Thursday, May 25, 2017

5 Komponen Penting Audio Mobil(Car Audio)

author photo
5 Komponen Penting Audio Mobil(Car Audio)-Berkendara mobil tanpa alunan musik rasanya kurang mengasyikkan terlebih lagi jika suara bassnya nendang bisa membuat mata kuat melek.Itulah mengapa setiap produsen (dealer) mobil menyertakan perangkat audio bawaan meskipun kualitas suaranya standar tapi sudah layak untuk sebuah sound sistem mobil.

Audio Mobil(Car Audio)

Bagi pecinta musik sejati bisa jadi suara audio mobil bawaan tersebut belumlah memuaskan sehingga perlu dimodifikasi lagi untuk menghasilkan gebukan bass yang maksimal terlebih lagi sekarang ini teknologi home theater sudah menjadi perangkat hiburan keluarga rasanya kurang lengkap jika mobil belum bisa ber-home theater apalagi head unitnya bisa memutar film.

Baca juga :



Tak heran jika kemudian sebagian pemilik mobil rela merogoh kocek untuk memodifikasi sistem audio mobilnya agar performanya semakin oke.Untuk memodifikasi audio mobil tidaklah mudah dibutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai teknis audio mobil atau jika ingin cara instan menggunakan jasa installer audio mobil(Car Audio).

Namun sebelum membawa mobil anda untk dimodifikasi sistem audio mobilnya ada baiknya anda mengetahui 5 komponen penting audio mobil(Car Audio) sehingga anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk memodifikasi audio mobil anda.Penasaran apa saja komponen-komponen tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

5 Komponen Penting Audio Mobil


1.Head Unit
Head unit merupakan pengatur sistem atau otaknya audio mobil dan sebuah head unit yang bagus mampu memperkecil problem kebisingan pada sistem audio mobil dan instalasinya mudah.Head unit terkini dibuat makin lengkap fungsinya seperti DVD player,CD Player,USB player,Bluetooth,Wifi atau Layar LCD.Head unit pada penggunaannya umumnya dilengkapi dengan cross over dan equalizer.

2.Speaker
Penempatan speaker pada audio mobil umumnya diletakkan dibagian pintu atau bagasi.Impedansi speaker audio mobil dikisaran 4 ohm sedangkan ukuran speaker yang bisa diterapkan antara 4 inch hingga 12 inch dengan daya output antara 35 watt hingga 250 watt namun kebanyakan head unit bawaan dayanya hanya dikisaran 35 Watt dan menggunakan speaker fullrange.

Untuk memperkuat nada rendah pemilik mobil perlu menambahkan kotak speaker khusus untuk sub woofer yang diletakkan dibagasi.

3.Amplifier
Amplifier pada sistem audio mobil menghasilkan power ekstra untuk menggerakan membran speaker karena amplifier bawaan dari head unit biasanya daya outputnya kecil sehingga tidak akan mampu menggerakan driver subwoofer ratusan watt.Amplifier audio mobil terdiri atas amplifier 1 kanal (monoblook) 2 kanal atau 4 kanal dimana kanal-kanal tersebut digunakan untuk menggerakan driver speaker sesuai degan jumlah kanalnya jika 4 kanal maka akan menggerakan 4 speaker.

4.Listrik
Sistem kelistrikan mobil kebanyakan dihubungkan dengan sasis mobil khususnya untuk tegangan negatif dimana setiap body mobil memiliki kemampuan berbeda dalam menghantarkan listrik.Itulah mengapa dalam sebuah sistem audio mobil diperlukan kestabilan tegangan dalam sistem modulasi tegangan melalui kapasitor yang cocok supaya tak terjadi penumpukan tenaga yang bisa menghantarkan panas.

5.Kabel
Tanpa kabel sebuah sistem audio mobil takkan bekerja sehingga kabel memiliki peran yang penting karena menghubungkan setiap sistem yang ada di audio mobil seperti dari head unit ke amplifier atau dari amplifier kespeaker.Kabel dalam audio mobil ada yang berupa kabel tunggal ada pula yang ganda yang memiliki karakteristik tersendiri.

Kabel tunggal lebih cocok digunakan untuk menghantarkan arus besar di bagian power sedangkan kabel ganda untuk menghubungkan amplifier kespeaker.Kabel yang baik dibuat dengan tahanan seminilmal mungkin sehingga mampu meneruskan sinyal audio yang masih lemah untuk dikuatkan ke bagian amplifier.

Sampai disini dulu pembahasan seputar 5 Komponen Penting Audio Mobil(Car Audio) dan kunjungi selalu mediakompilasi.com untuk informasi seputar audio mobil lainnya.Semoga bermafaat!

1 komentar:

avatar
Hendra Suhendra delete May 26, 2017 at 1:59 AM

Wah ini mah saya banget mas, rasanya traveling numpak mbin, kurang lengkap tanpa musik, kalo udah gini biasanya muncul kenangan bersama alunan musiknya...

Saya nyicil home theater nya aja dulu mas, mobilnya belakangan

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement