Tuesday, May 9, 2017

Cara Menghubungkan Equalizer Ke Amplifier Dengan Benar

author photo
Cara Menghubungkan Equalizer Ke Amplifier Dengan Benar-Equalizer menjadi salah satu pilihan bagi para audiophile (Penggemar audio/Musik) agar kualitas suara yang dihasilkan dari pengeras suara atau amplifier enak didengar.Hal ini beralasan karena memang Equaliser (EQ) berfungsi sebagai filter sinyal audio input yang mampu mengubah(Melemahkan/memperkuat) respon frekuensi dalam sebuah sistem audio.

Cara Menghubungkan Equalizer Ke Amplier

Namun demikian bukan berarti perangkat audio tanpa equalizer misalnya dengan tone control hasilnya jelek.Equlizer hanya meyempurnakan sinyal audio yang ada sehingga suaranya lebih detail karena frekuensi audionya bisa diatur sedemikian rupa bahkan hingga 32 chanel pengaturan.Apalagi jika sistem audio (Sound sistem) tersebut digunakan untuk audio lapangan/panggung yang powernya besar tanpa pengaturan frekuensi yang detail bisa–bisa suara yang dihasilkan hanya memekakkan telinga saja.

Baca juga :
¹ Pengertian Equalizer dan Contoh Produknya
² 5 Perangkat Home Audio Paling Dicari 2017
³ 6 Perangkat Home Karaoke Profesional

Faktanya coba anda dengarkan suara pada pertunjukan musik meskipun powernya besar hingga ribuan watt toh penonton yang ada didepan panggung masih bisa enjoy menikmati pertunjukan musik itulah salah satu kelebihan jika menggunakan Equalizer.Lantas apakah dengan demikian Equalizer hanya cocok untuk sistem audio lapangan/panggung?

Tidak juga buktinya studio musik yang powernya tidak terlalu besar kerap menggunakan piranti Equalizer ini.Jadi jika anda ingin menggunakan Equalizer untuk peralatan home audio dirumah anda justru itu lebih baik walaupun anda harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli piranti equalizer namun anda akan puas menikmati musik dengan hasil terbaik.

Saya ingin membeli equalizer tapi bingung menghubungkannya dengan Amplifier? Mungkin anda akan bertanya demikian.Memang untuk hasil terbaik,equalizer memerlukan instalasi/setting tertentu jadi tidak asal pasang.Nah…pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar cara menghubungkan equalizer ke Ampilifier dengan benar.

Cara Menghubungkan Equalizer Ke Amplifier


Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika akan menghubungkan equalizer ke ampilifer:

1.Jika sistem audio yang anda miliki menggunakan pre ampilifier/tone control terpisah dengan ampifiernya bukan yang integrated amplifier maka instalasinya sebagai berikut output dari pre ampilier diumpankan ke input equalizer kemudian output dari equalizer diumpankan ke power Amplifier.

2.Jika sistem audio anda merupakan penguat terintegrasi (Integrated amplifier) atau pre amplifier dan power amplifier dalam satu unit maka yang bisa anda lakukan adalah menggunakan line pre out dan main in maksudnya line pre out diumpankan ke input Equalizer kemudian output Equalizer dimasukkan ke line  main in.

Bagaimana jika saya ingin menghubungkan ke speaker aktif? Rata-rata speaker aktif menggunakan penguat terintegrasi namun jarang sekali speaker aktif menyediakan line pre out atau main in sehingga satu-satunya cara adalah menghubungkan output Equalizer ke input speaker aktif dan akibatnya sinyal masukan dari DVD player masuk dulu ke EQ ini tentu tidak disarankan.Selain itu speaker aktif juga sudah built in mic,usb player dan radio FM jadi cara tersebut tidak akan berfungsi.

3.Jika sistem audio anda menggunkan MIXER maka output dari mixer diumpankan ke input Equalizer kemudian output EQ dimasukkan ke power amplifier atau jika anda memiliki cross over aktif sebelum diumpankan ke powe amplifier output EQ dimasukkan ke input Cross Over aktif barulah outputnya dimasukkan ke amplifier.

Demikianlah informasi seputar Cara Menghubungkan Equalizer Ke Amplifier Dengan Benar semoga bermanfaat untuk anda Terima kasih atas kunjungannya.Jangan lupa share jika bermanfaat.

*Sumber Gambar : https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e9/OldSchoolRack.jpeg

This post have 3 komentar

avatar
Mangs abdul delete May 9, 2017 at 11:02 AM

cara yang cukup bermanfaat mas dwi. kalo sampe salah bisa jadi masalah baru nih.

Reply
avatar
Maya delete May 9, 2017 at 8:10 PM

sepertinya saya memilih panggil ahlinya aja deh, takut juga kalau salah pasang, bukannya enak dudengar malah jadi pusing karena malah rusak hehe

Reply
avatar
Indra DP delete May 10, 2017 at 7:01 AM

waduh, gak bisa komentar banyak mas, sepertinya kalau masalah audio aku kurang begitu paham

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement