Sunday, February 19, 2017

Beli Laptop Atau PC Desktop?

author photo
Beli Laptop Atau PC Desktop?-Perkembangan perangkat komputer saat ini sudah semakin maju jika dulu hanya didominasi komputer (PC)Desktop tapi sekarang sudah ada Laptop(Notebook,Netbook),All In One PC atau Tablet.Kemajuan ini tentu saja membuat pengguna internet semakin nyaman bahkan bisa menggunakan komputer dari mana saja.

Laptop atau PC?
Disisi lain semakin banyak pilihan membuat sebagian orang bingung menentukan jenis komputer apa yang paling cocok,Mau beli Laptop atau Desktop bahkan mungkin lebih memilih Tablet.Menurut saya wajar jika bimbang karena semua jenis komputer tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing ditambah lagi harganya tidak bisa dibilang murah.

Sebagai pengguna komputer(PC) Desktop sering terlintas dibenak saya untuk membeli Laptop untuk melengkapi perangkat yang sudah ada.Apalagi banyak teman bloger yang sudah menggunakan Laptop bahkan ada yang sampai 8 tahun tapi masih awet,mereka merasakan betul kenyamanan bekerja menggunakan Laptop.

Meskipun saya tidak punya laptop bukan berarti saya belum pernah menggunakannya kebetulan beberapa saudara saya memiliki laptop jadi pernahlah mencoba menggunakannya.Justru karena saya pernah mencobanya jadi terpikir untuk membeli laptop.Jika anda dalam waktu dekat ini ingin membeli komputer mana yang akan anda pilih beli Laptop atau PC Desktop?

Nah…Pada kesempatan kali ini saya mencoba menggali informasi tentang kelebihan dan kekurangan Laptop kemudian membandingkannya dengan PC Desktop sehingga anda memiliki gambaran yang jelas mana yang akan anda beli Laptop atau PC Desktop.Berikut ulasan selengkapnya:

Baca Dulu : Kelebihan dan kekurangan komputer Desktop

Kelebihan Laptop

Desainnya Kompak
Keunggulan laptop dibandingkan dengan PC Desktop bisa dilihat dari sisi desainnya yang kompak semua hardware berada dalam satu bodi/kemasan.Semua hardwarenya didesain khusus agar penempatananya tidak memakan tempat bahkan beberapa tipe laptop didesian ultra slim.

Desainnya yang bisa dilipat membuat tampilan laptop semakin ringkas makanya sebuah laptop bisa dimasukan kedalam tas sehingga laptop sangat mobile bisa dibawa keman-mana bahkan beberapa tipe laptop ukuran layarnya Cuma 11”.Dari sisi kepraktisan Laptop menang telak dibandingkan PC Desktop.

Anda tidak perlu membeli peralatan tambahan lagi misalnya speaker karena fitur laptop sekarang sudah sangat lengkap.

Tegangannya stabil
Seperti anda ketahui tenaga laptop ditopang oleh sebuah baterai khusus laptop yang fungsinya seperti baterai smarphone yang bisa diisi ulang.Kelebihan dari penggunaan baterai ini adalah tegangannya stabil karena arusnya searah atau DC.Berbeda dengan PC desktop yang menggunakan tegangan AC 220 Volt dimana tegangannya bisa naik atau turun tergantung jumlah beban.

Dengan tegangan yang stabil hardware komponen jadi lebih tahan lama karena tegangannya selalu sesuai dengan kebutuhan terutama untuk bagian hardisk kemungkinan terjadinya bad sector lebih minim.

Resiko yang paling buruk walaupun sangat kecil adalah jika dalam proses charge baterainya tidak sesuai prosedur misalnya seperti yang dialami saudara saya chargernya tak pernah lepas dari laptop sehingga baterainya mengalami kerusakan namun tidak menjalar ke hardware karena jika baterainya rusak laptop juga tidak akan bekerja.

Kekurangan Laptop

Sulit di Upgrade
Tidak seperti PC Desktop yang hardwarenya bisa dengan mudah dibongkar pasang atau di upgrade,Hardware pada Laptop tidak bisa begitu saja diganti hanya hardware tertentu saja misalnya Hardisk itu saja tidak disarankan untuk mengganti sendiri karena cukup rumit membuka casing laptop.Untuk itu pastikan jika anda akan membeli laptop teknologinya tidak ketinggalan untuk 3-5 tahun mendatang.

Rate harga tinggi
Untuk mendapatkan Laptop dengan spesifikasi minimal misalnya prosesornya single core minimal harus menyediakan budget sekitar 3 jutaan jika prosesornya lebih tinggi lagi harganya juga semakin mahal.Berbeda dengan PC desktop jika budget anda minim anda bisa membeli komputer rakitan apalagi jika sebelumnya anda sudah memiliki monitor,keyboard atau mouse anda bisa menghemat biaya karena cukup membeli CPU nya saja.

Ukuran Monitor terbatas
Jika anda seorang editor video/foto yang memerlukan tampilan display yang lebih besar Laptop kurang cocok untuk anda karena ukuran displaynya hanya terbatas pada ukurna 14” walaupun bisa saja menggunakan display tambahan dan itu butuh modal lagi.

Bagaimana sekarang apakah anda sudah bisa memutuskan Mau Beli Laptop atau PC Desktop?

This post have 12 komentar

avatar
Dwi Yulianto delete February 20, 2017 at 12:13 AM

saya masih memilih laptop mas, karena mudah dibawa kemana-mana, tapi juga kepengin pc dengan layar yang gede, biar enak internetannya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 20, 2017 at 5:58 AM

Kalau saya lebih suka Desktop mas monitornya bisa pakai yang gede,kalau punya laptop paling buat pelengkap saja jika sedang keluar rumah

Reply
avatar
Wong Crewchild delete February 20, 2017 at 6:25 AM

untuk kebutuhan stay enak pake pc,
meski saya hanya punya laptop :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 20, 2017 at 8:16 AM

Sepakat mas...tampilannya bisa dimodif sesuai keinginan

Reply
avatar
Guru Madrasah delete February 20, 2017 at 8:58 AM

kalo saya sih tergantung kebutuhannya mas, trims infonya

Reply
avatar
Dedy Akas delete February 20, 2017 at 9:52 AM

Kalau sering di rumah atau di kantor lebih enak PC Desktop, tapi kalau sering keluar rumah atau jalan-jalan lebih enak laptop, tergantung kebutuhan :D

Reply
avatar
Trik Pos delete February 20, 2017 at 6:32 PM

dua duanya masing2 punya kelebihan serta kekurangan mas....namun saya lebih suka laptop kan bisa juga di pakai anak di kampus

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 21, 2017 at 12:22 PM

Pakai Lap top kelihatan keren ya mas

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete February 23, 2017 at 8:50 PM

Kalo saya pribadi sih mending pilih laptop, mudah dibawa kemana-mana. Tapi kalo mau lebih awet ya pilih PC, hehehe...

Reply
avatar
Defi Purnama delete February 24, 2017 at 5:42 PM

Memang benar mas,kekurangan laptop itu ya sulit diupgrade. Tapi kalo saya pribadi enakan laptop dibandingkan komputer, sebab bisa dibawa kemana-mana, terutama kalo mau nyari tempat wifi gratis hehe

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement