Tutorial, Review, Tips&Trik

Cara Mudah Mengatasi Monitor LCD Sering Hidup Mati

Cara Mudah Mengatasi Monitor LCD Sering Hidup Mati-Apa jadinya jika monitor LCD komputer yang anda gunakan sering hidup mati? Pekerjaan anda jadi sangat terganggu bukan? Memang monitor komputer fungsinya sangat vital karena mampu menampikan gambar atau tulisan.Bagi yang perkerjaan sehari-harinya menggunakan komputer performa monitor harus selalu prima,kegagalan fungsi monitor akan membuat pekerjaan jadi terhambat.

Penyebab Monitor Mati
Kabel VGA Abal-abal
Sebagai bloger saya sendiri merasakan betul bagaimana rasanya bekerja didepan komputer dengan monitor LCD yang sering hidup mati karena saya mengalaminya sendiri.Hampir sebulan ini monitor LCD komputer saya sering hidup mati padahal saya baru saja saya membelinya dari sebuah situs marketplace terkenal.Kok bisa Mas? Baru beli kok bermasalah memangnya tidak ada garansinya?
Ceritanya begini saya membeli monitor LCD ukuran 15 “ tersebut dalam kondisi bekas atau second dengan harga yang cukup murah Rp.350.000 ditambah ongkos kirim 45.000 jadi totalnya Rp.395.000 tapi tanpa kabel power dan kabel VGA.Setelah barangnya tiba saya langsung coba monitor tersebut dan hasilnya bisa tampil normal.

Baca juga :
Cari Spart Part Komputer ke Harco Mangga Dua? Ke Lazada saja
Teknik Komputer Dasar Bloger juga Perlu Tahu
Perbandingan Monitor CRT dan Monitor LCD Komputer

Sayangnya belum selang sehari saya memakai monitor LCD tersebut tiba-tiba sering hidup mati.Padahal CPU Nampak normal,saya tahu karena sebelumnya saya coba CPU tersebut ke monitor milik tetangga waktu saya belum beli monitor.Saya mencurigai kabel power dan kabel VGA nya bermasalah tapi kecurigaan itu sepertinya tidak beralasan karena lampu indiKator monitor menyala baik waktu stand by maupun ketika ada sinyal masuk yang ditandai dengan warna led merah dan hijau.

Disisi lain Kabel VGA nya kondisinya masih baru jadi kemungkinan bukan karena kabel VGA nya.Tadinya saya mau langsung komplain ke pelapaknya tapi meskipun nantinya bisa dikembalikan/ditukar ke pelapakanya saya harus menanggung ongkos kirimnya baik waktu saya mengirimkan kepelapaknya atau waktu pelapak mengirimkannya kembali jadi saya harus keluar ongkos Rp.90.000 lagi.Wah repot kalau begini dihitung-hritung harganya jadi mahal jadi sebisa mungkin jangan sampai barang tersebut dikembalikan.

Iseng-iseng saya mencari informasi ke Google dan saya menemukan informasi cara mengatasi monitor LCD sering hidup mati dan penyebabnya.Monitor LCD sering hidup mati bisa disebabkan beberapa hal berikut ini ;
1.Kabel power monitor bermasalah misalnya sudah karatan atau terlalu longgar.Jika kabel power masih bagus lampu indicator power akan menyala terus.

2.Kabel VGA bermasalah misalnya kualitasnya sudah menurun karena pin konektornya sudah berkarat,serabutnya hampir putus atau kotor.Untuk menguji baik bruknya kabel VGA coba cabut dari monitor kemudian hidupkan monitor jika muncul test signal(No Signal) kemungkinan kabel VGA bermasalah.

3.CPU bermasalah pada bagian PSU(Power supply unit) karena tegangan outputnya menurun atau tidak sesuai dengan kebutuhan CPU.Coba cek monitor ke komputer lain jika ternyata Monitornya tidak bermasalah kemungkinan kerusakan pada bagian PSU kemungkinan lainnya kerusakan VGA Card terutama yang model lepas atau kerusakan pada RAM.

4.Monitor bermasalah.Coba cek monitor menggunakan komputer lain jika ternyata masih sering hidup mati kemungkinan monitornya rusak Penyebabnya bisa karena tegangan bermasalah.Untuk mengatasinya tentu harus dibawa ke tukang servis.

Tadinya saya sempat bingung CPU nya yang rusak,Kabel VGA nya bermasalah atau Monitornya yang rusak.Akhrinya dari pada pusing saya memilih complain saja ke penjual(Pelapak)nya.Untungnya pelapaknya memilki No WA jadi saya mudah menghubungnya.Saya katakan saja kalau monitornya sering hidup mati dan ada semutnya.Saya langsung mendapatakn jawaban menurut penjualnya masalahnay karena kabel VGA nya.Saya langsung menjawab kalau Kabel VGA nya baru sambil mengirimkan gambar kabel VGA yang baru saya beli.

Alangkah terkejutnya saya ketika pelapaknya mengatakan kalau kabel VGA yang saya beli bukan yang Ori saya disuruh mengganti kabel VGA nya dengan yang Ori beksa juga nggak apa-apa yagn penting Ori.Tadinya saya sempat bingung mau cari kemana lagi kabel VGA nya yang Ori masalahnya kabel VGA tersebut saya dapatkan dari toko spart part komputer terdekat mau beli ke toko itu lagi takut dikasih yang abal-abal lagi mana harganya mahal lagi.

Akhirnya saya menemukan Kabel VGA yang berkulitas bagus di Lazada harganya memang lebih mahal tapi saya tertarik untuk membelinya karena port VGA maupun Pin nya Gold Plate sehingga koneksi dari CPU ke Monitor lebih sempurna baik dan diameter kabelnya juga lebih besar sehingga serabutnya lebih tebal.Belanjanya juga cukup mudah tinggal bayar ke Indomaret lalu tunggu barangnya datang.

Ternyata benar apa yang dikatakan pelapaknya setelah kabel VGA tersebut saya pasang ,Monitor tidak lagi sering hidup mati bahkan gambarnyapun lebih jernih.Syukurlah sekarang saya bisa menggunakan komputer dengan nyaman tanpa gangguan.Biang kerok dari permasalahan yang saya hadapi ternyata hanya berawal dari kabel VGA yang bukan Ori.

Kesimpulannya jika CPU komputer anda normal dan monitornya juga masih bagus tapi Monitor LCD sering hidup mati anda bisa mencoba mengganti kabel VGA nya dengan yang kulitas bagus atau Ori.Semoga Informasi ini bermanfaat!

8 comments:

  1. ngga pernah sih pengalaman kayak gini. tapi ya saya dapat informasi deh siapa tahu kalau punya saya udah rusak. mungkin masalahnya ada di kabek VGA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Afrid sih enak pakai laptop jadi nggak pakai kabel power maupun vga paling yang kena kabel fleksible nya

      Delete
  2. Ini sering terjadi pada PC saya, akhirnya dapat tips cara mengatasinya. Makasih, pak. ☺

    ReplyDelete
  3. wah hati-hati mang, bukannya LCD nya baru, masa udah byer-pet sih?, belinya dapet krdeit sih...#ehh

    nah tuh...snippet (tulisan pendek) di halaman depannya hilang juga nih disini dan di blog lainnya ge sama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah normal kok kang...kabelnya doang yang bermasalah

      Delete
  4. sudah lama nggak menikmati cpu dan lcd :)

    ReplyDelete
  5. Waah baru tahu juga saya mas, ternyata kabel VGA yang ori atau KW berpengaruh dg monitor LCD, tapi emang belum pernah pake yg KW, jadi memang kita kudu tahu bnyk informasi y mas, apalgi komputer udah kyak kebutuhan pokok, kerja'y pke komputer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas jangan seperti saya "Diakalin" sama penjual kabel saya pikir semua kabel VGA sama saja taunya ada yang ori dan KW jadi harus beli 2 kali

      Delete

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan

Followers

Total Pageviews

Copyright © Media Kompilasi. All rights reserved. Template by CB