Wednesday, October 25, 2017

Kelebihan Blog Satu Topik,Mudah Menjaring Target Pasar

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM,Kelebihan Blog Satu Topik,Mudah Menjaring Target Pasar-Mana yang akan Anda pilih jika akan membuat blog,Satu topik atau umum? Bisa jadi anda lebih memilih topik yang umum atau biasa disebut gado-gado karena Anda bisa menulis apa saja tanpa terkekang topik tertentu.

Kelebihan Blog Satu Topik

Memang benar membangun blog gado-gado lebih mudah dari pada blog satu topik atau blog niche karena saya sendiri sudah membuktikannya kebetulan saya memiliki 5 Blog Aktif 2 diantaranya berjenis gado-gado dan blog yang sedang anda kunjungi ini salah satunya.

Meski mudah bukan berarti tanpa kekurangan,blog dengan beragam topik akan sulit manjaring target pasar(audience) sesuai minat pengunjung misalnya saya ingin pengunjung blog saya merupakan orang-orang yang tertarik dengan bisnis karena pengunjung yang datang dari artikel yang topiknya bermacam-macam.

Akibatnya pemilik blog harus ekstra kerja keras dengan membuat banyak artikel agar pengunjungnya banyak.Berbeda dengan blog satu topik karena topik artikelnya sudah fokus dan 1 bidang otomatis pengunjungnya juga sudah tertarget atau sesuai target pasar sehingga lebih mudah membuat artikelnya dan mendatangkan pengunjung.

Kelebihan lain dari blog satu topik adalah karena pengunjung sudah ketahuan minatnya maka blog tersebtu cukup efektif jika digunakan untuk mempromosikan barang sebagai contoh saya memiliki blog bertemakan kecantikan kemudian saya mempromosikan produk kecantikan disitu maka peluang terjadi penjualan cukup besar.

Karena alasan itulah saya membuat blog bertemakan Usaha Martabak Mini sebulan yang lalu.Ide awalnya sebenarnya saya ingin menjual sebuah produk yang berkaitan dengan usaha martabak mini.Sebelumnya saya sudah mencari pemasoknya dengan cara membeli produk tersebut dan ternyata barangnya lumayan bagus sehingga saya Pede Untuk mempromosikannya.

Blog tersebut saya isi dengan artikel yang berhubungan dengan usaha martabak mini seperti resep,modal usaha martabak mini,analisa,berbagai pengalaman dan pada saatnya nanti jika pengunjung dari mesin pencari sudah rutin datang barulah saya menawarkan produknya.

Baca juga :
5 Keuntungan Berlipat Menulis Artikel Tutorial
Cara Jitu Membuat Artikel Berkualitas User Experience
Instant Facebook Hadir Saatnya Perbanyak

Saat ini artikel blog tersebut baru berjumlah 10 buah dan sumber trafik masih didominasi dari sosial media.Tak lupa saya juga membuat halaman fanspage Facebook agar saya lebih tahu berapa orang yang berminat menekuni usaha martabak mini.

Ada satu hal yang menurut saya menarik meskipun trafik terbesar masih dari sosial media namun ternyata ada pengunjung yang akan memesan barang bahkan dari Kota Padang sana.pengunjung tersebut menanyakan berapa hari sampaianya jika dikirim ke Padang.

Sebenarnya ini kesempatan emas tapi karena memang saya belum siap untuk menjual barang,baik dari sisi produk maupun sistem belanjanya saya lebih memilih mengabaikan pesanan tersebut.

Dari kejadian ini saya berkesimpulan kelebihan dari blog satu topik adalah lebih mudah menjaring target pasar sehingga akan menguntungkan jika blog tersebut akan digunakan untuk mempromosikan barang/menjual barang.

Semoga Bermanfaat!

This post have 15 komentar

avatar
Djangkaru Bumi delete October 25, 2017 at 1:57 PM

Memang sih, blog satu topik itu lebih disarankan. Tapi pada umumnya blog satu topik tidak berumur panjang, karena adminnya kehabisan ide.
Beda jika blog gado-gado atau portal berita.

Reply
avatar
Rival 38 delete October 25, 2017 at 5:58 PM

bener, satu niche itu sulit meliharanya.., karena visitor tertarget, blog saya akhirnya jadi gado-gado, karena saya punya pikiran, blog itu seperti toko, klo isinya lengkap dan banyak pasti orang datang ingin beli ini dan itu.., hehe :D

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete October 26, 2017 at 5:50 AM

Nggak Juga Mas Djangkaru...Saya Punya Blog Bisnis sembako Usianya sudah 6 tahun mas dan masih rutin mendapatakan tafik dari mesin pencari meski saya jarang update dan saya bikin satu lagi niche bisnis masih eksis 2 tahun.
Malah enak mas blog niche tinggal membuat artikel yang terkait jadi ada terus idenya dan pilih yang whole niche atau topiknya luas

Reply
avatar
Mang Lembu delete October 26, 2017 at 8:12 AM

kalau pendapat mang Djangkaru benar, lantas ngapain bikin blog satu topik kalau nggak berumur panjang, hobi atau mau nyari duit ngblognya atuh...?
nyari duit mah buka toko kaya mang admin lebih bagus...bener nggak min?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete October 27, 2017 at 8:00 AM

He he he Mau Cari duit cepat ya Dagang jangan Ngeblog...Makin Gurih lagi jika Dagang dapat ngeblog dapat Dobel dapatnya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete October 27, 2017 at 8:03 AM

Gak tahu Mang Kok Ngilang entah kemana mau ngopprek template gak ada waktunya sementara biarin deh

Reply
avatar
Adi Stia Utama S delete October 27, 2017 at 9:13 AM

Memang lebih mudah ngurusnya
tapi untuk blog yang satu topik memang harus bisa menguasai topik yang di bahas
klo enggak tidak menguasai yang pada akhirnya kata mas Bumi pada kehabisan ide dan akhirnya blog terbengkalai
aku juga mulai nyoba fokus ke satu topik

Reply
avatar
Indra DP delete October 27, 2017 at 11:46 AM

memang blog dengan satu topik lebih mudah dikenal karena punya ciri "khas" tersendiri di mata visitor.
namun, tentunya si admin mesti kudu konsisten cari artikel dari berbagai referensi dengan blog yang dikelolanya. :D

Reply
avatar
andrieoid delete October 27, 2017 at 3:55 PM

wahhh kalo saya bermacam macam topik, terkadang suka ga ada ide lagi dah :v

Reply
avatar
Adhi Artadhitive delete October 29, 2017 at 8:28 PM

Wah bener banget mas!... emang kita harus bisa lebih spesifikin lagi topik blog kita biar lebih ditemukan audience kita!

Reply
avatar
Abdul Muhajir delete October 31, 2017 at 3:29 PM

dulu blog mediakompilasi bukan gado gado ya ? sekarang jadi gado gado. kalau gk salah loh mas

Reply
avatar
Maman Achman delete November 1, 2017 at 6:36 AM

Sempat nyoba bikin blog satu topik membahas fotografi, hanya saja karena terbentur masalah waktu sementara blm bisa update, fokus sama satu blog gado-gado dulu.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 1, 2017 at 8:31 AM

Media kompilasi sejak awal dikonsep Gado-gado mas..coba deh lihat arsip tahun feb 2015

Reply
avatar
yosef krisnadi delete November 1, 2017 at 9:24 AM

Satu ilmu baru yang saya dapat, memang memiliki blog satu topik efektif menggaet pembaca...rasio pentalan juga semakin baik...terima kasih mas sudah berbagi

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement