Tuesday, February 28, 2017

Usaha Kuliner Martabak Mini Manis Modal Kecil

author photo
Usaha Kuliner Martabak Mini Manis Modal Kecil-Apakah Ada diantara anda sekalian ingin memulai usaha tapi dengan modal kecil? Nih saya kasih tahu,anda bisa mencoba usaha kuliner martabak mini manis.Kenapa harus Usaha Kuliner? Namanya juga manusia tak bisa lepas dari makanan baik makanan pokok maupun camilan apalagi bagi masyarakat Indonesia.

Usaha Kuliner Martabak Mini Manis
Usaha Kuliner Martabak Mini Manis
Kenapa harus Martabak manis? Martabak manis atau terang bulan sejak dulu sudah menjadi camilan favorit bahkan menurut Wikipedia martabak manis sebenarnya asli kuliner melayu nusantara.Sayangnya ukuran martabak manis umumnya berukuran besar misalnya saja martabak Bangka Diameter bisa mencapai 30 cm sehingga terkadang kalau beli tidak habis.

Nah…martabak mini manis bisa menjadi kuliner alternatif yang hobi makan martabak tapi porsinya kecil diameternya cuma 7 cm.Jangan salah meskipun ukurannya mini bahan baku dan variasi topingnya juga hampir sama ada coklat,kacang,keju bahkan ada toping selai aneka rasa mulai dari strawberry,blueberry atau nanas jadi urusan rasa martabak mini manis tak kalah dengan martabak ukuran standar.Jadi menurut saya udaha kuliner martabak mini manis cukup cerah.

Usaha kuliner martabak mini manis cukup mudah dijalankan karena bahan bakunya mudah ditemukan dan outlet(Gerobak) tidak harus berukuran besar.Peralatannya juga tidak banyak sehingga modalnya juga tidak terlalu besar.Masih Ragu? Simak Pengalaman saya berjualan martabak mini manis.

Baca juga : Pengalaman Menjadi Pedagang Kaki Lima diTerminal Bekasi

Tips Usaha Kuliner Martabak Mini

Peralatan yang harus dipersiapkan :

1.Gerobak
2.Cetakan Martabak Mini 7 lubang
3.Kompor Gas+ Tabung Gas LPG 3 Kg
4.Peralatan Pendukung seperti Loyang,sendok,Penejepit,pembungkus,tempat gula pasir,meses dan selai,Ember adonan.

Usaha Kuliner Martabak Mini
Gerobak motor
Ukuran gerobak tidak perlu besar-besar sehingga tidak memakan tempat.Saya sendiri membuat gerobak sendiri dengan konsep gerobak motor dengan ukuran 100cmx45cmx63cm.Sengaja saya membuat gerobak motor supaya lebih mobile saya bisa mangkal dimana saja berbeda jika menggunakan gerobak biasa selain biaya pembuatannya lebih mahal kemana mana harus didorong.Kecuali jika anda berniat mangkal dan tidak berpindah-pindah anda bisa membuat gerobak yang lebih menarik tampilannya.

Bahan-bahan baku martabak manis

1.Terigu (Saya menggunakan merk segitiga biru).
2.Gist (Saya menggunakan merk permipan)
3.Soda Kue
4.Gula pasir
5.Garam
6.Air
7.Mentega
8.Bahan Toping : Meses coklat,Meses Warna,Selai Strawberry,Selai Blueberry.

Untuk cara membuatnya silahkan baca :
Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantet

Pemasaran

Usaha kuliner martabak mini manis merupakan usaha yang cara penyajiannya cepat saji artinya makanannya dibuat dulu ditempat mangkal baru dijual atau menunggu pesanan baru dibuat sehingga resiko kerugian tetap ada karena jika adonan tidak habis akan dibuang karena memang tidak tahan lama oleh karena itu temapt mangkanya harus benar-benar strategis yaitu tempat yang banyak orang lalu lalang atau berkumpulnya orang seperti pasar,pertokan atau sekolah.

Saya sendiri lebih memilih mangkal disebuah SD pada jam istirahat.Sengaja saya memilih mangkal di SD karena saya ingin mengetes pasar dulu dan ingin mengetahu apakah rasanya sudah enak.Sengaja saya bidik anak-anak karena anak-anak itu suka jajan dan tidak banyak komplain tidak seperti orang dewasa.Jika tiap hari ada yang beli bisa menunjukkan martabak buatan saya layak untuk dijual.Saya juga bisa belajar tehnik membuat martabak yang bagus biar empuk,mengembang dan tidak gosong.Selain di SD saya juga mangkal di Pasar Kaget Mingguan yang ada diperumahan saya.

Jika rasa dan tampilan martabak sudah enak dan bagus dan terbukti ada pelanggannya baru saya mulai memikirkan untuk menyasar pada orang dewasa dan mencari tempat mangkalnya.Jadi saran saya sebelum anda mangkal pastikan martabaknya memang sudah layak jual.Saya sendiri dulu sebelum merintis usaha kuliner ini sering praktek dengan membuat adonan terigu ¼ kg kemudain saya coba sendrii dan dibagi-bagikan kepada tetangga.

Demikianlah informasi peluang usaha Kuliner martabak mini manis Modal Kecil,Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya melalui komentar.

This post have 5 komentar

avatar
Guru Madrasah delete February 28, 2017 at 8:13 AM

usaha dengan resiko kecil tapi untungnya sepertinya lumayan ya mas, tapi syaratnya harus ulet tentunya

Reply
avatar
Afrid Fransisco delete February 28, 2017 at 8:16 AM

sekarang kalau beli martabak saya senang beli yg besar ukurannya pak karena dimakan oleh keluarga. tapi saya ingat waktu SD saya beli terang bulan yg ukurannya kecil aja karena saya aja sih yg makan.


dulu walaupun masih kecil saya juga bisa komplain pak. he he..., kalau kuenya mahal, ngga enak rasanya, ngga bikin kenyang. saya pasti ngga beli.

tapi kalau enak, murah dan bikin kenyang. saya sering beli. di SD dulu selain beli terang bulan mini, saya juga beli kue pukis yg bikin kenyang, sama pentol juga enak ada dagingnya, tapi belinya ama paman yg itu aja, yg paman satunya ngga enak pentolnya ngga saya beli deh, agak basi-basi gitu rasanya. he he ;-)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 28, 2017 at 11:19 AM

Sehari kalau bisa 4 kilo omsetnya bisa 320 ribu perhari sangat menjanjikan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete February 28, 2017 at 11:21 AM

Wah berarti martabak mini saya enak dan bikin kenyang dong karena tiap hari ada langganan yang beli

Reply
avatar
Mang Lembu delete February 28, 2017 at 4:24 PM

usaha yang tidak akan pernah mati oleh ruang dan waktu,selain sehat dan mengenyangkan bagi para siswa dan modalnya itu loch nggak terlalu mahal

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement