Tuesday, May 23, 2017

Perbandingan Speaker Aktif Rakitan dan Pabrikan

author photo
Perbandingan Speaker Aktif Rakitan dan Pabrikan-Pernahkah anda  mendengar istilah spkeaer aktif rakitan? Istilah ini cukup populer dikalangan penghobi elektronika dan rasanya kurang lengkap kalau belum pernah mencoba merakit speaker aktif sendiri.Kebetulan saya hobi elektronika jadi saya juga pernah merasakannya.

Speaker Aktif Rakitan

Speaker aktif rakitan adalah speaker aktif yang pembuatannya dirakit sendiri dan biasanya dilakukan dengan cara membeli komponen setengah jadi mulai dari kit speaker aktif,louedspeaker,box speaker serta power supplynya.Bagi Anda yang awam elektronika atau sebagai penikmat musik saja mungkin akan bertanya-tanya untuk apa beli speaker aktif rakitan ?bukankah ada speaker aktif pabrikan yang tinggal beli saja.

Speaker aktif pabrikan tidak perlu lagi diragukan kualitasnya namun demikian speaker aktif rakitan juga masih memiliki peminat terbukti disitus jual beli kerap dijumpai pelapak yang menjual speaker aktif rakitan.Timbul pertanyaan apakah kelebihan dan kekurangan speaker aktif rakitan maupun speaker aktif pabrikan?

Baca juga :



Nah untuk membahasnya sengaja pada kesempatan kali ini saya mencoba membuat perbandingan antara speaker aktif rakitan dan speaker aktif pabrikan.

Speaker Aktif Rakitan


Kelebihan :

1.Harga lebih Murah
Karena komponen atau kit dibeIi secara terpisah sehingga bisa memilih yang harganya sesuai kantong sehingga harga speaker aktif bisa lebih murah kenapa bisa demikian? Komponen elektronika kualitasnya bisa berbeda-beda tergantung merknya ada yang mahal ada pula yang murah.

Harga murah juga bisa juga disebabkan karena fiturnya standar artinya hanya berfungsi sebagai penguat saja tanpa Mic atau echo.

2.Desain kotak speakernya bisa dipesan
Jika anda menginginkan desain speaker yang unik anda bisa memesan speaker aktif rakitan karena anda bisa memesan desain kotak sesuai keinginan atau bisa juga membeli kotak speaker yang sudah jadi.

3.Ukuran Woofernya tidak terbatas
Jika anda mau anda bisa memiliki speaker aktif dengan woofer yang besar misalnya 10 “ atau lebih sehingga suara bass nya lebih mantap

Kekurangan :

1.Kualitas Kurang Terjamin
Dalam perakitannya speaker aktif ini tidak melalui proses uji mutu (Riset) terlebih dahulu istilahnya yang penting jadi karena memang dilakukan perorangan bukan perusahaan.Kitnya pun bukan diproduksi oleh perusahaan besar seperti pada peraktian komputer jadi hasilnya sagat tergantung pada kemamapuan perakitnya.Belum lagi komponen lainnya yang dibuat oleh produsen komponen yang berbeda-beda.

Garansi yang tersedia bersifat garansi dari perakitnya saja itupun kalau ada dan jangka waktunya tidak sampai satu tahun.

2.Desainnya kurang menarik
Karena desain kotak speakernya buatan sendiri atau hand made tampilannya juga biasa-biasa saja bahkan terkesan apa adanya khususnya pada bagian kontrol suara(bass-trebel-vilume) dan inputnya.

3.Dengung/Noise yang berlebihan
Masalah yang sering muncul ketika merakit speaker aktif adalah adanya bunyi dengung yang berlebihan pada saat no signal khususnya jika volumenya besar karena memang tidak didukung sasis(Ground) yang memadai sehingga dibutuhkan teknik khusus agar dengungnya rendah/hilang.

4.Fiturnya kurang lengkap
Speaker aktif rakitan kebanyakan mengandalkan kit/PCB yang dijual dipasaran bukan hasil rancangan sendiri sehingga fiturnyapun kurang lengkap.Berdasarakan pengalaman saya fitur tambahannya Cuma ada radio FM dan USB/MMC input jarang sekali ditemukan ada fitur karaokenya.

Speaker Aktif Pabrikan


Kelebihan :

1.Kualitas terjamin
Produsen speaker aktif yang sudah ternama selalu memperhatikan kualitas dari semua sisi mulai dari desainnya.sistem speakernya,fiturnya hingga layanan purna jualnya seihngga pembeli tidak ragu untuk membelinya.

Setiap produsen speaker aktif biasanya berani memberikan garansi sekitar 1 tahun bahkan pabrikan yang berskala nasional menyediakan service center diberbagai daerah.

2.Desainnya futuristik
Speaker aktif pabrikan dirancang khusus dengan desian yang enak dipandang dan pantas untuk dipajang dirumah bersama peralatan elektronik lainnya.Bahkan beberapa tipe speaker aktif ada yang menggunakan display LCD sehingga tampil lebih mewah.

3.Noisenya rendah
Dalam produksinya speaker aktif terlebih dahulu melalui proses uji kualitas (Quality control) yang ketat sehingga produk yang keluar benar-benar teruji kualitasnya sehingga noisenya/dengungnya hampir tidak ada atau kecil sekali.

4.Fiturnya lengkap
Speker aktif pabrikan saat ini rata-rata sudah menyematkan fitur koneksi Bluetooth,Perisai magnet,Selektor digital,Fungsi Karaoke.

Kekurangan :

1.Harga lebih mahal
Untuk mendapatkan sebuah speaker aktif berdaya 80-100 watt setidaknya harus merogoh kocek 1 jutaan.Ada juga yang lebih murah namun spesifikasinya kurang memuaskan misalnya daya otuiputnya kecil atau dimensi kotaknya kecil.

2.Ukuran woofernya terbatas
Dipasaran umumnya ukuran woofer speaker aktif pabrikan berkisar antara 6-8 inch jarang sekali pabrikan yang merilis speaker yang ukuran woofernya lebih dari itu.

3.Sulit untuk diup grade
Umumnya komponen utama speaker aktif pabrikan merupakan komponen khusus yang hanya dimiliki/digunakan oleh pabrikan tersebut sehingga jika ingin diupgrade atau diganti kualitas suaranya bisa berubah misalnya ganti driver speaker.

Demikianlah ulasan mengenai perbandingan Speaker aktif rakitan dan pabrikan Semoga bisa menjadi referensi anda ketika memilih speaker aktif.Terima Kasih Sudah Berkunjung!

This post have 5 komentar

avatar
Mangs abdul delete May 23, 2017 at 9:17 AM

kalau mau berpariasi ria sih mas mending yang rakitan. apalagi bisa disennya bisa mesen sesuai selera

Reply
avatar
Mangs abdul delete May 23, 2017 at 9:19 AM

tapi kalau mau terjamin ya yang asli saja dari pabrik

Reply
avatar
Irfan Syahputra delete May 25, 2017 at 12:04 PM

Yang rakitan lebih oke sepertinya mas :D

Reply
avatar
Adi Stia Utama S delete November 27, 2017 at 2:45 PM

saya lebih suka speaker yang rakitan
karena bisa custom yng kita inginkan mang
tapi smua tergantung selera ya
kalo memang mementingkan kualitas suara y yg pabrikan lbih oke

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 28, 2017 at 4:29 AM

Kalau nggak mau repot sebaiknya memang pilih speaker pabrikan krana sudah Pas settingannya

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement