Saturday, May 27, 2017

5 Kebiasaan Saat Berpuasa ini ternyata tidak Dianjurkan

author photo
5 Kebiasaan Saat Berpuasa ini ternyata tidak Dianjurkan-Momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang sedang berpuasa adalah datangnya waktu berbuka puasa karena saat itulah boleh makan dan minum seperti biasanya.Nikmatnya makan /minuman pertama yang disantap begitu terasa pokoknya tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

5 Kebiasaan Saat Berpuasa

Sayangnya terkadang kebahagiaan saat berbuka puasa itu dibarengi dengan kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang masih dilakukan sebagian kaum muslimin dan berlangsung hingga sekarang.Mentang-mentang perut lapar dan haus setelah hampir 14 jam menahan makan dan minum akhirnya kegiatan berbuka puasa menjadi ajang balas dendam apa saja maunya dimakan tanpa memperhatikan nilai-nilai kesehatan.

Baca juga :



Alhasil baru beberapa hari berpuasa gangguan kesehatan mulai datang seperti asam lambung meningkat,panas dalam,sakit teggorokan atau batuk.Hal ini tentu cukup mengggngu kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa.Nah…agar ibadah puasa anda bisa berjalan dengan lancar hingga akhir Ramadhan ada baiknya menghindari 5 kebiasaan saat berpuasa yang tidak dianjurkan berikut ini:

1.Mengkonsumsi Kopi dan Teh Saat Sahur
Ternyata mengkonsumsi kopi/teh saat sahur bisa memicu kuantitas kencing bertambah  dan metabolisme tubuh menjadi lebih cepat sehingga menjadi cepat haus dam tubuh menjadi lemas walaupun efek kopi /teh membuat makan sahur jadi terasa segar.

Hal ini benar-benar saya rasakan karena kebetulan saya suka minum teh saat sahur akhirnya saya ganti dengan minuman hangat sereal atau terkadang susu coklat bubuk hangat sebelum makan sahur.

2.Tidur setelah Makan sahur
Banguan diakhir malam untuk besantap sahur membuat waktu istirahat jadi berkurang terlebih jika tidurnya sampai larut malam hingga menyebabkan rasa kantuk.Tak heran jika sebagian orang memilih untuk tidur lagi setelah makan sahur.

Padahal tidur setelah makan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan karena pada saat makan asam lambung jumlahnya akan meningkat dan jika posisi perut berbaring asam lambung tadi dapat begerak kesaluran cerna bagian atas.

Selain itu posisi berbaring akan menhambat proses pengosongan isi lambung.Normalnya proses itu berlangsung selama 2 jam namun karena prosesnya menjadi lebih lama bisa berakibat gangguan saluran cerna seperti diare atau sembelit.

3.Berbuka puasa dengan Minum es
Mengkonsumsi minuman dingan saat berbuaka puasa akan menyebabkan perut kembung atau terasa penuh karena kerja lambung jadi lebih lambat.Hal ini bsia tejadi karena lambung harus menyesuaikan dengan suhu tubuh terlebih lagi saat bepuasa perut dalam keadaan kosong sehingga lambung akan kaget.

Jika terpaksa meminum minuman dingin sebaiknya jangan terlalu dingin atau menambahkan es batu lebih baik lagi kalau diawali dengan minum air putih tidak dingin barulah mengkonsumsi minuman atau makanan yang lain.

4.Berbuka puasa Makan gorengan
Gorengan temasuk makanan yang tinggi lemak sehingga Makan gorangan bisa meningkatkan kadar lemak dalam tubuh dan bagi yang mengkonsumsinya rentan terhadap serangan batuk dan pengosongan lambung menjadi lebih lambat.Lemak juga akan membuat lambung cepat terisi namun lambat mencernanya akibatnya perut jadi terasa kenyang padahal baru makan sedikit.

Hal ini tentu kurang bagus untuk orang yang baru berbuka puasa karena harus segera mendapatkan nutrisi yang seimbang setelah perut dalam keadaan kosong dalam jangka waktu yang lama.

5. Berbuka dengan yang manis
Ada anggapan sebaiknya berbuka puasa dengan yang manis-manis padahal tidak semua yang manis-manis itu bagus untuk berbuka puasa.Makanan manis yang baik untuk berbuka pausa adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks(complex carbohydrate) seperti kurma bukan yang mengandung karbohidrat sederhana( simple carbohydrate) seperti yang terdapat  pada makanan atau minuman manis.

Mengkonsumsi makanan atau minuman manis yang mengandung karbohidrat sederhana akan membuat kadar gula darah naik drastis karena ketika berpuasa kadar gula akan menurun.Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan.

Demikianlah informasi seputar 5 Kebiasaan Saat Berpuasa ini ternyata tidak Dianjurkan,Semoga bermanfaat untuk kelancaran Ibadah puasa Anda.                                                                           

This post have 3 komentar

avatar
Mas Poniran delete May 27, 2017 at 10:49 AM

poin no 3,4, dan 5 sering saya lakukan mas, habis memang enak sih, tapi kalo sudah tahu begini mulai saya hindari deh

Reply
avatar
Indra Kusuma Sejati delete May 27, 2017 at 6:55 PM

Wah, dah jadi kebiasaan mas untuk buka dan sahur kayanya kalau ga pake kopi ga lengkap. He,,, he,,, he,,,

Reply
avatar
SiGenius delete May 30, 2017 at 9:37 AM

Waduh untuk nomoer 2 saya sulit sekali menghindarinya mas

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement