Saturday, April 15, 2017

6 Perangkat Dasar Jaringan Wifi Penting

author photo
6 Perangkat Dasar Jaringan Wifi Penting-Apakah daerah anda terjangkau jaringan internet? Jika sudah anda termasuk beruntung karena masih banyak daerah-daerah terpencil yang belum terjamah jaringan internet,berdasarkan data dari kominfo.go.id ada sekitar 50 kota kabupaten yang belum terjamah jaringan serat optic(internet).Walaupun daerah anda jaringan internetnya tersedia jangan senang dulu bagaimana dengan tarif internetnya murah atau mahal,sinyalnya kuat atau loyo?

Perangkat Dasar Jaringan Wifi

Berawal dari masalah itulah telah menginspirasi banyak orang untuk membangun jaringan internet secara mandiri atau istilah kerennya RT RW net.Sejatinya meskipun perangkat jaringan internet disediakan sendiri bukan berarti bisa langsung connect internet tapi tetap membutuhkan ISP.Lho…bukannya daerah tersebut tidak ada jaringan internet/sinyalnya lemah?

Dengan teknologi Wifi semuanya jadi mungkin caranya dengan menembak/mencari sinyal internet ditempat lain yang ada BTS nya/sinyalnya kuat kemudian jaringan data tersebut dikirimkan melalui gelombang radio standar wifi yang kemudain ditangkap melalui penerima(titik akses) didaerah yang lain selanjutnya disebarkan kepenerima jadi fungsi titik akses seperti BTS mini/repeater.

Baca juga:
5 Kelebihan yang membuat Wifi Semakin Populer
Wi-Fi Singkatan dari Wireless Fidelity,Benarkah?
Cara Kerja Koneksi Internet Wifi

Dengan teknologi Wifi juga Tarif internet jadi lebih murah bayangkan dengan paket unlimited 1 Mbps pelanggan cukup membayar Rp.100.000 per bulan.Hal ini bisa terjadi karena dengan Wifi jaringan data bisa dibagi tanpa mengurangi kecepatannya jadi 1 Akses internet dari ISP bisa digunakan banyak pengguna.

Mengingat begitu menguntungkannya menggunakan jaringan internet wifi tidak ada salahnya untuk mempelajari perangkat dasar jaringan Wifi siapa tahu anda suatu saat anda membutuhkannya dan asal tahu saja jika anda menguasai penggunanan perangkat dasar jaringan wifi anda bisa merintis bisnis hotspot RT RW net disekitar rumah anda.

Lalu apa sajakah sebenarnya perangkat dasar jaringan wifi? Berikut ini informasi selengkapnya:                                                                                                        
1.Modem
Fungsi perangkat ini sangat vital karena dari sinilah akses internet dimulai.Akses internet bisa didapatkan dengan cara berlangganan ke ISP/operator seluler/internet kabel.Modem merupakan singkatan dari MODulator DEModulator.Perngkat keras ini berfungsi mengubah dan mengirimkan sinyal data kedalam sinyal pembawa yang kemudian dipisahkan lagi agar sinyal data tersebut bisa diterima dengan baik.

Ada beberapa jenis modem namun yang paling populer saat ini adalah modem GSM dan modem kabel(TV KABEL).Sebe;lum anda membangun jaringan internet Wifi Anda harus memilih ISP yang tepat apakah akan menggunakan modem GSM(3G/4G) atau Modem kabel misalnya Indihome atau firstmedia.Jika anda memilih yang n terakhir anda tidak perlu membeli sendiri modemnya Karena sudah disediakan providernya.Namun jika anda berniat untuk membagun bisnis hotspot wajib menggunakan paket internet unlimited.

2.Router
Router merupakan perangkata keras yang mampu mengirinkan paket data melaui jaringan internet dan mengunungkannya denfgan jaringan lain.Router mampui memnabgis ebuah jairngan besar menjadi beberapa subnetwork dengan tujuan mempermudah kinerja dan manajemennya.Beberapa tipe router komptibel dengan modem USB 3G/4G misalnya TP LINK TL MR 3420 sehingga modem bisa langsung dicolokkan ke router selain itu roter juga memiliki konektor Rj 45 sehingga jika anda berlangganan internet kabel anda bisa menghubungkannya ke router terlebih dahulu sebelum disebarluaskan melalui jaringan Wifi.Fungsi modem dan router bisa digabungkan menjadi satu dengan adanya modem Mifi.Untuk skala kecil misanya 1 rumah perangkat ini sudah lebih dari cukup untuk membagi koneksi internet melalui jaringan wifi.

3.Switch
Switch berfungsi menghubungkan dan menyekat banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC.Keuntungan menggunkan switch adalah setiap segmen jaringan mempunyai bandwidth penuh seperti sumbernya misalkan dari ISPnya kecepatannya 5 Mbps walaupun jaringan datanya sudah terbagi dengan adanya switch kecepatannya bisa sama tidak seperti jika menggnunakan shared network.

Ada perangkat lain yang fungsinya hampir mirip yaitu Hub namun kelemahan jika menggunakan Hub kecepatan internetnya(Bandwidth) akan berkurang seriing dengan bertambahnya user.

Dengan switch anda dapat membatasi user/pengguna ilegal yang boleh mengkases jaringan wifi anda bahkan bisa mengkonfigurasinya.Contoh switch TP Link TL SF 1005D

4.Kabel UTP
Kabel ini berbahan dasar tembaga dengan lapisan isolasi yang terbuat dari plastik dan untuk mencegah kerusakan dibungkus bahan isolasi tertentnu.Didalamnya kabel UTP terdapat 4 pasang inti kabel dengan warna yang berbeda.Fungsi kabel UTP dalam sebuah jaringan internet Wifi adalah menghubungkan antar perngakat jaringan misalnya dari router ke komputer atau dari POE(Power Over Ethernet) ke Radio wireless LAN.

5.Radio Wireless LAN
Dengan Radio Wireless LAN jaringan internet WIFI bisa dipancarkan kepenerima yang jaraknya jauh,Agar daya pancar sinyalnya semakin luas memerlukan radio wireless Outdoor dan ketinggiannya juga ikut berpengaruh semakin tinggi semakin bagus.Untuk Area 1 RT ketiggian 6 meter sudah memadai asalkan tidak ada penghalang seperti pohon atau bangunan.

6.Antena Grid WLAN
Antena Grid digunakan untuk memfokuskan penangkapan sinyal yang dipancarkan titik akses(Acces Point) sehingga sinyal yang diterima lebih kuat.Penggunaan antena Grid diperlukan jika jarak antar titik akses dan client(Penerima) cukup jauh.Agar penangkapannya maksimal posisi titik akses harus berada diluar ruangan dengan menggunakan Radio wireless LAN seperti Tp Link TL WA7210 dan harus LOSS(bebas halangan) begitu pula dengan penerimanya.

Demikianlah informasi seputar 6 Perangkat Dasar Jaringan Wifi Penting mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda Terima kasih atas kunjungannya.

This post have 6 komentar

avatar
Ibrahim M.Pd.I delete April 15, 2017 at 10:40 AM

PERTAMAX

Router, dulu saya bingung apa artinya dan fungsinya heehe, sekarang jadi tahu

Reply
avatar
Defi Purnama delete April 15, 2017 at 10:49 AM

6 perangkat dasar wifi ini sangat perlu saya pelajari mas, mana tau nanti saya bisa buka usaha hostspot di tempat saya

Reply
avatar
Maya delete April 15, 2017 at 1:59 PM

hebat, selalu ada jalan keluarnya, 6 meter lumayan tinggi ya

Reply
avatar
Lia Lathifa delete April 15, 2017 at 2:25 PM

jadi inget waktu itu suami mau bikin jaringan internet utk RT/RW, tapi sayang gak jadi karena posisi rumah kami agak turun melandai, jadi kurang tinggi

Reply
avatar
Maman Achman delete April 15, 2017 at 4:02 PM

Istilah-istilah dalam wifi masih terasa asing buat saya, dengan pembahasan ini sedikit banyak memberi pengetahuan buat saya tentang apa saja dasar-dasar yang berhubungn dengan wifi.

Reply
avatar
Andi Nugraha delete April 16, 2017 at 4:33 AM

Banyak belajar nih disini, memang istilah seperti itu kita perlu tahu juga, sekalipun tidak hapal, setidaknya tahu..he

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement