Sunday, April 23, 2017

5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas

author photo
5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas-Siapa yang tidak ingin blog yang dikelolanya ramai pengunjung?Saya yakin setiap bloger pasti menginginkannya karena jika blog ramai pengunjung menandakan konten yang ada diblog memiliki manfaat bagi pembacanya.Tentu tidak mudah menyulap sebuah blog yang tadinya sepi menjadi ramai karena sangat tergantung dari banyak faktor seperti kualitas konten,optimasi mesin pencari(SEO) atau aliran backlink.

Backlink berkualitas

Menulis artikel saja belum menjamin sebuah blog ramai pengunjung tanpa optimasi masih pencari dan backlink yang banyak.Jadi jangan heran kalau ada sebuah blog yang artikelnya banyak tapi trafiknya kecil tapi ada juga yang artikelnya sedikit tapi trafiknya berjibun.Kalau anda bisa mencapai keadaan yang kedua anda layak disebut expert.

Baca juga : Artikel bertambah Banyak Domain Authority (DA) Meningkat

Saya sendiri mungkin termasuk bloger pertengahan artinya belum layak disebut expert tapi tidak juga awam banget terbukti beberapa blog saya memiliki trafik yang lumayan bagus meski belum tinggi.Wajar saja jika kemudian sampai saat ini saya masih terus belajar agar blog saya ramai pengunjung.Satu hal yang sering dianggap enteng adalah mendapatkan backlink berkualtias karena beranggapan yang penting asal sudah posting secara rutin nanti backlink akan datang sendiri atau natural.

Anggapan itu tidak sepenuhnya salah tidak juga benar karena backlink tetap dibutuhkan walaupun artikelnya sudah banyak karena dengan adanya backlink yang masuk kesebuah blog(inbound link) bisa menjadi sinyal bagi mesin pencari bahwa blog tersebut mempunyai konten yang bernanfaat.Aapakah mendapatakn backlink berkualitas itu sulit?

Tidak juga faktanya ada beberapa cara mudah mendapatkan backlink berkualitas dan saya yakin semua bloger bisa melakukannya Cuma memang butuh ketelatenan dan konsistensi karena harus dilakukan secara manual dan satu persatu.Itulan kenapa sebagian bloger kadang enggan melakukannya seperti saya pribadi.

Baca juga : Hati-hati Mencari Backlink Utamakan Berkualitas 

5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink berkulitas

1.Backlink dari komentar Blog
Mendapatkan backink berkualitas dengan cara berkomentar diblog lain masih cukup efektif dan caranya cukup mudah karena anda hanya mencari blog dan ektensi tertentu kemudian anda berkomentar disana.Namun demikian agar hasilnya efektif carilah blog/situs TLD(Top level Domain) yang tidak memoderasi komentar (Auto Approve) sehingga komentar anda bisa langsung tampil dan carilah blog yang setelan komentarnya memungkinkan anda memasukan kata kunci dan URL blog anda.

Jangan lupa buatlah komentar yang relevan sehingga tidak kena tendang kekotak spam hindari berkomentar nice info,pertamak,mantap atau menuliskan URL.

Ping juga halaman dimana anda berkomentar tujuannya agar mesin pencari mengindek komentar yang terdapat link blog anda karena dikatakan backlink  jika telah terindek oleh mesin pencari.Timbul pertanyaan bagaimana cara mencari blog/situs untuk dikomentari? Anda bisa menggunakan footprint tertetnu misalnya jika anda ingin mencari situs berekstensi go.id anda bisa mengetikan site:.go.id/semua-berita.html.

2.Backlink dari Sosial media
Sudah bukan rahasia lagi kalau situs-situs sosial media bisa digunakan untuk membagikan URL artikel blog anda bahkan bisa disetting otomatis,Jika anda pengnuna Wordpress dengan plug in Yoast anda bisa mensetting artikel anda otomtis dibagikan ke G+,Twitter atau Facebook atau bisa juga menggunakan aplikasi tertentu seperti twitterfeed.com.

Khusus untuk facebook disarankan menggunakan fanspage karena pengunjugnya lebih terfokus atau tepat sasaran artinya follower lebih berpotensi mengunjungi blog anda ketimbang menggunakan akun facebook pribadi.Bahkan dengan menggunakan fanspage trafik blog anda bisa meningkat tajam.
Saya pernah mendapatkan sharing informasi dari teman sesama pemain adsnese yang menyatakan kalau teman saya ini basa gajian rutin dari adsense dengan hanya bermodalkan fanspage facebook.

Baca juga : Rahasia tersembunyi dibalik fanspage facebook

3.Backlink dari Sosial Bookmarking
Dengan situs Sosial bookmarkling memungkinkan anda memyimpan dan mengelola halaman blog disana.Cara ini membutuhkan sign up terlebih dahulu barulah anda bisa mempublikasikan halaman depan/postingan blog anda.Meskipuin ada yang mengatakan cara ini sudah tidak efektif namun backlink dari social bookmarking  tetap bermanfaat sebagai dversifikasi backlink yang bernilai bagi SEO.Carilah sosbook yang DA nya tinggi agar backlinknya lebih bernilai dimesin pencari.
Contoh sosbook luar ; tumblr.com,pinterest.com,delicious,stumbleupon.com

4.Backlink dari Situs Video
Anda tentu mengenal situs video Youtube nah dari situs video semacam itu anda bisa mendapatkan backlink berkulitas yaitu dengan mengupload video baru kemudian memasukan URL blog/artikel ke deskripsi video namun sebaiknya jangan berlebihan karena bisa dianggap spam yang bisa mengakibatkan akun disitus video tersebut kena suspend oleh karena itu baca TOS Situs video teresebut dengan seksama.

5.Backlink dari Web.2.0
Cara ini memanfaatkan web.2.0 atau web gratisan seperti wordpress.comm,blogger.com dan lain-lain.Anda cukup membuat beberapa blog disana dengan topik yang relevan kemudian buatlah artikel yang didalamnya terdapat link aktif menuju blog utama anda.Baclink semacam ini disebut juga kontekstual backlink dan cukup ampuh untuk menaikkan peringkat blog.Namun anda perlu perhatikan jangan buru-buru membuat backlink dari web.2.0 tapi biarkan dulu blog tersebut hidup dulu dengan mengisi 5-7 artikel.

Bagaimana Anda tertarik untuk mempraktekkan 5 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas Selamat Mencoba!

This post have 9 komentar

avatar
trik news delete April 23, 2017 at 10:58 AM

Iya betul mas, backling itu perlu untuk support sebuah blog utama kita, jadi blog kita nanti mendapat akses balik dari blogwalking ataupun penanaman url di situs boogmarkig

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 23, 2017 at 11:51 AM

Memang mas..cuma kadang kita nggak telaten nyarinya

Reply
avatar
Trik Pos delete April 23, 2017 at 12:40 PM

telaten harus dong....kalau nggak , nggak mungkin blog mediakompilasi bisa seperti yg sekarang ini iya kan ?

Reply
avatar
Maya delete April 23, 2017 at 3:20 PM

ya kalau gitu saya izin berkomentar di blog ini ya, semoga komentar saya ini tidak ditendang ke kotak spam, tapi mendapat sambutan sesuai dengan harapan saya seperti yang dituliskan di artikel ini mendapatkan backling yang berkwalitas, ngarep

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 23, 2017 at 3:28 PM

Buat Mba Maya boleh banget silahkan berkomentar sepuasnya disini saya yakin nggak bakal nyepam kan...

Reply
avatar
Mang Lembu delete April 23, 2017 at 10:16 PM

eh seminggu nggak maen kesini rupanya udah punya apartemen baru euy...bagus dan terlihat lebih asri dan segar mang.

soal backlink saya lagi maen backlink via youtube, emang klik iklannya kerasa beda jauh lebih gede mang.

Reply
avatar
John Poerba delete April 23, 2017 at 10:50 PM

lagi2 ketemu tampilan baru ne....memang lg musim ganti theme hehehehe...., padahal demen banget mas sama theme new thesis seo kemarin...simple banget....

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 24, 2017 at 6:22 AM

Wah baru tahu nih kalau backlink dari YT kliknya gede

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 24, 2017 at 6:23 AM

Pengin penyegaran tampilan aja mas biar pengunjung setia nggak cepat bosan

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement