Sunday, October 15, 2017

Cara Memperbaiki Rice Cooker Cosmos Mati Total

author photo
Cara Memperbaiki Rice Cooker Cosmos Mati Total-Apa jadinya jika rice cooker yang anda miliki tiba-tiba mati total? Anda pasti dibuat repot terutama istri anda karena harus memasak nasi secara manual menggunakan kompor yang sudah pasti ribet dan kurang praktis.

thermal fuse

Kejadian tersebut menimpa saya,rice cooker Cosmos kesayangan keluarga saya tiba-tiba mati total.Untungnya saya memiliki rice cooker cadangan jadi kegiatan memasak nasi tidak terganggu.Sempat terpikirkan untuk memperbaiki sendiri karena saya memilki keahlian sedikit masalah elektronika namun karena saya belum sempat saya simpan dulu.

Nah…kebetulan kemarin saya ada waktu luang dan saya terpikirkan untuk memperbaiki rice cooker cosmos tersebut.Bermodalkan obeng plus.Obeng min,Tang dan Multimeter saya mencoba memperbaiki rice cooker cosmos mati total.

Baca Juga :
Pengalaman Memperbaiki TV Mati Total Dengan Mudah
Cara Belajar Elektronika Secara Cepat
Pengalaman Belajar Elektronik Secara Otodidak

Cara Memperbaiki Rice Cooker Cosmos Mati Total


Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan ketika memperbaiki rice cooker cosmos mati total. Silahkan simak tutorialnya.

1.Pastikan Kabel AC Cord dalam keadaan bagus,Silahkan cek dengan menggunakan multimeter dikedua jalurnya.Jika ada yang putus harus diganti kabel Ac cordnya.

2.Jika Kabel AC kondisinya masih bagus coba sambungkan kembali ke rice cooker tapi jangan dihubungkan dengan listrik dulu melainkan cek apakah kedua jalurnya saling berhubungan atau tidak.Caranya dengan menggunakan multimeter pada posisi ohm meter colokkan kabel merah kesalah satu jalur jack AC dan kabel hitam kejalur yang satunya lagi.

Jika setelah dicek jarum penunjuk multimeter  tidak bergerak sama sekali menunjukkan jalurnya putus dengan kata lain tegangan listrik tidak sampai ke heater atau pemanas.Prinsip kerja rice coocker hampir mirip dengan setrika listrik atau solder hanya berbeda heaternya.

3.Buka penutup rice coocker Cosmos dibagian bawah dengan terlebih dahulu membuka bautnya.,kebetulan rice cooker cosmos yang saya perbaiki hanya menggunakan 1 baut.Congkel dengan menggunakan obeng min perlahan-lahan sampai terbuka.

4.Coba telusuri jalur listrik dikedua jalurnya,disalah satu jalurnya ada bagian yang ditutupi dengan isolator berwarna putih.Buka/geser isolator tersebut .Distu akan tampak sebuah komponen yang disebut thermal fuse atau sekering suhu panas.Dikemasannya tertulis 250 V 10 A 172 ⁰ C.

Cara Memperbaiki Rice Cooker


5.Lepas dan cek menggunakan multimeter dengan pososi ohm meter caranya tempelkan kabel merah di salah satu kaki komponen  fuse dan kabel merah di kaki yang lain atau bisa juga sebaliknya,jika masih bagus maka jarum akan  bergerak tapi jika putus jarum penunjuk akan diam.

6.Jika ternyata putus ganti dengan yang baru dengan nilai yang sama.Saya membeli ditoko elektronik harganya Rp.5000 per pcs.

7.Pasang kembali thermal fuse yang baru pada tempatnya dan jangan lupa geser kembali isolatornya.

8.Tutup kembali penutupnya kemudian Test rice cooker dengan mencolokkan ke aliran listrik jika lampu indikatornya menyala dan heaternya panas berarti rice cooker sudah normal.

Jika ada yang kurang jelas silahkan tonton video yang sudah saya unggah ke Youtube dengan URL : https://www.youtube.com/watch?v=zxXFT4TY7Ow

Bagaimana mudah bukan cara memperbaiki Rice cooker Cosmos Mati Total? Selamat Mencoba!

1 komentar:

avatar
Lia Lathifa delete October 16, 2017 at 11:08 PM

Jadi inget kemarin magicom warisan mertua ceritanya ngadat, maklumlah dah berumur, ujung2nya minta tolong suami betulinnya haha.. Emak2 mah urusannya langsung ke kompor aja

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement