Tuesday, January 3, 2017

Mengenal Teknologi TV Satelit Berbayar (PayTV)

author photo
Mengenal Teknologi TV Satelit Berbayar (PayTV)-Menikmati TV  berlangganan atau berbayar saat ini sepertinya sudah menjadi bagian dari Gaya hidup masyarakat Indonesia  khususnya didaerah perkotaan buktinya meskipun sudah ada stasiun televisi nasional maupun televisi swasta yang bisa dinikmati secara gratis tapi tak menyurutkan keinginan untuk berlangganan TV berbayar(PayTV).

TV Satelit

Terbukti diperumahan saya tinggal diwilayah tambun selatan Bekasi pemandangan rumah yang memasang Dish penerima tv berbayar semacam parabola mini sudah tidak aneh lagi tak hanya itu saja ada juga jaringan TV kabel dari sebuah provider TV berbayar.
Baca juga : Pengertian TV Kabel Besertas Kelebihannya

Berdasarkan pengamatan saya ada 2 jenis TV berbayar jika dilihat dari sistem penerimaanya(Receiver) ada yang menggunakan Dish (parabola) sedangkan lainnya menggunakan  jaringan kabel,apakah ada perbedaannya? Tentu saja ada yang receivernya menggunakan dish disebut TV Satelit sedangkan yang menggunakan kabel dinamakan TV kabel.Nah...Untuk menambah wawasan anda kali ini saya akan  mencoba mengupas teknologi TV Satelit yang saya rangkum dari Majalah Audio Video: Budi S,2002, 22-23.Berikut informasi selengkapnya.

Teknologi TV Satelit Sebagai Tayangan TV berlangganan.

Untuk menikmati tayangan TV Satelit bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan antena Parabola konvensional yang ukurannya besar namun tidak semua tayangan TV bisa ditangkap menggunakan parabola biasa misalnya tayangan TV lokal seperti NBC, CBS,ABS makanya jika ada acara siaran langsung Sepak bola Piala Dunia tayangannya tidak bisa dinikmati pengguna antena parabola katrna siarannya siacak oleh stasiun TV.Selain itu tayangan TV yang didapatkan melalui antena parabola diterima apa adanya termasuk bahasanya.

Dengan TV Satelit masyarakat bisa menikmati tayangan dari puluhan hingga ratusan kanal program siaran yang sudah diseleksi oleh sebuah provider DBS (Direct Btoadcast Satellite) dari berbagai negara yang dikemas  sebagai Tayangan TV berlangganan contohnya Indovision atau Transvision
Secara garis besar terdapat 5 komponen utama yang berkaitan erat dengan TV Satelit berbayar diantaranya :

1.Programming source
Provider DBS menerima siaran TV  dari sebuah stasiun TV  yang bisa ditangkap dari negara lain sehingga provider berperan sebagai broker dari stasiun tv yang berperan sebagai program ming source contohnya ESPN, HBO,CNN, Disney, Fox, Star, Al jazeera.

2.Broadcast center
Dari sinilah semua proses pengolahan dari berbagai sinyal Programming source yang diterima dilakukan untuk kemudian dikirimkan kembali ke Satelit.  Perlu anda ketahui setiap program acara yang ditayangkan Broadcast center mesti merubah program tersebut menjadi tinggi kualitasnya untuk kemudian dikompres sehingga saat diumpamakan ke Satelit kualitasnya.

Selain dikompres sinyal juga harus melalui proses enkripsi yaitu pengacakan data digital agar siarannya tidak bisa diakses semua orang.

3.Satelit
Sinyal dari stasiun Broadcast dikirimkan ke Satelit selanjutnya dikirim kembali ke bumi.Peran  format video kompresi  cukup besar sehingga mampu menurunkan aliran data yang menjadikan satelit mampu memtransmisi kurang lebih 200 Chanel siaran.

4.Dish(Parabola)
Untuk menangkap sinyal yang dikirimkan oleh satelit dibutuhkan peralatan yang bentuknya mirip dengan parabola hanya saja ukurannya lebih kecil yang dinamakan dish .Peralatan ini dipasang dirumah  para pelanggan TV Satelit berbayar.

5.Receiver
Sinyal yang diterima dish selanjutnya dialirkan kebagian Receiver untuk dirubah menjadi program siaran TV.Untuk mengaktifkan Receiver/dekoder  agar bisa menangkap siaran biasanya menggunakan Simcard khusus.Dekoder memiliki kemampuan untuk memecah kode dari siaran yang diacak.

Demikianlah informasi seputar Mengenal Teknologi TV Satelit Berbayar (PayTV) semoga bisa menambah wawasan anda khususnya dibidang teknologi.

This post have 4 komentar

avatar
Buret mrj delete January 3, 2017 at 11:12 AM

teknologi yang semakin berkembang, saluran tv pun bisa kita terima dengan kuliatas yang tinggi berkat telnologi tv satelit

Reply
avatar
Ahmad Zaelani delete January 3, 2017 at 12:45 PM

ah kalau sayamah pake antena biasa, jarang2 juga nonton tv sih,,,,
kemarin ada yang pasang Tv spedy yang dicolokin ke modem, itu termasuk tv satlite apa kabel yah...

Reply
avatar
Mysweet Ladyluck delete January 3, 2017 at 3:54 PM

tv kabel enjoy, program pilihanku : news world, film, geographic, documentary, culture, tourism ...

yg palaing fav ... program masak !

awal tahun, semoga kebaikan terlimpah pada mas n keluarga semua di sepanjang tahun.

Reply
avatar
Kang Nurul Iman delete January 3, 2017 at 4:14 PM

Jujur mas saya belum pernah make yang satu ini, tapi kalau saya biasanya pakai yang biasa biasa saja karena sama saja, namun sepertinya kurang lengkap deh kekurangannya.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement