Saturday, February 4, 2017

Perbandingan Monitor CRT Dan Monitor LCD Komputer

author photo
Perbandingan Monitor CRT Dan Monitor LCD Komputer-Pengguna komputer saat ini sudah mulai meninggalkan monitor jenis CRT dan beralih kemonitor komputer jenis LCD meskipun masih ada segelintir orang yang menggunakananya bahkan saya pernah melihat sebuah warnet dan studio foto yang masih menggunakan Monitor Komputer CRT.

Monitor CRT Dan Monitor LCD
Monitor CRT vs LCD
Salah satu penyebab semakin berkurangnya pengguna monitor CRT menurut saya karena sudah tidak diproduksi lagi kalau nggak percaya coba saja kunjungi toko online komputer sudah tidak ada yang menjual Monitor CRT baru.Jika Anda masih menginginkan menggunakan monitor CRT sebenarnya anda masih bisa menemukannya Cuma kondisinya sudah bekas.

Saya bisa mengetahui hal ini karena saya dulunya penguna monitor CRT bahkan  sudah 5 tahun saya memakainya.Kebetulan pertama kali saya memiliki perangkat komputer masih mengunakan monitor CRT walaupun sekarang sudah beralih ke monitor LCD namun baru beberapa minggu saya menggantinya itu saja karena monitor CRT saya rusak kalau tidak mungkin sampai saat ini saya masih menggunakan monitor CRT.

Jika dihitung-hitung saya sudah pernah 3 kali membeli monitor CRT yang semuanya dalam kondisi Bekas padahal kalau saya mau saya bisa menggantinya dengan Monitor LCD tapi toh nyatanya saya masih setia menggunakan monitor CRT barulah setelah monitor CRT yang terakhir rusak dan saya tak kunjung menemukan gantinya akhirnya saya memutuskan untuk menggantinya dengan monitor LCD.

Baca juga : Cara Nekat Mengatasi Kabel Power Komputer Meleleh Jangan Ditiru

Pernah menggunakan 2 jenis monitor yang berbeda menjadi sebuah pengalaman yang bermanfaat karena saya bisa tahu perbandingan antara Monitor CRT dan Monitor LCD.Nah…untuk itulah kali ini saya ingin berbagi informasi seputar Perbandingan Monitor CRT dan Monitor LCD,Berikut ulasan selengkapnya:

Monitor Komputer CRT

Monitor CRT terbuat dari tabung kaca yang berbentuk cembung atau flat makanya orang lebih mudah menyebutnya monitor tabung.Tabung kaca ini menggunakan CRT (Cathode Ray Tube).Sejak pertama kali ditemukan monitor ini telah megnalamai bebrapa kali perubahan dari yang awalnya hanya menggunakan satu warna(Monochrome) hingga menjadi Monitor VGA.

Monitor CRT menggunakan teknologi radiasi magnetic serta elektro magnetic.Warna yang dihasilkan merupakan kombinasi dari pancaran cahaya yag berwarna merah.hijau dan Biru(RGB) dari Fosfor yang terkena radiasi.Dimensi Monitor CRT bervariasi mulai dari 15 “ hingga 21 “yang diukur secara diagonal dari sudut ke sudut.

Monitor CRT memiliki beberapa kelebihan dan yang paling menonjol adalah warnaya lebih akurat dan tajam hampir mirip sesuai aslinya makanya wajar jika masih ada studio foto yang masih menggunakan monitor CRT dan monitor CRT lebih mudah perawatannya bahkan jika rusak masih bisa diperbaiki.

Namun meskipun monitor CRT masih bisa diperbaiki sangat tergantung suku cadang komponen yang tesedia.Sekarang ini karena sudah tidak diproduksi lagi secara massal terkadang sulit mencari komponen pengganti apalagi jika usianya sudah tua kalau ada juga ongkos perbaikan lebih mahal dibandingklan harga monitor CRT bekas.

Contohnya monitor punya saya meskipun kerusakannya tidak terlalu parah karena powernya masih bekerja namun ketika saya mau perbaiki ongkosnya mecapai Rp.200.000 padahal saya belinya Cuma Rp.150.000.

Sedangkan kekurangan dari monitor CRT yang paling menonjol adalah bentuk fisiknya yang besar semain besar Inchnya makin besar pula bentuk fiskinya sehingga boros tempat dan radiasinya yang membuat mata cepat lelah.Saya sendiri merasakannya paling lama saya didepan komputer 1-2 jam karena jika lebih dari itu mata terasa”pedes”.Selain itu konsumsi dayanya termasuk boros jika dibandingkan dengan monitor LCD misalnya Moniotr CRT ukuran 15 inch konsumsi dayanya sekitar 50 watt.

Monitor Komputer LCD

Monitor jenis ini menggunakan penampil gambar utama berupa Kristal cair atau LCD(liquid crystal display).Selain dipakai untuk monitor komputer,LCD juga dipkai untuk display kalkulator atau televisi.Saat ini keluaran komputer Dekstop atau Notebook terbaru sudah didominasi oleh Monitor LCD.

Karena menggunakan LCD daya yang dibutuhkan untuk menampilkan gambar atau tampilan menjadi lebih rendah misalnya LCD ukuran 15 inch konsumsi dayanya hanya 30 Watt sehingga minim menimbulkan panas(radiasi) namun resolusi yang dihasilkannya tetap tinggi itulah yang menjadi keunggulan utama dari monitor komputer LCD.

Selain itu karena penampilnya menggunakan LCD bentuk fisiknya juga semakin slim sehingga lebih praktis tidak memakan tempat.

Sayangnya Monitor LCD ini cukup sensitif jangan sampai terbentur atau tertekan karena bisa rusak atau pecah dan jika rusak ongkos perbaikannya cukup mahal apalagi jika LCD nya yang rusak.Kebetulan saya punya saudara yang Monitor LCDnya rusak dan harus ganti LCD nya ternyata ongkosnya mencapai Rp.400.000 padahal saya sendiri membeli monitor LCD bekas ukuran 15 “ harganya Cuma Rp.350.000.

Demikianlah informasi seputar Perbandingan Monitor CRT Dan Monitor LCD Komputer Mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda Terima Kasih Atas Kunjungannya.

This post have 13 komentar

avatar
Hendra Suhendra delete February 4, 2017 at 6:53 PM

Teknologi semakin berkembang ya mas, monitor saja mengalami perubahan, dari yang ukurannya besar sampe yang tipis... Saya juga dulu pakai yang CRT, kuat dan bandel ya mas Dwi.

Reply
avatar
Afrid Fransisco delete February 4, 2017 at 7:37 PM

saya juga dulu pakai monitor CRT kok pak, kalau ngga salah tahun 2005 - 2007. abis tu ganti ke laptop. kembali ke laptop kata pak tukul. he he ;-)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 4, 2017 at 7:59 PM

Awetnya jangan ditanya puluhan tahun masih ok

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 4, 2017 at 8:06 PM

Asyik dong mas mata nggak pernah pedes BTW Sejak 2007 pake laptop sudah berapa kali ganti?

Reply
avatar
Irwin Andriyanto delete February 5, 2017 at 9:08 AM

kalo mau monitor CRT,, dirumah ada 1 nganggur gara-gara migrasi ke Notebook :D

Reply
avatar
Nedi Arwandi delete February 5, 2017 at 12:17 PM

Monitor CRT kalau yang pernah saya pakai kurang awet, palagi kalau PLN sering mati mendadak, yang lebih aman emang pakai laptop atau menggunakan UPS kalau utk PC

Reply
avatar
Mang Lembu delete February 5, 2017 at 9:59 PM

sambil melihat Monitor jadul dan monitor lcd canggih....saya teh baca artikel ini, pengen tau perbandingannyah....bener nggak

Reply
avatar
Maya delete February 6, 2017 at 7:14 PM

ya betul sekarang banyak pengguna yang beralih ke LCD, monitor tabung memang punya kelebihan tapi LCD juga punya kelebihan ternyata
eh iya televisi juga udah nggk ada yg model tabung, kalaupun ada itu stock lama kata penjualnya
bener nggk ya?

Reply
avatar
Anisayu Nastutik delete February 7, 2017 at 11:39 AM

Aku hanya punya laptop dan jika kutekan ko empuk
Malah sekarang cuma pake hp dah hampir lapuk

Reply
avatar
Mangs abdul delete February 7, 2017 at 12:27 PM

mantap puluhan tahun kuat yang saya ko baru brapa tahun sudah. ehem ehem

Reply
avatar
Mangs abdul delete February 7, 2017 at 12:28 PM

kalo sekarang saya menggunakan lcd semuanya mas layar tipis. di kantor sih kalo di rumah ya ga ada

Reply
avatar
Patrick Prasetyo delete February 7, 2017 at 2:47 PM

Saya sendiri lebih suka yg lcd gk banyak makan tempat soalnya.

Reply
avatar
Mysweet Ladyluck delete February 8, 2017 at 3:07 PM

aku masih simpan komputer n tv CRT dan masih bekerja :)

btw, iklan yg muncul di blog mas Dwi sekarang "wireless earbuds" spt yg kupakai. Nyaman dipakai sambil masak, beberes rumah :)

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement