawarkan satu paket tidak dijual secara terpisah.
Baca juga : Pengertian Home Theater in Box(HTiB) dan Persyaratannya

Jika speaker subwoofer memiliki ciri khas pada nada rendahnya  lalu bagaimana dengan speaker Surround? Dan sebenarnya apa itu speaker Surround? Oke...Untuk menjawabnya pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengupas tentang pengertian speaker Surround Dan Jenisnya yang Saya kutip dari Audio Video 2002:20-23.Berikut informasi selengkapnya

Pengertian Speaker Surround

Speaker Surround adalah speaker yang digunakan untuk mereproduksi informasi dari kanal Surround sehingga mampu menciptakan realisme suara yang diinginkan. Umumnya speaker Surround ukurannya relatif kecil mirip dengan speaker Bookshelf.

Jenis jenis Speaker Surround

1.Speaker Direct Radiating
Prinsip kerja yang dipakai sama dengan speaker pada umumnya yaitu driver speaker dipasang pada salah satu sisi dari enclosure dimana driver speaker diarahkan langsung ke pendengar sehingga menimbulkan efek suara yang terfokus.Menurut THX speaker Surround jenis ini peletakan yang paling bagus adalah pada bagian samping dari posisi dengar dan saling berhadapan serta lebih tinggi diatas telinga pendengar.

2 Speaker Dipolar
Ciri khas dari speaker ini adalah memiliki driver pada kedua sisi enclosure sehingga mampu menciptakan suara sangat open dan efek soundstage belakang yang merata tanpa diketahui pendengar dari mana asal suara. Selain itu speaker ini mampu menghasilkan suara yang lebih lebar dan menyeluruh dibandingkan dengan Speaker Surround jenis lain. Peletakan yang disarankan sejajar dengan posisi dengar.

3.Speaker Bipolar
Bentuk speaker jenis ini mirip dengan Speaker Surround Dipolar yang membedakan adalah prinsip kerja driver speakernya dimana kedua driver menarik dan mendorong secara berbarengan (in phase).Speaker jenis ini mampu menghadirkan soundstage yang lebar bahkan medan suara yang dihasilkan mencapai 360 derajat hingga merata keseluruh ruangan.

Demikianlah ulasan seputar pengertian speaker Surround Dan Jenisnya semoga bermanfaat Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB