Wednesday, April 19, 2017

Sibuk Ngeblog Jangan Lupakan Ibadah

author photo
Sibuk Ngeblog Jangan Lupakan Ibadah-Jika semangat ngeblog sedang berapi-api bawaannya maunya didepan komputer melulu bahkan sampai betah-berjam-jam hingga larut malam.Benar bukan? Apalagi jika ngeblog tersebut dijadikan alat untuk menghasilkan uang kadang sampai lupa waktu dan yang merepotkan adalah sampai lupa kewajiban/kebutuhan sehari-hari misalkan lupa makan,lupa mencuci,lupa pekerjaan rumah dan lain-lain.

Sibuk Ngeblog Jangan Lupakan Ibadah

Lebih parah lagi kalau sampai melupakan kewajiban beribadah seperti sholat atau  belajar ilmu agama.Seringkali urusan dunia atau uang menjadi alasan entah karena banyak kebutuhan atau mencari peluang usaha sebanyak-banyaknya sehingga waktu yang ada banyak digunakan untuk mencari uang pergi pagi pulang malam.

Sengaja saya menulis artikel ini sebagai bahan intropeksi diri saya sendiri syukur-syukur bisa menjadi pengingat bagi orang lain khususnya bagi bloger yang mencari uang melalui internet.Jujur saja sejak menekuni bisnis adsense waktu luang yang ada saya pergunakan sebagian besar untuk bermain komputer.

Saya jadi jarang sholat berjamaah dimasjid padahal dulunya rajin,mengaji Alquran,belajar agama(Talim/pengajian),sholat sunnah dan ibadah-ibadah lainnya.Saya punya cita-cita ingin menjadi full time blogger pertimbangan saya waktu itu jika saya bisa jadi fulltime bloger saya bisa punya banyak waktu luang untuk beribadah.Hari demi hari bulan demi bulan dan tahun demi tahun ternyata cita-cita tersebut tak kunjung terwujud bahkan boleh dibilang penghasilan saya dari adsense tak kunjung meningkat meski saya sudah berusaha maksimal.

Padahal saya sudah sering membayangkan jika saya bisa jadi full time blogger saya berniat pulang kampung saja mengurus ke dua orang tua yang tinggal dikampung apalagi ayah sering sakit-sakitan.Sampai akhirnya saya seperti mendapatkan peringatan dari Allah,Ayah saya meninggal dunia sebelum semua itu terwujud saya tidak bisa menemani ayah disaat-saat menjelang kepergiannya.

Baca Juga :
Maafkan Aku Ayah Belum Bisa Jadi Full time Blogger!
Penghasilan Tak Kunjung Naik Nikmati Saja
Kekuatan Doa Dibalik Sebuah Akun Adsense

Saya merasa semua yang saya lakukan untuk mengejar sebagai full time blogger melalui adsense tidak sebanding dengan “pengorbanan” saya selama ini dengan meninggalkan sholat berjamaah dimasjid,sholat sunnah,mengaji alquran dan amalan sunnah lainanya.Saya jadi sering bertanya-tanya apa yang aku cari didunia ini? Mengejar adsense yang tak pasti tapi meninggalkan mencari bekal akhirat yang sudah pasti?

Apalagi sejak saya melihat sebuah video dari Yufid TV yang menyatakan bahwa masalah nafkah bukan masalah banting membanting tulang tapi masalah taqwa bukan seberapa lama kita bekerja tapi kualitas iman dan taqwa dan ikhtiar yang maksimal.Ikhtiar maksimal bukan dengan bekerja sampai jam 11 malam bahkan jam 2 malam sehingga lupa ngaji dan ibadah ini namanya tidak berkah.

Saya jadi tersentak jangan-jangan ikhtiar yang selama ini saya lakukan untuk mencari nafkah melalui bisnis sembako,bisnis kuliner dan adsense tidak mendatangkan keberkahan karena saya lupa ngaji dan lupa ibadah.Ibadah hanya sebatas melaksanakan sholat wajib 5 waktu.Jika benar demikian alangkah ruginya saya sudah kerja keras bisnis offline dilanjut bisnis internet(adsense) tapi rezeki yang saya dapatkan tidak berkah karena menjauhkan saya dari beribadah kepada Allah SWT.

Saya merasa bersyukur sudah diingatkan Allah SWT melalui kejadian-kejadian yang menimpa saja seperti meninggalnya Ayah tercinta,bisnis sembako yang diam ditempat,penghasilan adsnese yang tak kunjung meningkat.Pelan-pelan saya akan berusaha untuk membiasakan kembali sholat 5 waktu berjamaah,mengaji Alqura’an dan ikut pengajian.

Untuk mengingatkan diri saya agar selalu menyempatkan beribadah sebelum ngeblog,sengaja saya upload video ke Youtube hasil karya sisulung Husain(6 th) ketika saya sedang membaca Alquran biar saya selalu ingat untuk menyempatkan membaca alquran meski hanya beberapa ayat:



“Ya Allah Bereskanlah untukku Agamaku yang ia itu pokok urusanku dan bereskanlah bagiku duniaku yang padanya ada penghidupanku dan bereskanlah bagiku akhiratku yang kepadanya kembaliku dan jadikanlah hidup itu tambahan bagiku didalam tiap-tiap kebaikan dan jadikanlah kematian itu kelepasan bagiku daripada tiap-tiap kejahatan” Aamiin.

This post have 13 komentar

avatar
Maman Achman delete April 19, 2017 at 10:42 AM

Ini yang gak boleh sampai kita lupakan, ngeblog adalah sebuah kegiatan yang bertujuan meningkatkan taraf hidup bagi sebagian orang dan akan lebih bermakna kalau ngeblog bisa selalu sejalan dengan kegiatan beribadah.

Reply
avatar
John Poerba delete April 19, 2017 at 10:54 AM

Super ini mah...100% bener banget....untung di ingetin.....

Reply
avatar
Indra Kusuma Sejati delete April 19, 2017 at 7:17 PM

Setuju banget saya kang, kenapa kita sudah diberikan kelebihan malah kita jadi lupa ya ?

Reply
avatar
Bang Doel delete April 19, 2017 at 8:07 PM

Wah keren, blogger soleh... terima kasih sudah diingetin (y)

Reply
avatar
Inklocita delete April 19, 2017 at 9:21 PM

setuju banget nih, dalam setiap kegiatan harus ingat Allah

-M.
http://www.inklocita.com/2017/04/7-kota-dalam-9-hari-di-jepang.html

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2017 at 5:59 AM

Idealnya sih begitu mas...cuma kadang karena terlalu semangat mencari uang jadi lupa ibadah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2017 at 6:01 AM

Jangan sampai mengejar yang belum pasti masih mending kalau tercapai kalau nggak gigit jari

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2017 at 6:03 AM

Nah itu yang kadang kita lupakan orang lain susah payah mencari uang kita pemain adsense cuma duduk doang harusnya malah bersyukur dg memperbanyak ibadah

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 20, 2017 at 6:06 AM

Setuju sih setuju mba tapi kenapa ngejemur link juga disini...

Reply
avatar
Ibrahim M.Pd.I delete April 20, 2017 at 3:10 PM

Setuju sekali mas, ibadah lah yang diutamakan dahulu

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete April 20, 2017 at 6:40 PM

Mantap mas Dwi. Ibadah tetap nomor satu. Kalo ibadah rajin, Insha Allah rezeki juga lancar....

Reply
avatar
andriekristianto delete April 20, 2017 at 11:47 PM

oiyadong pasti ibadah dengan tepat waktu :D

Reply
avatar
Muhamad delete May 12, 2017 at 8:11 PM

Thanks mas udah di ingetin

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement