Thursday, November 9, 2017

Mengatur Pemanfaatan Ruang untuk Kamar Tidur Minimalis

author photo
Kamar tidur yang nyaman merupakan salah satu faktor dimana Anda bisa tidur dengan pulas.Kamar yang nyaman selalu identik dengan luas kamar.Padahal belum tentu.Walaupun kecil,kamar tidur bisa dibuat tetap nyaman dengan sedikit sentuhan desain karakter sesuai kebutuhan Anda.Salah satunya dengan tata ruang kamar tidur yang baik dan benar.Lihat kamar hotel, sekecil apapun ruang tersebut pasti akan tetap nyaman terlihat.Banyak solusi yang bisa dilakukan untuk membuat kamar kecil Anda terlihat besar yaitu dengan memilih dan menata perabot yang baik.

desain kamar

Selain menata ruang kamar tidur Anda, hal lain yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan dan kerapian kamar Anda.Kamar yang bersih dan rapi memberi kesan nyaman bagi setiap penghuninya.Cara penataan perabotan atau furnitur dalam kamar tidur yang sempit hampir sama dengan penataan pada ruang sempit lainnya.Yang terpenting adalah memilih perabotan yang tepat sehingga nyaman dan pas untuk beraktivitas di dalam ruangan tersebut.Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mengatur pemanfaatan ruang untuk kamar tidur Anda.

Gunakan furnitur multifungsi

Pilihlah tempat tidur yang bisa di lipat ke dinding atau bisa juga menggunakan sofa bed sebagai alternatif tempat tidur lainnya. Pemilihan furnitur yang multifungsi ini sangat berguna untuk ruangan kamar tidur Anda yang kecil.Selain itu,pilihlah furnitur dengan tempat penyimpanan yang baik.Sebaiknya gunakan furnitur sesuai kebutuhan Anda.Jangan terlalu banyak memasukkan perabotan yang tidak penting ke dalam kamar tidur.Hal ini bisa menyebabkan kamar tidur Anda terlihat penuh dan sumpek.

Gunakan rak penyimpanan

Agar kamar Anda terlihat luas,sebaiknya gunakan rak atau lemari penyimpanan dengan model yang dapat ditempelkan di dinding.Model seperti ini dapat menyimpan berbagai jenis barang yang Anda miliki tanpa perlu khawatir pemanfaatan ruangan di area kamar.Anda juga bisa merangkai atau membuat lemari sesuai dengan konsep kamar Anda.Selain sebagai tempat penyimpanan,lemari atau rak-rak penyimpanan ini juga bisa digunakan sebagai dekorasi interior kamar tidur Anda lho.

Manfaatkan bagian bawah kasur

Bagi sebagian orang, bawah kasur merupakan bagian terseram yang berada di dalam kamar.Jika Anda termasuk orang dengan kriteria seperti itu,Anda bisa memanfaatkan bawah kasur Anda sebagai tempat penyimpanan.Manfaatkan keranjang atau kotak-kotak penyimpan untuk menaruh barang-barang Anda dan letakkan di bawah kasur.Hal ini dapat menghemat ruangan di dalam kamar tidur Anda.

Beri hiasan / pajangan

Berilah hiasan atau pajangan yang sesuai dengan konsep kamar tidur Anda.Hindari terlalu banyak memberikan hiasan atau pajangan yang dapat memberikan kesan ramai dan membuat kamar terasa seperti penuh dan sumpek.Pilihlah hiasan atau pajangan yang simpel seperti foto,hiasan dinding kertas, lampu tumblr,quotes,lukisan dan sebagainya.Pilihlah hiasan yang memberikan kesan luas terhadap kamar kecil Anda.

Pencahayaan yang sesuai

Cahaya di kamar tidur perlu diperhatikan dengan seksama.Sebisa mungkin dalam sebuah kamar terdapat jendela yang bisa digunakan sebagai jalan masuknya cahaya matahari pada waktu siang.Selain itu, jendela juga digunakan sebagai tempat sirkulasi udara yang sederhana.Pencahayaan lampu sebaiknya diterapkan sesuai dengan keinginan Anda. hindari memilih warna lampu yang terlalu kuning atau terlalu putih. Pertimbangkan juga lampu yang bisa digunakan pada malam hari.Pilihlah lampu yang berdaya sedang dan memanfaatkan pencahayaan dari bawah untuk memberi kesan plafon yang lebih tinggi sehingga membuat kamar terkesan luas.

Menjaga kebersihan dan kerapihan kamar

Kebersihan dan kerapihan pada kamar tidur menjadi salah satu solusi untuk memberikan kesan kamar tidur yang nyaman dan luas.Dengan menjaga kebersihan dan kerapihan barang-barang Anda,tentu dengan mudah Anda bisa beraktivitas di dalam kamar tanpa terganggu sedikitpun.Rutinlah menjaga kebersihan seperti menyapu, mengepel, membersihkan lemari atau rak bahkan mengganti seprai tempat tidur seminggu sekali.Hal ini tentu akan membuat kenyamanan tersendiri bagi pemilik kamar.

Demikian beberapa cara untuk mengatur pemanfaatan ruangan pada kamar tidur Anda agar terlihat luas dan nyaman. Selamat mencoba! 

This post have 4 komentar

avatar
Djangkaru Bumi delete November 9, 2017 at 6:12 PM

Manfaatkan bagian bawah kasur, ini kok mirip saya, semua barang yang dikira penting dan jarang dibutuhkan, saya masukan dalam kolong tempat tidur :)

Reply
avatar
Adi Stia Utama S delete November 13, 2017 at 3:57 PM

cat kamar berwarna putih juga bisa menjadi alterntif karena bisa membuat ruangan terlihat lebih luas kang

Reply
avatar
yosef pedia delete November 14, 2017 at 9:10 AM

menggunakan furniture yang multifungsi, hal ini penting mengingat jaman sekarang desain rumah tidak terlalu besar serta lebih praktis apabila digunakan

Reply
avatar
Dedy Akas delete November 14, 2017 at 8:34 PM

Furniture yang ukurannya bisa di custum dan disesuaikan dengan ukuran ruangan juga boleh dicoba...
Karena akan menyesuaikan ukuran ruangan yang ada... :D

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement