Wednesday, January 4, 2017

6 Perangkat Home Karaoke Profesional

author photo
6 Perangkat Home Karaoke Profesional-Siapa tak kenal karaoke sebuah istilah dari bahasa Jepang "kara"(karapo) dan "oke" yaitu bernyanyi  diiringi dengan rekaman musik tanpa vokal.Dengan karaoke siapapun tak perlu minder mau suaranya fals atau bagus semuanya bisa bernyanyi mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Home Karaoke

Tak perlu bernyanyi di atas panggung tapi cukup dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan peralatan yang ada  seperti pemutar DVD,Televisi atau speaker aktif.Namun demikian jika anda  ingin menikmati alunan musik dan vokal anda seakan-akan berada dipanggung  bak penyanyi profesional anda perlu merogoh kocek untuk membeli perangkat Home Karaoke Profesional.
Baca Juga : Pengertian Sistem Audio Mono Dan Stereo

Dengan perangkat tersebut anda bisa mengontrol vokal anda,memberi efek echo, menyesuaikan tinggi rendahnya oktaf lagu,menghilangkan vokal pada rekaman lagu yang tak anda temukan pada perangkat Home audio biasa.Lantas apa sajakah perangka home Karaoke Profesional yang perlu disediakan? Berikut informasi selengkapnya:

6 Perangkat Home Karaoke Profesional

1.Pemutar (head unit)
Pemutar berfungsi untuk memainkan rekaman karaoke yang mampu menampilkan alunan musik dan vokal secara terpisah serta gambar.Pemutar DVD bisa menjadi salah satu pilihan karena populer dipasaran.Pemutar  DVD terkini rata rata sudah dilengkapi MP3 player dan Input USB sehingga memungkinkan untuk memilih rekaman karaoke dari berbagai sumber misalnya DVD karaoke atau Mp3 bahkan dengan fitur input USB anda bisa mengunduh rekaman karaoke melalui Internet dalam format MP3 atau Video karaoke yang disimpan dalam flashdisk yang kemudian dimainkan oleh pemutar DVD.

Selain Pemutar DVD anda bisa lebih profesional dengan menggunakan Pemutar midi (midi player) dengan bantuan software komputer midi sequencer.Dengan software ini anda bisa meniadakan atau memindahkan instrumen,mengubah kunci dan timing atau relokasi suara instrumen.

2.Mikrofon
Kegiatan ber karaoke tak bisa lepas dari peran mikrofon karena perangkat ini mampi mengubah energi suara penyanyi menjadi energi listrik.Banyak pilihan yang tersedia di pasaran dengan harga dan kualitas yang berbeda-beda.Mikrofon yang bagus harus mampu menghasilkan suara yang natural.

Jika anda menginginkan mikrofon yang flekibel sehingga anda lebih leluasa berkaraoke tanpa repot anda bisa memilih mikrofon wireless karena tanpa kabel selain itu mikrofon wireless memiliki penguat tersendiri yang bisa diatur kekuatannya dalam receivernya meskipun tetap harus diperkuat amplifier contohnya produk dari Kenwood.

2.Mixer
Mixer merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pencampur beberapa sumber masukan sinyal sekaligus seperti output mikrofon,output Pemutar DVD atau output komputer/lap top.Mixer mampu menerima sinyal input mulai dari 4 hingga 32 kanal (CH).Kelebihan dari mixer yang paling menonjol adalah adanya fungsi sound efek pada setiap kanal yang mampu mengontrol level bass,midrange, trebel mikrofon, echo, reverb, delay, menghilangkan vokal dan mengatur penambahan atau pengurangan oktaf lagu.

3.Amplifier
Untuk  menggerakkan membran speaker agar menghasilkan suara merupakan tugas utama sebuah amplifier dimana sinyal input dari sumber masukan levelnya masih lemah hanya berkisar ratusan hingga beberapa volt saja sehingga belum mampu menggerakkan speaker dan sinyal itulah yang kemudian diperkuat (Boost) oleh amplifier.

Dalam memilih amplifier perlu mempertimbangkan daya (power rating) dan karena akan dipergunakan dirumah dengan daya 30-100 Watt sudah memadai tinggal sesuaikan dengan luas ruangan. Lebih baik memaksimalkan kualitas speaker daripada hanya fokus ke daya amplifier yang besar.

5.Speaker
Idealnya speaker yang akan digunakan untuk karaoke berukuran besar dan suara yang kuat namun anda tetap bisa menggunakan speaker home stereo yang anda miliki asalkan speaker tersebut cocok dengan amplifiernya.

Speaker yang cocok untuk karaoke bisa dilihat dari seberapa detail mampu merepro vokal semakin detail semakin bagus . Perhatikan juga keseimbangan bass dan trebel usahakan tidak ada yang terlalu mendominasi karena akan berpotensi menimbulkan boomy atau twetter terlalu metalik.

Jika anda memiliki dana lebih anda bisa menggunakan speaker yang memang dikhususkan untuk karaoke yang lebih mengutamakan vokal misalnya BMB,Kenwood

6.Monitor
Berkaraoke tanpa audio visual tentunya kurang asyik untuk itulah memerlukan sebuah monitor berupa Televisi dimana sekarang ini teknologinya sudah canggih menggunakan LCD dengan fitur keren.

Anda tidak harus hafal lirik lagu yang anda nyanyikan cukup lihat dimonitor.Pengaturannya juga mudah cukup menghubingkan kabel input video ke Televisi.Untuk menghindari interferensi jauhkan Televisi dari perangkat karaoke terutama Speaker.

Bagaimana anda tertarik untuk memboyong 6  perangkat Home Karaoke Profesional diatas kerumah anda? Selamat Berkaraoke!

This post have 11 komentar

avatar
Buret mrj delete January 4, 2017 at 7:50 AM

pertanyaan terakhir itu bingung jawabnya, bagaimana cara memborong 6 perangkat diatas?? :D

Reply
avatar
Santi Dewi delete January 4, 2017 at 8:38 AM

saya baru tau kalau karaoke berasal dari bhs Jepang hehe
Kalau mau karaokean di rmh, hrs punya rumah yg luas ya, supaya tetangga gak terganggu hehe

Reply
avatar
Kreasikan Group delete January 4, 2017 at 8:48 AM

kaka saya tuh yang suka karaoke'an, dan semuanya memang ada khusus dikamarnya,wkwkw

Reply
avatar
Lisa Nel delete January 5, 2017 at 3:59 AM

Jadi ingin berkaraoke ria, sudah lama sekali saya tak menyentuh mix untuk karaoke.

Reply
avatar
Kang Nurul Iman delete January 5, 2017 at 10:15 AM

Jujur mas kalau saya belum pernah karaokean, karena suara saya itu pas pasan, gak sebagus bang iwan.

Reply
avatar
Wong Crewchild delete January 5, 2017 at 7:42 PM

perangkat karaoke lengkap, makin asyik karaokean di rumah

Reply
avatar
el fadli delete January 6, 2017 at 11:28 AM

perangkat karaoke canggih membuat suara jelek kayak kodok punya saya jadi merdu kayak suara ari laso hehe

Reply
avatar
Indra DP delete January 7, 2017 at 1:04 PM

banyak juga perangkatnya ya kalau ingin menikmati pengalaman berkaraoke yg sempurna. kayaknya mesti kudu mecah celengan ayam dulu untuk beli semua perangkat tersebut .. hehehe

Reply
avatar
Dedy Akas delete January 7, 2017 at 4:20 PM

Wah... saya tahunya home theater aja, ternyata ada juga home karaoke berikut dengan penjelasannya...

Reply
avatar
Mang Lembu delete January 8, 2017 at 11:45 AM

emang kalau nggak ada mic karaoke jadi nggak propesional ya?
padahal perangkat di rumah mic nya hilang tuh....siapa yang bawa, coba?

Reply
avatar
Muhammad Adam Hussein, SPd, PQHi delete January 8, 2017 at 12:02 PM

Berapa harganya Amplifier?

Biasanya speaker dan pemutar aja yang suka saya gunakan.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement