Friday, June 9, 2017

5 Kesalahan Saat Sholat Tarawih Berjamaah,No 3 Sering Dilakukan

author photo
5 Kesalahan Saat Sholat Tarawih Berjamaah,No 3 Sering Dilakukan-Sholat Tarawih merupakan sholat malam pada bulan ramadhan yang dikerjakan diawal malam.Hukum sholat ini sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan.Dalam sebuah hadist disebutkan Barang siapa yang mengerjakan sholat malam dibulan ramadhan(Tarawih) karena iman dan mengharap pahala dari Allah niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Kesalahan Saat Sholat Tarawih

Meskipun sholat tarawih memiliki keutamaan yang begitu besar namun nyatanya masih ada yang belum sepenuhnya memahami tata cara pelaksanaan sholat tarawih berjamaah sesuai sunnah sehingga sholatnya kurang sempurna walaupun tetap sah.Namun alangkah baiknya mengikuti tata cara sholat tarawih berjamaah yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Baca juga :



Nah pada kesempatan baik dan dibulan mulia ini izinkan saya berbagi informasi seputar kesalahan saat sholat tarawih namun perlu dicatat kesalahan disini seperti yang sudah saya sebutkan diatas tidak menjatuhkan pelakunya kedalam dosa hanya kurang sempurna saja sholatnya.Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Simak informasinya berikut ini:
                                  

5 Kesalahan Saat Sholat Tarawih Berjamaah


1.Tidak Berusaha Mengejar Shaf Pertama
Dalam sholat berjamaah shaf pertama memiliki keutamaan yang sering dilupakan oleh jamaah sholat tarawih dan terkadang datang kemasjid ketika qomat untuk sholat Isya sudah berkumandang itupun maunya dibarisan paling belakang.

Padahal dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Abu hurairah RA bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:”Seandainya manusia mengetahui keutamaan pada adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak mendaptakan(nya) kecuali dengan berundi niscaya mereka telah berundi.”(HR.Bukhari-Muslim).Dalam hadist yang lain disebutkan pula bahwasannya Allah SWT dan Malaikat Nya Bersholawat kepada shaf-shaf yang Pertama.

Selain itu sebaik-baik shaf bagi laki-laki adalah barisan pertama.Hal ini berdasarkan hadist dari Abu hurairah RA,Rasulullah SAW besabda :”Sebaik-baik barisan laki-laki adalah yang pertama dan yang paling buruk adalah paling belakang sedangkan sebaik-baik barisan wanita adalah yang terakhir sedang yang paling buruk adalah yang terdepan.”(HR.Muslim)                    

2.Tidak Merapatkan Shaf
Salah satu bentuk kesempurnaan sholat berjamaah termasuk pada sholat tarawih adalah meluruskan dan merapatkan shaf.Dalam sebuah riwayat disebutkan merapatkan shaf dilakukan dengan cara merapatkan pundak dengan pundak dan tumit dengan tumitnya.

Yang sering terjadi pada hari ini adalah antara jamaah terdapat celah kosong atau tidak rapat padahal Rasulullah SAW sudah memperingatkan dalam sebuah hadist bahwasannya Rasulullah SAW melihat setan menyelinap dari sela-sela barisan.Justru jika ada jamaah yang menempelkan kaki atau bahunya kejamaah sebelahnya akan dianggap aneh dan merenggangkannya lagi.

3.Meninggalkan Imam sebelum selesai
Salah satu keutamaan sholat tarawih berjamaah yang cukup besar adalah akan dicatat bagi yang melaksanakannya dengan pahala sholat semalam suntuk namun ada syaratnya yaitu mengikuti imam sholat tarawih sampai selesai.

Ini yang sering diabaikan oleh jamaah sholat tarawih terutama yang berpendapat sholat tarawih 11 rakaat sehingga ketika mengikuti imam sholat tarawih yang  23 Rakaat sebagian jamaah memilih meninggalkan imam sebelum selesai dan biasanya hanya mengikuti sampai 8 rakaat dan sisanya dilakukan dirumah.

4.Tidak menutup sholat tarawih dengan sholat Witir
Hal ini bisa terjadi jika jamaah meninggalkan imam sholat tarawih belum sampai selesai meskipun tadinya mau menggenapkan 11 rakaat dirumah tapi karena merasa capek atau malas akhirnya tidak disempurnakan 11 rakaat yang mana ada sholat witir didalamnya padahal Rasulullah SAW mencontohkan menutup sholat malam/tarawih dengan witir.

Perlu anda ketahui sholat witir memiliki keutamaan yang cukup besar bahkan lebih baik dari pada Unta merah seperti yang tertulis dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Kharijah Bin Hadzafah Al Adawi bahwasannya Rasulullah SAW bersabda:’Sesunguhnya Allah telah menambahkan untuk kalian satu sholat yang lebihn baik bagi kalian dari pada unta merah yaitu sholat witir yang telah Allah jadikan untukmu diantara sholat Isya sampai terbit fajar.

5.Tidak Sempurna Membaca Al-fatihah
Seringkali bacaan imam pada sholat tarawih dibuat cepat sedangakan ayat yang yang dibaca setelah Al-fatihaah Imam pendek seperti Al –Ikhlas(Qul huallahu ahad dst) sehingga makmum ketika membaca Al-fatihah jadi terburu-buru sehingga bacaannya kurang sempurna.

Padahal Al-fatihah harus dibaca oleh orang yang sholat sehingga tidak sah sholat seseorang tanpa membaca al-fatihah.Hal ini hanya berlaku bagi seseorang yang sholatnya berpegang pada pendapat wajib membaca AL-Fatihah pada sholat jahryah(suara keras) seperti sholat tarawih sedangkan yang berpendapat tidak wajib membaca Al-fatihah pada sholat jahriyah tidak menjadi masalah.

Mudah-mudahan kita semua terhindar dari 5 Kesalahan Saat Sholat Tarawih Berjamaah sehingga sholatnya sempurna sesuai tuntunan Rasulullah SAW.Wallahu ta’ala a’lamu Bish-showab.

This post have 7 komentar

avatar
Hendra Suhendra delete June 9, 2017 at 9:06 PM

Tidak sedikit juga yang melaksanakan sholat Tarowih dengan terburu-buru, kurang tu'maninah, bacaannya kurang fasih dll, sehingga mengurangi kekhusyuan sholat. Itu baru gerakan sholatnya, belum lagi shaf dan barisan kurang rapat, bahkan ada yang amburadul, padahal di situ ada letak pahala juga loh ya mas dan itu sesuai dari anjuran Nabi untuk selalu merapatkan shaf sewaktu sholat berjamaah....

Reply
avatar
mas prastiyo delete June 10, 2017 at 9:59 AM

hahaha jadi ingat masa-masa dulu kalo sholat tarawih sering pulang duluan padahal belum selesai

Reply
avatar
Indra DP delete June 10, 2017 at 10:38 AM

yang nomer 3 memang paling sering nih.. biasanya alasan anaknya rewel lah atau apa lah.. hehehe

Reply
avatar
Maya delete June 10, 2017 at 4:19 PM

Shalat tarawih buru-buru selalu saja berulang, bacaannya seperti dikejar-kejar hingga gerakan pun ngos-ngosan

mengenai wanita pada shaf belakang, ini Maya sering sulit menghindari apalagi kalau datang awal

Reply
avatar
Mangs abdul delete June 12, 2017 at 8:59 AM

kalo saya sih mas kesalahnnya ini suka lupa sudah berapa raakaat mas. hehehe
kebetulan di saya tarawihnya yang 23 rakaat

Reply
avatar
mas prastiyo delete June 12, 2017 at 9:16 AM

Hayo ngaku yang sering tidak sholat tarawih siapa...?

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement