Friday, July 7, 2017

Cara Menghindari Penyakit Kencing Batu

author photo
Cara Menghindari Penyakit Kencing Batu-Apa jadinya jika dalam saluran kemih anda muncul batu meskipun sebesar kerikil? Akibatnya tentu kegiatan buang air kecil anda jadi sebuah penderitaan kencing jadi meringis karena sakit,terasa panas atau kencing sedikit-sedikit.Penyakit saluran kemih akibat terbentuknya batu memang perlu diwasapadai karena terbentuknya batu tidak mucul begitu saja tapi bisa jadi karena kebiasaan hidup anda yang kurang sehat sehingga dapat memicu munculnya batu pada saluran kemih atau bahkan pada ginjal.

 Penyakit Kencing Batu


Makanya sebelum semua itu terjadi menimpa anda ada baiknya anda mencegahnya karena jika sudah terlanjur muncul  kencing batu serta tidak bisa hilang dengan pemberian obat-obatan mau tidak mau operasi harus segera dilakukan baik operasi bedah ataupun laser yang tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati?

Baca juga:



Nah…agar anda terhindar dari penyaklit kencing batu atau muculnya batu pada saluran kemih atau ginjal kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara menghindari penyakit kencing batu yang saya kutip dari Tabloid Cempaka yang bersumber dari Human health,Indonesia Health.Berikut ini informasi selengkapnya:

1.Minum Air Putih
Air putih dipercaya memiliki daya sembuh secara alami untuk itu agar terhindar dari batu ginjal disarankan minum air putih minimal 2 liter perhari untuk orang yang beraktifitas normal dan 1-1,5 liter untuk orang yang sudah berusia lanjut.Minum air putih akan menjadikan urin tidak pekat dan mampu menampung semua garam yang larut.Bagaimana dengan mereka yang gemar minum kopi atau teh? Boleh-beleh saja sepanjang jumlahnya tidak melebihi konsumsi air putih.

2.Jangan Menunda Kencing
Anda punya kebiasaan menunda kencing? Segera ubah kebiasaan itu karena sangat berpotensi menimbulkan batu pada saluran kemih.Hal ini bisa terjadi karena kencing yang mengendap terlalu lama akan berubah menjadi batu.Kebiasaan menunda kencing umumnya karena sedang beraktifitas diluar ruangan sehingga malas untuk kencing apalagi ditempat yang ramai karena harus mencari toilet atau tanggung sebentar lagi akan sampai dirumah.

3.Hindari Produk Olahan Susu
Perlu anda ketahui batu pada saluran kemih terbentuk dari kalsium oksalat atau kalsium fosfat dan faktanya kedua zat tersebut terdapat pada susu dan olahannya oleh karenanya jika anda temasuk orang yang rentan mengalami  batu pada saluran kemih sebaiknya mengurangi produk-produk susu,mentega atau keju.Disinilah dilemanya disatu sisi kalsium bermanfaat untuk kesehatan tulang namun disisi lain meningkatkan resiko batu pada saluran kemih.

4.Konsumsi Vitamin dan Obat yang tepat
Jika anda termasuk orang yang rentan terhadap penyakit batu pada saluran kemih sebaiknya Kurangi konsumsi obat-obatan jenis antasida seperti pada obat penyakit asam lambung karena merangsang pembentukan batu ginjal.Vitamin C dosis tinggi yang lebih dari 300 mg perhari ternyata dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal.

5.Kurangi Mengkonsumsi Bayam
Bayam kaya akan kandungan oksalat dimana zat ini menurut para ahli berpotensi membentuk batu saluran kemih juga batu ginjlal untuk itu jangan terlalu berlebihan mengkosumsi bayam.Selain bayam kurangi juga konsumsi teh,kola,coklat dan kacang.

6.Lakukan Olah Raga
Perlu anda kertahui bahwa olah raga mampu membuka jalan bagi kalsium keluar dari aliran darah kemudian meresap ketulang sehingga akan membuat saluran kemih anda sehat juga kesehatan tulang lebih terjaga.Jika anda sibuk luangkan waktu sebisa mungkin untuk berolah raga secara kontinyu meski hanya 15-20 menit perhari karena jika tidak atau malas akan beresiko terbentuknya batu disaluran kemih dan ginjal jadi jangan lupakan olah raga.

Demikianlah informasi kesehatan seputar cara menghindari kencing batu atau gangguan saluran kemih Semoga bermanfaat bagi kesehatan Anda! 

This post have 2 komentar

avatar
santika fadilah delete July 7, 2017 at 5:17 PM

makasih ya, akhirnya ada rekomendasi utk penyakit kencing batu

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete July 9, 2017 at 10:40 PM

Nice sharing. Saya baru tau kalo konsumsi bayam berlebihan bisa terkena kencing batu. Berarti si popeye bisa kena penyakit kencing batu dong mas, soalnya dia kan sering banget makan bayam...

Saya juga punya kebiasaan buruk suka menahan kencing nih

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement