Tuesday, May 2, 2017

5 Ciri Penulisan Artikel Blog Profesional

author photo
5 Ciri Penulisan Artikel Blog Profesional-Blog anda masih sepi pengunjung? Bisa jadi hal itu disebabkan karena artikel blog anda masih dianggap kurang profesional sehingga pengguna internet enggan berkunjung keblog anda.Membaca artikel secara online melalui blog tidak sama dengan membaca buku atau Koran dimana pengunjung ingin mendapatkan informasi secepat mungkin karena memang berselancar didunia maya itu bayar atau tidak gratis apalagi jika menggunakan ponsel yang daya tahan baterainya terbatas.

Artikel Profesional

Gaya penulisan cukup berpengaruh apakah pengunjung memutuskan untuk membaca sampai habis atau langsung tekan tombol close walaupun blog merupakan catatan pribadi bukan berarti bisa menulis seenaknya karena tujuan membuat artikel tentunya biar ada yang membacanya.Apalagi jika blog tersebut anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari intertet kualitas artikel wajib diperhatikan.

Baca juga :
Cara menghindari Pelanggaran Hak Cipta Penulisan Artikel 
Saya Berhenti Menulis Artikel Diary di Blog

Nah…agar artikel yang anda tulis terlihat profesional kali ini saya ingin berbagi tips seputar 5 ciri penulisan artikel blog profesional.Dengan mengetahui ciri-cirinya anda bisa membuat artikel berkualitas.

5 Ciri Penulisan Artikel Blog Profesional


1.Menggunakan Bahasa Indonesia Baku (EYD)
Jika anda mempublikasikan artikel ke blog siapa saja bisa berkunjung ke blog anda sehingga penggunaan bahasa yang baku sangat membantu pengunjung memahami isi artikel yang anda tulis.Hindari penggunaan bahasa gaul karena hanya akan dipahami oleh kalangan tertentu saja.

Contohlah penulisan artikel situs-situs besar seperti detik.com yang selalu menggunakan bahasa baku.Keuntungan lainnya jika anda menggunaksn bahada Indonesia baku blog anda berpeluang mendapatkan pengunjung dari luar negeri karena artikel yang menggunakan bahasa yang baku akan mudah untuk diterjemahkan kebahasa lain.

2.Singkat,Padat,Fokus
Pengunjung blog rata–rata menginginkan artikel yang singkat tapi padat dan fokus pada topik tertentu sehingga dengan waktu singkat bisa memahami apa isi artikel tanpa harus berpikir keras atau bolak-balik membaca.Artikel yang panjang terkadang menyulitkan pengunjung memahami isi artikel apalagi jika pembahasannya bertele-tele dan topiknya kemana-mana.

Namun demikian artikel yang terlalu–pendek misalnya karang dari 300 kata juga tidak disarankan karena mempengaruhi posisi artikel dipencarian kecuali sumber trafik anda bukan dari mesin pencari misalnya dari sosial media.

3.Tulisan Rapi
Tulisan yang rapi berperan besar bagi pengunjung dalam memahami isi artikel.Beberapa aspek dalam membuat atikel agar tampak rapi diantaranya alur(Plot).Biasakan dalam menulis artikel didahului dengan pembukaan,inti artikel dan penutup.Gunakan kata sambung atau koma jika kalimatnya panjang.Jangan lupa unsur SPOK(Subyek,Predikat,Objek,keterangan) dalam kalimat.

Setiap pargraf paling tidak terdiri dari 5 alinea sehingga tidak terlau rapat.Hindari Indent dalam sebuah paragrap tapi rata kekanan.

4.Disertai Grafis Pendukung
Artikel yang bagus adalah artiel yang kaya konten artinya tidak Cuma berisi tulisan tapi dilengkapi dengan konten multimedia seperti gambar atau video.Artikel yang seperti ini sangat disukai pengunjung karena semakin mudah memahami artikel tertuama untuk atikel yang berjenis tutorial.Gunakan gambar atau video yang sesuai dengan topik artikel apalagi kalau buatan sendiri lebih profesional dimata pengunjung.

5.Pemakaian Highlight
Penggunaan highlight dalam artikel cukup membantu pembaca dalam memahami isi artikel.Gunakan bold.italic,warna font atau tanda petik untuk kata-kata yang dianggap penting sehingga menarik perhatian pembaca.Highlight bisa juga digunakan untuk istilah yang tidak baku atau bahasa asing.

Gunakan juga bullet dan numbering jika artikelnya berisi daftar serta warna font tertentu untuk hyperlink(Outbound/inbound).

Demikianlah informasi seputar 5 Ciri Penulisan Artikel Blog Profesional Semoga bisa membantu anda dalam menghasilkan artikel yang berkualitas.Selamat Mencoba!

This post have 11 komentar

avatar
Arriyadh Prayugo delete May 2, 2017 at 11:06 AM

Kalo artikel blog saya sih boro2 mau profesional. Dapet ide dan bisa nulis tiap hari sudah bersyukur banget dah. Yg penting nulis, nanti juga tulisannya bagus sendiri *kataorang

Reply
avatar
Indra DP delete May 2, 2017 at 11:41 AM

aku juga sama seperti mas Arriyadh, dapat ide atau berita bagus ya langsung posting, meski nulisnya masih acakadut yg penting bisa rutin posting sudah bersyukur banget.. hehehe

Reply
avatar
Afrid Fransisco delete May 2, 2017 at 2:18 PM

selain ke 5 tips di atas, apa ada tips lainnya lagi ya pak.

Reply
avatar
el fadli delete May 3, 2017 at 12:05 AM

Sepertinya saya belum mampu memberikan artikel sempurna seperti 5 poin diatas ya mas.. apalagi poin 2, saya suka ngelantur hehe.. tengkiw bnget dah..

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 3, 2017 at 5:56 AM

Ah mas merendah nih padahal tulisannya bagus tuh saya lihat

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 3, 2017 at 5:58 AM

Paling tidak sudah berusaha nanti juga lama lama profesional

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 3, 2017 at 6:00 AM

Ada lagi sih cuma 5 saja dulu deh he he he

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 3, 2017 at 6:02 AM

Berarti mulai sekarang harus fokus dong mas

Reply
avatar
Maya delete May 3, 2017 at 4:09 PM

ini ilmu buat saya, ia blog saya memang masih sepi, mungkin karena tidak mengikuti kriteria yang dusebutkan di atas, terima kasih mas untuk ilmu dan pencerahannya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 4, 2017 at 6:13 AM

Silahkan di coba mba moga trafiknya naik

Reply
avatar
Si Genius delete May 7, 2017 at 11:39 PM

Wah liat 5 ciri ini belum nyangkut satupun, masih semangat untuk terus belajar. Hanya berharap setiap artikel bisa bermanfaat :)

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement