Friday, April 21, 2017

5 Jajanan Pasar Tempo Dulu Tetap Eksis Hingga Sekarang

author photo
5 Jajanan Pasar Tempo Dulu Tetap Eksis Hingga Sekarang-Indonesia terkenal sebagai Negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan adat istidat.Salah satunya dalam pengolahan kuliner atau jajanan pasar.Tidak terhitung berapa jumlah aneka jajanan pasar yang ada di Indonesia yang sudah turun temurun dibuat oleh masyarakat menjadi sebuah makanan khas tradisional bahkan sebagian besar kuliner tersebut masih banyak dijumpai dipasar-pasar tradisional yang lebih dikenal sebagai jajanan pasar.

Jajanan Pasar
Klepon By Wikipedia
Jajanan pasar tersebut sebagian besar merupakan makanan tempo dulu namun masih tetap digemari hingga sekarang meski gempuran kuliner luar negeri tak pernah berhenti seperti hot dog,Pizza,Hamburger,Kebab,Spageti,Ayam goreng dan lain-lain.Saya sendiri termasuk penggemar jajan pasar tradisional tempo dulu karena sejak kecil memang sudah terbiasa mengkonsumsi aneka jajan pasar tradisonal khas Indonesia.

Baca juga :
Jualan Jajanan Pasar Peluang Bisnis Modal Kecil
Toge Goreng Bogor Kuliner Unik Merambah Keperumahan

Meskipun saat ini saya tinggal diperkotaan namun bukan halangan untuk tetap menikmati jajanan pasar tempo dulu tersebut karena meski agak jarang penjualnya namun saya mencatat ada 5 jajanan pasar tempo dulu yang masih saya jumpai dipasaran.Ketika menikmati jajajan pasar tersebut ingatan saya akan selalu terkenang masa kecil dikampung halaman puluhan tahun yang lalu.Penasaran apa saja 5 jajanan Pasar Temp dulu yang tetap eksis hingga sekarang? Simak informasinya berikut ini:

1.Klepon
Jajanan pasar yang satu ini berbahan dasar tepung beras ketan yang dikombinasikan dengan gula merah dan kelapa parut serta pewarna alami daun suji.Sensasi menikmati jajanan ini akan semakin terasa ketika menggigit gula merah yang ada ditengahnya apalagi dipadukan dengan kelapa parut membuat jajanan ini gurih dan nikmat.Bentuknya yang bulat-bulat kecil membuat penikmatnya tak cukup hanya mengkonsumsi satu atau dua biji.Jajanan pasar ini cocok sekali dinikmati saat pagi hari maupun sore hari.

2.Getuk Lindri
Ada singkong ada getuk Lindri mungkin itulah ungkapan pas untuk negeri kita yang kaya akan tanaman singkong.Jajanan pasar ini tampil dengan warna-warni yang cukuip menggugah selera dan karena berbahan baku singkong yang direbus kemudian digiling menjadi batangan getuk. Jajanan ini cukup untuk mengeyangkan perut dipagi hari apalgi dengan tambahan parutan kelapa dan taburan gula apsir dalam penyajiannya membuat jajanan ini kaya akan kalori.

3.Serabi
Jajaaan pasar tempo dulu ini terbilang cukup unik karena pengolahannya menggunakan cetakan khusus serabi yang terbuat dari tanah liat dan bahan bakarnya yang menggunakan kayu bakar menambah kesan alami jajanan pasar ini.Berbahan dasar tepung beras dipadukan dengan santan kelapa dan saus gula merah membuat jajanan ini nikmat untuk disantap apalagi selagi hangat.

Bahkan serabi sekarang sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan terutama dari segi rasa /toping yang sudah mengikuti perkembangan jaman walaupun bahan dasarnya tetap sama tapi cukup membuat citra rasanya semakin nikmat.

4.Kue Cucur
Kue yang berbentuk bulat ini temasuk jajanan bercitra rasa manis dan dalam pembuatannya cukup unik yaitu diputar-putar dengan lidi atau tusuk sate ditengah-tengah kue saat digoreng.Berbahan dasar campuran tepung beras dan tepung terigu kemudian ditambah santan serta irisan gula merah,sudah terbayang bukan kelezatannya?

5.Lemper
Perut lapar dan ingin segera minta diisi lemper bisa menjadi jajanan yang pas karena cukup mengenyangkan karena terbuat dari beras ketan yang dikukus dan dibungkus daun pisang layaknya lontong namun ukurannya kecil belum lagi isiannya yang terbuat dari daging cincang membuat jajanan ini makin lezat untuk sarapan pagi anda.

Demikianlah informasi seputar 5 Jajanan Pasar Tempo Dulu Tetap Eksis Hingga Sekarang  Semoga menambah wawasan anda.Bagaimana menurut pendapat anda? Silahkan share disini!

This post have 9 komentar

avatar
Anisayu Nastutik delete April 21, 2017 at 8:18 AM

Post mu ini bikin aku pengen getok lindri
Menemani kopi ku di pagi sunyi
Menerima inspirasi
Membuat puisi Hari Kartini

:)

Reply
avatar
John Poerba delete April 21, 2017 at 9:50 AM

Neng Anisayu tuh profesional poemist ya hehehe.... (ada gak istilah begitu ya.....?), apa aja bs dijadiin puisi....hebat euy...spontanitas begitu...

Reply
avatar
John Poerba delete April 21, 2017 at 9:52 AM

Karena aslinya saya ituh anak singkong jadi saya ituh terikat dengan Getuk Lindri....enaknya pas gitu...klik rasanya...di lidah dan dijiwa.....hehehe....

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 21, 2017 at 9:58 AM

Getuk memang indonesia banget pokoknya..sama dong mas saya juga anak singkong he he he

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 21, 2017 at 10:01 AM

Tapi jangan kebanyakan mba Anis ntar malah ngantuk lagi gagal deh nanti bikin puisi.
@JOHN wah dia mah jagonya atuh bikin puisi

Reply
avatar
Achmad M. delete April 21, 2017 at 2:16 PM

yang paling saya suka klepon sama kembarannya yg dari singkong "cenil". Enak banget tuh daripada makanan barat.

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete April 23, 2017 at 8:24 PM

Saya baru mampir kesini, dan banyak perubahan. Saya juga suka banget jajanan pasar. Onde-onde, getuk dan lainnya.. Ini template beli ya mas Dwi??

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 24, 2017 at 6:10 AM

Memang enak sih jajanan pasar rasanya indonesia banget.Bukan mas free templates

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement