Thursday, May 11, 2017

5 Menu Sayuran Terbaik Buka Puasa

author photo
5 Menu Sayuran Terbaik Buka Puasa-Apa makanan favorit anda saat berbuka puasa? Kolak,Es buah ataukah gorengan.Memang makanan tersebut cukup mengenyangkan bisa jadi membuat selera makan nasi anda jadi berkurang alias sudah kenyang duluan.Padahal asal tahu saja makanan tersebut belumlah memenuhi kecukupan gizi tubuh anda setelah sekian lama dari Subuh hingga Magrib menahan lapar dan haus.

Tumis kangkung

Mengkonsumsi makanan yang bisa membantu menjaga kondisi tubuh sangat diperlukan saat dibulan puasa selama 30 hari jika tidak anda beresiko terkena gangguan kesehatan seperti sakit Maagh,kekurangan vitamin,sakit kepala,Susah BAB atau panas dalam.

Baca juga :


Salah satu menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah menu sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan karena menu tersebut merupakan sumber terbaik serat dan vitamin sedangkan kacang-kacangan merupakan sumber protein.Selain itu sayuran hijau dan kacang-kacangan gampang dicerna oleh tubuh tentu ini bagus karena organ penceranaan tidak perlu kerja keras untuk
mencerna makanan tersebut.

Cara pengolahan terbaik adalah dengan ditumis atau dibuat sayur dimana waktu pengolahannya jangan terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.Saya mencatat ada 5 Menu sayuran Terbaik buka puasa yang bisa anda jadikan menu harian selama menjalankan ibadah puasa.

Menu-menu tersebut pengolahannya cukup mudah dan untuk masalah rasa mungkin kalah dengan menu sayuran bersantan tapi demi kesehatan sudah saatnya anda membiasakan menu-menu tersebut jika ingin nikmat bisa dipadukan dengan sambal atau ditambah cabe.

5 Menu Sayuran Terbaik Buka Puasa   


1.Sayur Asam
Menu sayuran ini merupakan kombinasi dari beberapa jenis sayuran seperti kacang panjang,kacang tanah,daun melinjo,melinjo,labu siam atau jagung ada pula yang menambahkan kol,pepaya muda atau terong.

Kuahnya terasa nikmat dan menyegarkan karena terbuat dari bumbu-bumbu seperti bawang merah,bawang puith,cabe,lengkuas,asam bahkan ada pula yang menambahkan terasi atau kemiri.

2.Sayur bening Bayam
Meskipun menu sayuran ini sangat sederhana namun kandungan gizinya dan manfaatnya luar biasa.Bayam mengandung zat besi Fe2+ yang relatif lebih besar dibandingkan sayuran hijau lainnya sehingga cocok sekali bagi penderita anemia.,Protein,Lemak,Karbohidrat,serat,Kalsium,Fosfor,Vit A,B1 dan C.

Bayam dipercaya mampu melawan sel kanker,memperkecil resiko penyakit jantung,Menurunkan temanan darah tinggi,mencegah diabetes,mencegah anemia,meningkatkan kualitas penglihatan dan lain-lain.

Sayur bening bayam akan semaklin bergizi jika dikombinasikan dengan wortel dan jagung manis.Pengolahannya cukup mudah tinggal menambahkan air,bawang merah serta kencur dan bumbu penyedap.Bahkan tanpa kencurpun tidak mengapa.

Sebagai catatan yang perlu anda ingat dalam pengolahannya sebaiknya menggunakan bayam segar hindari meggunakan bayam yang disimpan dalam lemari pendingin karena kadar nitrit didalamnya akan meningkat jika terlalu lama dismpan dalam lemari pendingin .

3.Tumis Kangkung
Siapa yang tak kenal kelezatan tumis/Cah Kangkung cocok sekali disantap bersama nasi hangat.Tumis kangkung rasanya akan semakin nikmat dan kaya akan kandungan protein jika dipadukan dengan seafood seperti udang atau ebi bisa juga ditambahkan tempe atau telur puyuh.

Kekuatan rasanya ada pada bumbu seperti bawang merah,bawang putih,tomat,cabe merah/keriting,jahe ,daun salam,terasi dan saos tiram.Kangkung mengandung kalsium,zat besi,protein,vit A,B1,C.

4.Tumis Kacang Panjang
Menu sayuran berikutnya yang patut anda pilih adalah tumis kacang panjang karena kandungan gizinya bagus untuk kesehatan seperti protein,karbohidrat,kalsium,fospor,Zat besi,Vitamin A,B1,dan C.

Cara mendapatkannya juga cukup mudah karena hampir sebagian besar pasar tradisional atau tukang sayur menjual kacang panjang.Dalam penyajiannya agar terasa nikmat tumis kacang panjang bisa dipadukan Udang,tempe,jamur bakso,taoge,tahu atau telur.

Bumbunya juga mudah ditemukan seperti bawang merah bawang putih cabe garam gula jahe atau lengkuas.Hanya saja ketika membeli pilihlah yang segar jika tidak terkadang ada ulatnya.

5.Tumis Buncis
Menu sayuran terbaik terakhir untuk buka puasa adalah Tumis Buncis Kenapa memilih Buncis?karena memang sayuran ini kaya akan protein,karbohidrat,kalsium,fosfor,zat besi,Vitamin A,B1,dan C .

Dalam pengolahnnya tumis buncis bisa ditambahkan jagung muda(baby corn),jagung manis dan wortel sedangkan untuk menambah kandungan protein bisa ditambahkan juga tahu,cumi,udang,daging ayam atau telur(Orak arik)

Demikianlah informasi seputar 5 Menu Sayuran Terbaik Buka Puasa Mudah-mudahan bermanfaat khususnya saat menjalankan ibadah puasa sehingga tidak menemui kendala hingga akhir Ramadhan.


*Sumber Gambar : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/79/Tumis_kangkung.JPG

This post have 3 komentar

avatar
Ikrom Zayn delete May 11, 2017 at 11:40 AM

aku paling suka tumis kangkung, apalagi sama tempe penyet, duh pingin segera puasa

Reply
avatar
el fadli delete May 11, 2017 at 11:51 AM

baca judulnya jadi inget puasa.. udah deket ya mas, kalau saya suka sayur capcay campur lodeh jika berbuka puasa, sayang ga termasuk diatas..

Reply
avatar
Mangs abdul delete May 12, 2017 at 8:02 AM

sudah siap sipa nih mad dwi menata menu buka puasa

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement