Tutorial, Review, Tips&Trik

Cara ”Nekat” Mengatasi Kabel Power Komputer Meleleh Jangan Ditiru!

Cara ”Nekat” Mengatasi Kabel Power Komputer Meleleh Jangan Ditiru!-Apa jadinya jika komputer kesayangan anda tiba-tiba mati? Saya yakin anda pasti akan buru-buru memperbaikinya ketukang service komputer.Hal itu ternyata menimpa saya baru-baru ini bersamaan dengan kedatangan Monitor LCD bekas yang saya beli dari Bukalapak.
Baca juga : Beli Monitor Bekas DiBukalapak,Akhirnya Bisa Ngeblog Lagi

Sempat kesal,bagaimana tidak komputer baru dipakai sehari tiba-tiba ada bau seperti terbakar dari kabel power komputer dan setelah saya cek ternyata  kabel powernya meleleh seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.Sontak saya langsung berinisiatif membeli kabel power baru ke toko perlengkapan komputer dan  saya membeli kabel yang bagus biar awet pikir saya.
Kabel Power Komputer
Gbr 1 Kabel Power Meleleh
Nyatanya setelah sekitar 4 hari saya pakai ternyata kabel power kembali meleleh lagi bahkan sampai keluar asap duh…parah ini sih masa kabel baru beli terbakar juga bahkan sampai terminal kabel power yang ada di cpu lepas pinnya.Saya langsung mencari-cari apa penyebabnya dan saya bisa menyimpulkan awal masalahnya gara-gara kabel power komputernya kendor tadinya kabel tersebut saya gunakan untuk monitor CRT dan saya sering mendengar bunyi tik..tik..dan kadang monitornya mati tapi setelah saya tekan bisa hidup lagi.

Kebetulan saya ganti monitor LCD dan kabel yang saya gunakan untuk monitorCRT tidak pas untuk monitor LCD atau longgar sehingga Monitor LCD saya tidak mau nyala namun setelah saya ganti dengan kabel power untuk CPU baru bisa menyala akhirnya jadilah kabel yang tadinya buat monitor CRT sekarang untuk CPU dan disinilah awal mula petaka itu datang.

Karena kabel itu longgar akhirnya sering terjadi percikan listrik diterminal kabel power CPU sehingga lama kelamaan menimbulkan panas sehingga melelehkan kabel power komputer.Parahnya lagi lelehan plastik kabel tersebut menempel di Pin terminal kabel power sehingga walaupun saya ganti dengan yang baru tetap meleleh juga.

Tadinya saya mau ganti PSU(Power Supply Unit) saja kebetulan dulu juga pernah ganti kalau nggak salah menghabiskan uang Rp.150.000 untuk beli PSU baru 450 Watt.Tapi karena saya baru saja beli monitor LCD saya jadi berpikir dua kali akhirnya saya punya ide untuk memperbaiki kabel power meleleh sendiri.Meskipun sebenarnya dalam casing PSU ada larangan untuk membukanya tapi saya tetap nekat untuk memperbaikinya karena hanya ada 2 pilihan ganti PSU baru atau dibongkar sendiri.

Pertimbangannya saya punya keahlian dibidang elektronika sehinga mengerti apa itu PSU meskipun saya hanya mempelajari Power Suply secara umum tapi pada prinsipnya sama jadi tidak asal bongkar.

Pertimbangan saya lainnya adalah jika memang kerusakannya hanya pada terminal kabel yang rusak atau kabel power yang meleleh saya bisa mengakalinya yaitu dengan menghubungkannya langsung ke Kit/rangkainan PSU seperti yang saya lakukan ketika merakit amplifier dan tentu saja harus membukanya terlebih dahulu.Berikut ini beberapa langkah yang saya lakukan dari awal hingga selesai:

#Peralatan yang saya gunakan : Obeng +,Solder,Timah solder,Multimeter,Tang potong

1.Saya Cabut Kabel Power komputer dari  stop kontak listrik.
2.Saya melepaskan casing komputer sebelah samping kiri dengan membuka baut yang ada dibelakang komputer.
2. Saya melepaskan bagian/spart part PSU dengan membuka bautnya terlebih dahulu.
3.Buka casing PSU dengan melepas bautnya.
Kabel Power Komputer meleleh
Gbr 2 PSU dilepas dari CPU
4.Saya Perhatikan ada 3 kabel yang terhubung  dengan terminal kabel AC(Tempat mencolokkan kabel power) dengan warna yang berbeda yaitu Merah,Hitam dan Hijau.Kabel tersebut akan terhubung ke Kit(Rangkaian/modul) PSU yang berisi komponen seperti elco,trafo Ac Matic,Transistor,Dioda,Resistor sampai IC.
kabel power komputer meleleh
Gbr 3 Terminal kabel ikut meleleh sampai Pin copot
Kabel Power Komputer Meleleh
Gbr 4 Kabel yang ke Kit PSU

Kabel merah dan Hitam merupakan kabel yang dialiri arus lisitrik kalau dalam aliaran listrik PLN 1 phase satu kabel bemuatan postif(+) dan lainnya negatif(-) sedangkan yang hijau adalah ground atau pentanahan yang berguna sebagai pengaman untk mengalirkan listirk kedalam tanah.

Saya juga memperhatikan apakah ada komponen yang terbakar atau rusak karena jika ada saya akan batalkan memperbaiki kabel power komputer yang meleleh tapi ternyata kondisinya masih bagus semua  sehingga saya memutuskan untuk melanjutkan perbaikan.
kabel power komputer meleleh
Gbr 5 Komponen PSU
5.Saya memotong kabel power Komputer pada bagian yang meleleh disitu terlihat 3 kabel yang berbeda warna.Untuk memastikan mana 2 kabel yang akan dialiri aliran listrik bermuatan positif, negatif atau mana yang ground saya mengecek kabel tersebut dengan multimeter.

6.Saya melepas kabel warna hitam yang ada di kit PSU kemudian saya hubungkan dengan kabel power yang sudah dipotong ujungnya tadi yang bukan ke ground dengan cara disolder selanjutnya saya melepas kabel warna merah lalu saya hubungkan kabel power yang bukan ground satunya lagi dan yang terakhir melepas kabel hijua PSU yang kemudaian dihubungkan dengan kabel power komputer warna hijau.Dengan cara ini saya berarti menghubungkan kabel power komputer langsung ke Kit PSU jadi tidak perlu dicolokkan dulu keterminal power komputer.

7.Setelah yakin semuanya benar saya langsung mencoba menghidupkan komputer yaitu dengan menghubungkannya dengan listrik tapi PSU belum saya pasang ketempatnya sambil harap-harap cemas takutnya terjadi sesuatau yang tidak diinginkan misalnya korsleting(hubungan singkat) dan hasilnya komputer bisa bekerja dengan baik.Saya cabut lagi kabel Power dari aliran listrik PLN

8.Setelah yakin kabel power tidak bermasalah lagi akhirnya saya pasang lagi penutup/casing PSU kemudian saya pasang ke CPU dilanjutkan dengan menutup casing CPU.

Demikianlah pengalaman saya "Nekat" memperbaiki kabel power komputer Meleleh dan jangan ditiru jika anda tidak memiliki keahlian dibidang elektronika karena cukup berbahaya karena blok PSU bertegangan tinggi. 

5 comments:

  1. Wah termasuk berani juga kang kabel yang sudah meleleh masih bisa diakali dan dipergunakan, kalau saya sudah tidak berani deh. he,, he, he,

    ReplyDelete
  2. dilakukan oleh profesional, jangan ditiru dirumah ya adik-adik.. hahaha

    ReplyDelete
  3. Ngeri bener, kalau salah aja udah merusak semua komponennya tuh mas.

    Bener-bener nekat hehe

    ReplyDelete
  4. Pusat listrik ada di power supply…
    Jika supply listriknya kurang mumpuni akan mengakibatkan komponen lainnya rusak…
    Serangannya adalah transistor dan kapasitor yang ada di motherboard…
    Untuk itu bisa melakukan cek berkala… takut adalah yang gembung… :D

    ReplyDelete
  5. Untung mas nya ada pengetahuan ttg elektronika jadi semuanya gak harus beli, percobaan nekad yang kadang-kadang diperlukan dalam keadaan darurat

    ReplyDelete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB