Monday, May 8, 2017

Pengertian Equalizer dan Contoh Produknya

author photo
Pengertian Equalizer dan Contoh Produknya-Dalam Sebuah sistem home audio lebih banyak didominasi oleh perangkat Integrated Ampifier yang mana dalam pengaturan frekuensinya hanya mengandalkan pengaturan Bass dan treble untuk nada rendah dan tinggi.Speaker aktif termasuk perangkat yang menggunakan sistem ini.

Pengertian Equalizer
Equalizer Behringer,Credit

Padahal secara teori setiap bunyi alat-alat musik atau vokal memiliki frekuensi tersendiri sehingga sebagus apapun sebiuah perngkat Integrated amplifier atau speaker aktif tidak akan terdengar secara detail atau jelas karena pengaturan nadanya hanya terbatas pada bass dan treble saja.Itulah mengapa sebuah amplifier yang bagus memerlukan perangkat yang mampu mengatur frekuensi sedetail mungkin.

Baca juga :
5 Perangkat Home Audio Paling Dicari 2017
6 Perangkat Home Karaoke Profesional

Perangkat elektronik yang dimaksud adalah Equalizer (EQ) atau Penyeragam grafik.Jika anda pernah berkunjung ke Studio musik anda bsia menemukan perngkat ini atau sudah lazim digunakan oleh sebuah sound sistem lapangan/panggung.Lalu sebenarnya apa pengertian Equalizer dan seperti apa produknya?

Pengertian Equalizer dan Contoh Produknya


Menurut kamus istilah Audio Video,Equalizer adalah Piranti yang terdiri atas filter yang bisa diatur dan mampu mengubah respon frekuensi dalan sebuah sistem audio.Selain itu equalizer juga mampu memperbaiki kelainan respon frekeuensi dalam amplifier dan menyesuaikan balance nada rekaman.

Dalam prakteknya jika ingin menggunakan Equalizer yang menghasilkan output yang bagus memerlukan pengaturan tertentu artinya tidak semua Integrated Ampifier/Speaker aktif cocok disandingkan dengan equalizer ini sehingga wajar jika umumnya Sistem home audio jarang yang menggunakan Equalizer.

Dalam melakukan pengaturan frekuensi bisa dilakukan melalui tuas-tuas geser yang jumlahnya antara  4 sampai 32 tuas/Band dimana setiap tuas memiliki kegunaan untuk menonjolkan atau melemahkan jalur-jalur frekuensi sempit,jika digeserkan keatas akan memperjelas jalur frekuensi begitu pula sebaliknya jika kebawah akan melemahkan jalur frekuensi.

Contoh produk Equalizer : Behringer EQ 700,Targa 15 Bandx2 EQ,PEQ 215 Megavox Black Spider,DBX 231 31 ch,DOD 231.

Meskipun penggunaan Equalizer dipercaya akan melakukan proses isyarat/input menjadi lebih baik namun sebagian audiophile menganggap penggunakan Equalizer hanya memperburuk kualitas suara alasannya isyarat/sinyal input harus melewati sesedikti mungkin perangkat.Pilihan tentu ada pada penikmat audio itu sendiri karena masing-masing orang memilik selera sendiri-sendiri ada yang suka bass yang menonjol atau  ada yang lebih suka yang flat.


This post have 2 komentar

avatar
Trik Pos delete May 8, 2017 at 1:55 PM

EQ atau Penyeragam grafik bisa juga filter suara ini sangat berkaitan musik sound sistem mas, saya dulu waktu masih muda hoby banget soal benda benda ini bahkan saya pernah merakit power ampli sendiri lho walau hasil masih kalah dengan ahli elekto senior

Reply
avatar
Maya delete May 9, 2017 at 8:14 PM

Menurutku sih, Equalizer sangat pengaruh ya untuk musik agar enak didengar

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement