Tutorial, Review, Tips&Trik

Pengertian TV Kabel Beserta Kelebihannya

Pengertian TV Kabel Beserta Kelebihannya-Keberadaan TV (televisi)) harus diakui sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan hiburan dan informasi.Terbukti hampir sebagian besar rumah memiliki perangkat TV.Apalagi dengan dukungan dari banyaknya stasiun TV swasta Nasional semakin memanjakan dalam mendapatkan hiburan seperti musik, film dan informasi terkini dari dalam atau luar negeri.
TV KABEL

Namun sebagian masyarakat menganggap program TV dari stasiun TV nasional kurang memenuhi semua kebutuhan mereka misalnya bagi masyarakat yang lebih suka dengan stasiun TV genre tertentu misalnya News, Film, Olahraga. Celah inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Investor mendirikan layanan TV Kabel dan oni tentu saja membantu masyarakat untuk mendapatkan channel pilihan sesuatu keinginan.
Baca Juga : Pengertian Speaker Surround Dan Jenisnya

Di Indonesia sendiri layanan TV kabel sebenarnya sudah ada sejak tahun  1994  operator pertamanya  adalah Kabelvision yang dikemudian hari berganti nama menjadi First Media namun layanan TV kabel semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi sehingga layananya lebih menarik .

Namun layanan TV kabel  ini harus bersaing dengan layanan TV Satelit.
Bagi masyarakat umum mungkin belum bisa membedakan antara layanan TV kabel dan TV Satelit yang mereka tahu keduanya sama sama layanan TV berlangganan/ berbayar. Nah...Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas tentang pengertian TV kabel beserta Kelebihannya.

Pengertian TV Kabel

TV kabel atau CATV(Community Antenna Television) adalah metode  penyiaran program TV melalui media frekuensi radio yang ditransmisikan keperangkat pelanggan dengan bantuan serat fiber optik atau kabel koaksial.Fiber mampu mendistribusikan sinyal hingga jarak 30 km sedangkan koaksial dalam radius beberapa ratus meter memerlukan amplifier sinyal.

Kelebihan TV kabel
1 Layanan TV kabel  memiliki kemampuan untuk berinternet (internet enabled) dengan dukungan teknologi DVB (Digital Video Broadcasting) dimana teknologi ini memberi peluang paket paket data ikut dalam channel channel siaran TV jadi pelanggan bisa menyaksikan channel pilihan dan sekaligus browsing,streaming atau download melalui PC yang sudah tersambung ke jaringan.
2 Tidak memerlukan Antena Luar atau parabola sehingga lebih praktis instalasinya.
3 Kualitas suara dan gambar TV kabel stabil dan seragam disemua channel karena transmisi sinyalnya menggunakan kabel fiber optik dan koaksial.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian TV Kabel Beserta Kelebihannya Semoga bisa membuka wawasan anda.

2 comments:

  1. First Mmdia memang salah satu TV kabel yang cukup bagus, di tempat saya kerja sekarang juga pake, termasuk internet yang sekarang saya gunakan ini, memakai layanan First Media, mantabs mas....

    ReplyDelete
  2. Oala, ternyata First Media pemain lama ya mas, baru ngeuh sayanya... Mas Dwi udah langganan TV kabel?? Kayaknya semakin dimanjakan saja masyarakat dengan adanya TV kabel+internet

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB