Tuesday, May 30, 2017

7 Amalan Mudah Memperbanyak Pahala dibulan Ramadhan

author photo
7 Amalan Mudah Memperbanyak Pahala dibulan Ramadhan-Tahukah anda kalau ibadah puasa itu ibadah yang spesial? Bagaimana tidak jika amalan lain selain puasa adalah untuk diri yang mengamalkannya tapi puasa adalah untuk Allah SWT bahkan Allah menjanjikan barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.

Majlis Dzikir

Mengingat begitu besarnya keutamaan berpuasa dibulan Ramadhan sudah selayaknya umat muslim mengiringi ibadah puasa dengan memperbanyak kebajikan dibulan Ramadhan terlebih lagi disepuluh hari yang terakhir karena didalamnya terdapat malam Lailatul qodar.

Baca Juga :



Jika anda cermati sebenarnya dalam Islam banyak sekali amal kebajikan yang cukup mudah untuk mengamalkannya mungkin anda tidak akan sanggup untuk melakukan semuanya.Alangkah ruginya jika pada bulan puasa Ramadhan ini anda tidak memperbanyak amal kebajikan tersebut.

Nah..pada kesempatan yang baik ini izinkanlah saya berbagi informasi seputar 8 Amalan Mudah memperbanyak pahala dibulan Ramadhan.Berikut ini ulasan selengkapnya :

1.Mengerjakan Sholat Sunnah
Sholat sunnah adalah sholat yang jika diamalkan akan mendapatkan pahala tapi jika ditinggalkan tidak berdosa.Sholat sunnah ada yang terikat dengan sholat wajib seperti sholat sunnah rawatib(sebelum atau sesudah sholat wajib) ada pula yang terikat dengan waktu-waktu seperti sholat Dhuha,Tarawih/witir.

Meskipun hanya sholat sunnah namun keutamaannya cukup besar misalnya saja sholat sunnah Fajar(sebelum subuh) dalam sebuah hadist diriwayatkan,”Dua Rakaat sunnah fajar itu lebih baik dari pada dunia berikut isinya”.

2.Berdzikir Pagi Sore
Berdzikir merupakan amalan untuk mengingat dan menyebut nama Allah dan dalam Alquran banyak ayat ayat yang memerintahkan untuk berdzikir.Ada bacaan dzikir yang bisa dibaca kapan saja adapula yang lebih afdol dibaca diwaktu-waktu tertentu seperti pagi dan petang(sore) sehingga dikenal bacaan dzikir pagi dan petang.

Contoh bacaan dzikir yang dibaca pagi dan petang ; Ayat kursi,Surat Al Ikhlas 3x,Al Falaq 3x,An Naas 3x dan masih banyak lagi.Jika anda belum hafal silahkan baca kitab Hisnul Muslim Karya Said bin Ali bin Wahf AL-Qothoni.

3.Membaca Alquran
Membaca Al Quran merupakan amalan yang dianjurkan oleh Nabi SAW dan tercantum didalam banyak hadist bahkan meskipun bacaannya tertatih-tatih tetap mendapatkan dua pahala apalagi yang mahir membacanya akan bersama para malaikat yang mulia dan taat.

Dalam membaca Al Quran dianjurkan untuk dilakukan secara istiqomah/terus menerus meskipun hanya beberapa ayat dari pada sekaligus tapi dihari-hari berikutnya tidak memabca lagi.

4.Menghadiri Majlis Dzikir
Majlis Dzikir adalah berkumpulnya suatu kaum dalam rangka mengingat Allah SWT.Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA,Rasulullah Besabda,’Tidaklah duduk suatu kaum untuk berdzikir kepada Allah SWT melainkan para malaikat memayungi mereka dan rahmat meliputi mereka dan ketenangan turun kepada mereka dan Allah Membanggakan mereka dihadapan malaikat yang ada disisi-Nya.”(HR.Muslim)

Dibulan Ramadhan ini seringkali diadakan pengajian(kuliah/taklim/Kultum) baik dipagi hari maupun sore hari yang bisa anda hadiri untuk mendapatkan keutamaan majlis dzikir ini.

5.Menyebarkan Salam
Tahukah anda amalan yang paling baik dalam Islam salah satunya adalah mengucapkan salam kepada orang yang kenal atau tidak.Dengan salam umat muslim akan saling mengasihi.Meski mengucapkan salam sangat mudah namun kenyataannya amalan ini sudah jarang dilakukan umumnya diucapakan hanya ketika masuk rumah orang lain.

Padahal tidak hanya sebatas itu bertemu saudara sesama muslim dijalan dianjurkan mengucapkan salam,orang yang naik kendaraan mengucap salam kepada yang berjalan,Orang yang berjalan mengucapkan salam kepada yang duduk,Anak kecil mengucap salam kepada yang besar,mendatangi majlis dianjurkan mengucapakan salam.

6.Berbuka Puasa dengan Kurma
Salah satu amalan yang dianjurkan saat berbuka puasa adalah mengkonsumsi kurma jika tidak ada barulah dengan air.Jika anda berbuka puasa dengan kurma lalu diniatkan untuk mengikuti petunjuk Nabi SAW Insya Allah akan mendapatkan pahala.

Buah Kurma meskipun bukan dari Indonesia namun saya pikir cukup mudah mendapatkannya mulai dari kaki lima,supermarket atau secara online jadi tidak ada alasan sulit untuk mendapatkan buah kurma.

7.Memberikan Makan orang yang berpuasa
Mau dapat pahala puasa dobel? Berilah makanan/minuman ke orang yang berpuasa untuk buka puasa maka anda akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang sedang berpuasa tersebut.

Bahkan dalam sebuah hadist disebutkan bahwasannya jika sebuah rumah disinggahi orang yang berpuasa dan makan disana maka malaikat akan memohonkan ampunan kepada pemilik rumah.

Semoga informasi tentang 7 Amalan Mudah Memperbanyak Pahala dibulan Ramadhan diatas bisa menginsprasi anda untuk berbuat amal kebajikan.

This post have 11 komentar

avatar
SiGenius delete May 30, 2017 at 9:35 AM

Semoga Ramadhan tahun ini menjadi ladang amal, membuat pribadi menjadi lebih baik lagi. Terimakasih inspirasinya mas

Reply
avatar
Maman Achman delete May 30, 2017 at 8:01 PM

Amalan yang bisa mendekatkan diri padfa Illahi terlebih di bulan suci Ramadan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 31, 2017 at 4:22 AM

Semoga kita bisa mengamalkannya semua AAMIIN

Reply
avatar
mas prastiyo delete May 31, 2017 at 9:02 AM

Kalo bisa amalan-amalan yang bisa mendatangkan pahala, senantiasa dikerjakan bukan hanya pada saat bulan puasa,

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 31, 2017 at 9:56 AM

Nah itu sebenarnya tujuan puasa menjadi orang yang bertaqwa

Reply
avatar
Mangs abdul delete May 31, 2017 at 9:59 AM

Pokonya ramadan ini ladang pahala ya mas. semoga ibadah puasa kita ini sukses.
sukses bikin jadi taqwa.aamiin.

Reply
avatar
Mangs abdul delete May 31, 2017 at 9:59 AM

ia betul bulan ramadan sebagai latihan ya mas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete May 31, 2017 at 10:04 AM

Rugi mas kalau sampai terlewat ibadahnya meskipun hanya sunnah

Reply
avatar
Dedy Akas delete May 31, 2017 at 2:18 PM

Amalannya tidak terlalu berat-berat amat ya Mas, tinggal dijalanin, karena ini bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah... :D

Reply
avatar
Vanisa Desfriani delete June 3, 2017 at 10:34 AM

waah, terimakasih banyak sudah di ingatkan :)

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement