Sunday, January 1, 2017

Studi Kasus Blog Satu Topik Artikel Sedikit

author photo
Studi Kasus Blog Satu Topik Artikel Sedikit-Tak terasa blog WordPress Self Hosted pertama Saya Infopojok.com akan menginjak usia 1 tahun tepatnya pada tanggal 29/12/2016.Saya membangun blog tersebut tujuan utamanya memperdalam teknik ngeblog dengan WordPress terutama dari sisi SEO. Untuk blog WordPress ini sengaja saya pilih jenis blog niche atau satu topik karena saya ingin mencoba teknik ngeblog dengan artikel panjang tapi tidak sering update.

Blog Satu Topik

Baca juga : Studi kasus Blog niche Kata Kunci persaingan Rendah
Melalui Blog itu saya ingin membuktikan kata kunci persaingan rendah juga potensial mendatangkan trafik.Tehnik membuat artikel panjang sengaja saya pilih karena untuk menghemat Disk Space.Tidak seperti blog media Kompilasi yang pakai hosting gratisan dari blogger berapapun saya posting tak takut kehabisan disk space makanya saya bisa bikin postingan apa saja beda dengan di WordPress  saya harus membuat artikel yang berkualitas dan memenuhi standar SEO tidak sekadar asal bisa update seperti yang saya lakukan di blog ini.

Saya tidak terlalu ngoyo membangun blog info pojok karena saya lebih fokus ke blog media Kompilasi.Saya hanya menargetkan 100 artikel kemudian akan saya lihat traffiknya dan penghasilannya.Jika terbukti menguntungkan minimal bisa buat bayar domain dan hosting  akan saya kembangkan atau tambah kuota disk space tapi jika tidak saya akan merubah strategi.

Hasil yang saya raih selama 1 tahun:

1.Jumlah Artikel:61 biji
2.Trafik 300-350 perhari versi histats.com PV 600-700.
3.Peringkat DA; 13 PA: 37
4.Alexa : 2 Jutaan
5 . Penghasilan  Mingguan saat ini $2-3
Penghasilan total $18, 8

Melihat hasil ini saya merasa puas dan prospektif untuk dikembangkan karena jika dilihat perbandingan traffik dan artikelnya cukup memuaskan yaitu 1:5.Jika dilihat dari penghasilan meskipun totalnya baru $ 18 tapi sudah cukup untuk memperpanjang paket domain hosting sebesar Rp.210.000 dan menariknya lagi penghasilan terakhir bisa tembus $2-$3 per minggu hanya bermodalkan 61 artikel.Saya berpikir Bagaimana kalau artikel nya diperbanyak saya yakin penghasilan akan meningkat.

Hal menarik lainnya adalah perangkat blog DA info pojok bisa tembus 13 menyamai peringkat blog media Kompilasi target saya bisa tembus diangka 20 harapan nya supaya layak mendapatkan Job review.Uniknya meskipun DA nya masih rendah saya sudah bisa mendapatkan job review meskipun bayarannya  Rp.50.0000.

Kedepannya saya akan mencoba menambah artikel hingga semuanya berjumlah  100 artikel dan sebisa mungkin membuat artikel panjang kalau bisa 1000 kata.Saya akan fokus pada pembuatan artikel berjenis daftar sehingga tidak membosankan dari pada artikel jenis narasi.

Kesimpulan dari studi kasus blog satu topik artikel Sedikit adalah  blog semacam ini (blog niche) cukup efektif untuk optimasi adsensenya artinya banyak blog artikel Sedikit lebih mudah mencari traffiknya dari pada blog sedikit tapi traffiknya harus tinggi . Bayangkan jika saya mampu membuat blog seperti ini lebih banyak lagi walaupun penghasilannya cuma $8-12 per bulan tapi kalau digabungkan hasilnya jadi banyak.

This post have 9 komentar

avatar
Buret mrj delete January 1, 2017 at 5:55 AM

bendahara artikel di blog saya masih sedikit, yang begini jadi semangat nambah artikel, makasih mas :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 1, 2017 at 6:32 AM

Ayo mas semangat menulis yang bermanfaat

Reply
avatar
Trik Pos delete January 1, 2017 at 7:14 AM

lanjut aja nulis yang banyak biar trafiknya naik Mas g usah mikir utang pajaknya Google

Reply
avatar
Trik Pos delete January 1, 2017 at 8:31 AM

memang sih ada min plusnya Blog Satu Topik , mungkin kata kunci nya sedikit namun kuat menurut saya....

Reply
avatar
Anisayu Nastutik delete January 1, 2017 at 11:00 AM

Artikel ku sedikit tapi jumlah judul posting ratusan
Walau tidak puas tapi cukup membanggakan
Karena ngeblog santai dan aman
Tidak takut punya saingan

Hihihi

Reply
avatar
Mang Lembu delete January 1, 2017 at 11:44 AM

biarpun postingan sedikit,kalau banyak yang butuh bisa ngalahin yang artikelnya banyak mas bro....duit dollarnya bisa ngalahin saya yang setiap hari nulis....payahkan saya ya?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 1, 2017 at 12:09 PM

Maunya saya juga gitu kang makanya saya eksperimen pake blog WordPress dan itu ada benarnya biar nggak keriting nulis tapi hasilnya segitu gitu aja

Reply
avatar
Dedy Akas delete January 1, 2017 at 1:14 PM

Yah... itulah kelebihan blog niche, sekali saja ada pembaca yang datang, diasumsikan bisa membaca lebih dari satu artikel...
BTW itu Rp. 50.000 atau 500.000 Mas?

Tahun baru… Harapan baru…
Selamat Tahun Baru 2017
Plus cendolnya 1, sudah “work” ya!!

Reply
avatar
rahayu pawitri delete January 1, 2017 at 5:36 PM

Halo pak Dwi, lama nggak mampir di media kompilasi ni.
Infopojoknya dimonetize adsense juga? bisa to satu adsense untuk beberapa blog?

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement