Sunday, May 28, 2017

7 Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan

author photo
7 Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan-Apakah anda kebagian tempat saat sholat tarawih dihari pertama? Saya yakin masjidnya/musolla penuh dengan jamaah.Saya sendiri merasakannya bahkan hampir setiap memasuki bulan Ramadhan selalu begitu sholat tarawih bahkan sampai dihalaman Masjid akibat penuhnya jamaah.

7 Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan

Begitu pula tahun ini jamaah penuh sesak tapi untungnya Masjid tempat saya sholat tarawih diperluas menjadi 2 lantai sehingga masih kebagian tempat dalam masjid meski dilantai 2.Itulah salah satu fakta unik jika sudah memasuki bulan Ramadhan.Bagi umat muslim bulan Ramadhan memang bulan spesial karena keutamaan bulan ramadhan yang cukup banyak salah satunya amal ibadah dilipat gandakan pahalanya.

Baca juga :



Wajar jika kemudian umat muslim bersemangat menjalankan ibadah dibulan Ramadhan namun dibalik itu muncul fakta unik yang hanya ada dibulan Ramadhan dan suka atau tidak fakta itu memang benar-benar terjadi.Penasaran apa s-ajakah fakta unik tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1.Jamaah Masjid Penuh Diawal Ramadhan
Seperti yang sudah saya singgung diawal jamaah sholat tarawih diawal-awal bulan Ramadhan selalu penuh begitu juga dengan sholat subuhnya bahkan terkadang DKM harus menyediakan tempat tambahan diteras masjid dengan menggelar karpet.

Fenomena ini sudah menjadi kejadaian yang sudah biasa terjadi dan hampir sebagian besar kaum muslimin dari berbagai kalakangn mulai dari bapak-bapak,ibu-ibu,remaja hingga anak-anak semuanya tumpah ruah ke Masjid.

2.Sholat Tarawih 2 Gelombang
Sejak dulu umat muslim di Indonesia memiliki perbedaan pendapat soal jumlah rokaat sholat tarawih ada yang 11 Rakaat ada pula yang 23 Rakaat.Meskipun ada perbedaan pendapat namun umat muslim menanggapinya dengan bijak dan saling menghormati.

Perbedaan itu semakin kentara jika Masjid/musolla mengikuti tata cara sholat tarawih 23 Rakaat karena biasanya jamaah yang biasa sholat 11 rakaat akan meninggalkan sholat tarawih pada rokaat ke 8 sehingga menimbulkan shaf-shaf kosong yang ditinggalkan jammah tersebut.Mau tidak mau Imam harus mengatur barisan shaf kembali.-

Makanya jangan heran jika menemukaan Masjid yang sholat tarawih masih berlangsung tapi sebagian jamaahnya sudah pulang duluan karena ada 2 gelombang

3.Sholat Tarawih Super cepat
Entah sejak kapan Imam shlat Taeawih selalu mempercepat bacaannya sehingga kesannya ngebut namun sampai sekarang hal itu masih terjadi.Uniknya jamaah justru senang kalau sholat tarawihnya cepat selesai walaupun tidak semua imam begitu ada pula yang bacaannyha biasa saja atau lebih tartil.

Uniknya lagi mempercepat bacaan sholat hanya dilakukan pada sholat tarawih saja sedangkan  sholat wajibnya tidak.

4.Masjid Penuh Kegiatan
Jika dihari-hari biasa Masjid hanya digunakan untuk sholat wajib itupun jamaahnya lebih banyak yang hadir jika sholat jumat,Maghrib dan Isya saja sehingga kesannya sepi bahkan terkadang sampai azannya terlambat tapi jika memasuki bulan Ramadhan Madjid selalu diramaikan dengan aktivitas ibadah wajib dan sunnah.

Bayangkan setekah sholat subuh ada kuliah/pengajian subuh,pagi hari Tadarus Alquran Ibu-ibu sore hari ada buka besama,malam hari ada sholat tarawih dan tadarus Alquran Bapak-bapak serta Membangunkan orang sahur ketika waktu sahur.

5.Buka Bersama Di Masjid Kurang tepat Sasaran
Hampir sebagian besar Masjid selalu mengadakan buka besama termasuk diperumahan-perumahan dimana warga bergotong royong(ditarik iuran) menyediakan makan takjil untuk kegiatan buka bersama dimasjid.Buka bersama sebenarnya bagus jika memang diikuti oleh orang-orang yang berpuasa karena
ada keutamaan memberikan makan kepada orang untuk berbuka puasa.

Sayangnya dari pengamatan saya di sebuah Masjid diperumahan saya terkadang buka bersama tidak hanya dikuti orang yang berpuasa banyak juga anak-anak yang tidak puasa ikut berbuka puasa bahkan terkadang sampai makanan takjilnya berlebih.

Hal ini menurut saya kegiatan buka bersama jadi kurang tepat sasaran alangkah baiknya jika makanan takjil tersebut diberikan kepada mereka yang memang puasa dan lebih berhak misalnya kepada warga yang kurang mampu.Walaupun tidak semua masjid seperti itu namun hal ini bisa menjadi catatan bagi DKM agar acara berbuka puasa bisa lebih tepat sasaran.

6.Jamaah Masjid berkurang pada 20 hari terakhir Ramadhan
Masjid ramai di awal Ramadhan itun sudah hal biasa tapi jika terus ramai hingga akhir Ramdhan itu baru luar biasa karena faktanya pada 3 minggu menjelang lebaran atau 20 hari biasanya jamaah sholat tarawih/subuh yang biasanya ramai lama-lama semakin berkurang apalagi menjelang Lebaran.

Hal ini bisa menunjukkan jamaah belum istiqomah dalam menjalankan ibadah dibulan Ramadahan,hanya semangat diawalnya saja tapi loyo dibelakang hari.Semoga saya bisa tetap istiqomah dalam menjalankan ibadah dibulan puasa tahun ini.

7.Pengeluaran Semakin besar
Puasa Ramadhan sejatinya melatih diri agar peka terhadap kaum duafa namun sayangnya begitu waktu berbuka puasa tiba lupa semuanya,semua makanan maunya dibeli dari makanan takjil,es buah,gorengan makanya wajar jika kebutuhan untuk makan justru semakin banyak sehinga pengeluaran juga semakin banyak.Makan maunya yang enak-enak walaupun itu sah-sah saja toh duit-duit mereka tapi makna puasa jadi semu atau tidak berefek sama sekali bahkan cenderung boros.

Bagaimana dengan anda apakah 7 Fakta Unik Seputar Bulan Ramadhan diatas juga terjadi di daerah anda atau pada anda sendiri? Semoga kita semua diberi kekuatan untuk selalu istiqomah dalam menjadikan ibadah dibulan Ramadhan Aaamiin.

This post have 4 komentar

avatar
Mas Poniran delete May 28, 2017 at 10:12 AM

memang yang terjadi seperti yang mas dwi katakan, bahkan saya juga mengalaminya sendiri

Reply
avatar
Arizuna Zukirama delete May 29, 2017 at 3:47 AM

Mirip on the spot ya, Mas. Pake angka 7 gitu hehe...

Reply
avatar
Indra Kusuma Sejati delete May 29, 2017 at 5:25 AM

dari semua keunikan tersebutlah di situ terdapat berlimpahnya Rahmad Illahi yang bertaburan di atas permukaan bumi ini ya mas. Tidak pandang kaum dan kasta serta etinis semuanya dapat merasakan Rahmad Nya. Tinggal untuk mencapai ke Ridhoan Illahilah yang menjadi kunci yang mengahntarkan nilai ibadah yang di dapat dari setiap yang kita lakukan di bulan Ramdhan yang penih hikmah ini.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement