Wednesday, June 14, 2017

5 Kesalahan Saat Berbuka Puasa,No 1 Jangan Sampai Deh

author photo
5 Kesalahan Saat Berbuka Puasa,No 1 Jangan Sampai Deh-Ibadah puasa Ramadhan merupakan amalan yang istimewa karena barang siapa yang melaksanakan ibadah puasa dibulan Ramadhan akan mendapatkan kebahagiaan baik didunia dan maupun akhirat.Kebahagiaan didunia akan didirasakan saat berbuka puasa terutama ditegukan pertama meski dengan segelas air putih.

buka puasa

Namun sayangnya seringkali amalan berbuka puasa dinodai oleh ahlak-ahlak yang kurang terpuji padahal Islam sudah memberi tuntutan tentang bagaimana makan yang baik sehingga bernilai disisi Allah SWT.Banyak sebab kenapa sebagian kaum muslimin belum memahami tata cara makan termasuk buka puasa sesuai sunnah Rasulullah SAW misalnya belum sampai ilmunya,sudah kebiasaan atau terburu-buru sehingga lupa.

Baca juga :


Berikut ini adalah informasi seputar kesalahan saat berbuka puasa yang perlu anda hindari sebisa mungkin sehingga amalan berbuka puasa mendatangkan keberkahan dari Allah SWT.

1.Tidak Membaca Bismillah
Membaca bismillah sebelum makan/minum sangat dianjurkan dalam Islam bahkan ada pendapat ulama yang mewajibkannya.Begitu pentingnya membaca bismillah jika ada yang lupa membacanya diperintahkan untuk membacanya ketika ingat.

Dalam sbuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah RA bahwasannya Rasulullah besabda:”Apabila salah seorang kamu makan maka sebutlah nama Allah SWT jika Ia lupa menyebut nama Allah diawal makannya maka hendaklah mengucapkan : Dengan menyebut nama Allah pada awalnya dan pada akhirnya.”(HR.Abu Dawud dan Tirmidzi).

Apa akibatnya jika tidak membaca bismillah? Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa setan akan berkata kepada teman-temannya:”Kalian mendapatkan makan malam.”                                                                                                                                  

2.Mengambil makanan dari tengah
Apakah anda sering mengambil/menyendok makanan dipiring dari tengah? Sebaiknya hindari hal tersebut karena Rasulullah SAW melarangnya.Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan Ibn Abbas bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:”Keberkahan itu turun ditengah-tengah makanan maka makanlah dari pinggirnya dan janganlah makan dari tengahnya.”(HR.Abu dawud dan Tirmidzi).

3.Makan sendirian
Makan secara berjamaah lebih baik dari pada makan sendirian karena makan secara berjamaah dicintai oleh Allah SWT dan menyebabkan turunnya barakah dari Allah.Hal ini berdasarkan keterangan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan  Abu Ya’la,Rasulullah Besabda:”Makanan yang paling dicintai oleh Allah adalah bila banyak tangan(Berjamaah pada makanan tersebut).

Bahkan dalam hadist yang lain dijelaskan bahwasannya makan secara berpencar akan menyebabkan makannya tidak pernah merasa kenyang.

4.Tidak Berdoa selesai Makan
Berdoa setelah makan telah diajarkan oleh Rasulullah SAW sebagai wujud rasa syukur atas rezki yang sudah diberikan oleh Allah SWT namun seringkali dilupakan padahal doa selesai makan memiliki keutamaan yaitu akan diampuni dosanya seperti yang tercantum dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Sahl bin Muadz,Rasulullh SAW bersabda:”Barang siapa memakan makanan dan dia mengaatakan,”Segala puji milik Allah yang telah memberiku makan dan memberiku rizki dengan tanpa ada daya dan kekuatan dariku,maka akan diampuni dosanya.”

5.Makan Minum dengan tangan Kiri
Makan minum dengan tangan kanan diperintahkan oleh Rasulullah SAW dengan perintah yang keras jika ada yang makan minum dengan tangan kiri akan menyerupai setan.Terkadang seseorang meskipun menyendok nasi dengan tangan kanan tapi ketika mengambil makanan lainnya seperti gorengan/krupuk tanpa sadar menggunakan tangan kiri begitupula saat minum.

Hal tersebut dengan gamblang dijelaskan oleh Rasulullah SAW melalui sebuah hadist yang dikeluarkan oleh AL-Imam Muslim dimana Rasulullah Besabda:”Apabila salah seorang dari kalian makan maka hendaklah makan dengan tangan kanan dan apabila dia minum minumlah dengan tangan kanan karena setan apabila makan dia makan dengan tangan kiri dan apabila minum dia minum dengan tangan kiri.”

Dengan membaca informasi diatas Mudah-mudahan kita semua terhindar dari kesalahan-kesalahan saat berbuka puasa sehingga buka puasanya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.Wallahu ta’ala a’lamu Bish-showab

This post have 4 komentar

avatar
mas prastiyo delete June 14, 2017 at 10:37 AM

Saya baru tahu mas, selama ini saya kurang menyadari hal-hal tersebut

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete June 14, 2017 at 4:25 PM

Sebenarnya ini lebih mengarah ke adab makan ya mas Dwi. Nomor 1 paling utama ya, biar semuanya berkah...

Reply
avatar
Andi Nugraha delete June 15, 2017 at 9:29 AM

Kayaknya kalau makan pake tangan kiri gak deh, aku sendiri kalau makan pake tangan, pasti tangan kiri selalu bersih. Alias gak digunakan buat makan. Paling banter kalau kotor, buat bantu sobek ayam misalnya..

Reply
avatar
Bimo Aji Widyantoro delete June 18, 2017 at 10:29 AM

ada juga yang perlu diperhatikan, untuk buka puasa jangan makan yang berat dulu nanti malah susah gerak karena kekenyangan.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement