Saturday, May 13, 2017

Cross Over Adalah Perangkat Pemisah

author photo
Cross Over Adalah Perangkat Pemisah-Tahukah Anda Jika sebenarnya speaker memiliki keterbatasan lebar frekuensi(Frekuensi range)? Misalnya saja speaker woofer lebih cocok untuk memproduksi nada bass frekuensi rendah,Speaker Midrange untuk nada menengah dan Speaker tweeter untuk nada tinggi atau treble.Itulah mengapa sebuah speaker akan memilki suara yang bagus jika menggunakan ke-3 jenis speaker tersebut.

Cross Over
Cross Over Pasif,Gambar Tokopedia
Faktanya meskipun sebuah speaker terdiri atas woofer-Midrange-tweeter belumlah cukup pasalnya output dari amplifier frekuensinya masih bercampur sehingga speaker yang seharusnya lebih cocok untuk nada bass tapi dipaksa untuk memproduksi nada tinggi begitu sebaliknya.

Jika anda seorang Audiophile(Pecitnta Musik) sejati tentu menjadi masalah tersediri karena kualitas seauranya kurang maksimal.Untungnya sejak dulu para desiner audio sudah merancang perangkat/rangkaian yang mampu memisahkan nada-nada yang masih bercampur aduk tersebut yang lazim disebut Cross Over (CO).

Baca juga :
Cara Menghubungkan Equalizer ke Amplifier Dengan Benar
Pengertian Equalizer Dan Contoh Produknya

Dari gambaran diatas bisa ditarik kesimpulan Cross over adalah Sebuah perangkat/alat yang mampu memisahkan/memfilter frekuensi audio menjadi beberapa band(frekuensi) audio berlainan yakni frekuensi tinggi,menengah dan rendah yang nantinya akan diteruskan ke amplifier atau speaker.

Jenis-Jenis Cross Over


Berdasarkan konstruksinya Cross Over terbagi menjadi 2 jenis yaitu:

1.Cross Over Pasif
Dinamakan cross over pasif karena memang tersusun dari komponen elektronika pasif dan fungsinya juga bersifat pasif seperti kapasitor (C) atau Lilitan (L) sehingga tidak membutuhkan catu daya tersendiri untuk mengoperasikannya.Prinsip kerja dari Cross Over pasif ini memanfaatkan sifat  dari kapasitor dan Lilitan misalnya saja jika kapasitor dilalui arus AC akan terjadi induksi sehingga frekuensi tinggi akan sulit melewatinya sedangkan pada Lilitan justru sebaliknya jika dilalui arus AC frekuensi tinggi mudah melewatinya.

Dalam penerapannya cross over pasif diletakkan sesudah amplifier,biasanya disatukan dengan kotak speakernya namun tidak selamanya setiap speaker menggunakan cross over aktif ada juga yang menggunakan cross over aktif.

2.Cross Over Aktif
Dinamakan cross over aktif karena tersusun atas komponen-komponen aktif atau semikonduktor seperti IC.Kelebihan dari Cross over ini adalah penguatan tiap-tiap band frekuensi bisa diatur tresendiri sehinga suaranya lebih detail namun tidak seperti cross over pasif yang bisa langsung dipasang ke speaker,masing-masing output dari cross over pasif harus diumpankan dulu ke power amplifier jadi jika cross overnya 3 Way maka butuh 3 Amplifier.

Cross over aktif merupakan sebuah perangkat terpisah yang memiliki catu daya sendiri sehingga harganya juga lebih mahal dibandingkan cross over pasif.

Demikianlah informasi tentang Cross over adalah perangkat Pemisah mudah-mudahan bisa menambah wawasan anda seputar dunia Audio pada umumnya,Terima kasih sudah berkunjung.

This post have 5 komentar

avatar
Maman Achman delete May 13, 2017 at 9:28 AM

Dengan memahami arti Cross Over ini para pecinta musik akan dapat menikmati alunan musik dengan penuh sensasi ya mas, hehe...

Reply
avatar
Indra DP delete May 13, 2017 at 12:42 PM

gak cuma di film kamen rider aja ada istilah crossover, dalam ilmu audio pun juga ada.. sipp nambah wawasan lagi. thanks mas :D

Reply
avatar
Anisayu Nastutik delete May 13, 2017 at 2:03 PM

Jadi cross over itu untuk pemisah
Dari tinggi, sedang dan rendah

Pantas jika berbunyi bikin terperangah
Suara jadi indah

Reply
avatar
Maya delete May 13, 2017 at 2:44 PM

cros over ini digunakan untuk pengaturan suara ya, agar suara yang dihasilkan lebih sedap ditelinga

Reply
avatar
Mang Lembu delete May 14, 2017 at 12:12 PM

o...ternyata suara audio yang seolah-olah terpisah-pisah terdengarnya ketika saya karaokean di ruang atas rumah saya teh dipisahkannya oleh yang disebut dengan Cross Over, baru ngeh deh

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement