Saturday, November 4, 2017

Tips-Tips Mengembangkan Bisnis Kecil Agar Menjadi Besar

author photo
Apa Anda seorang pebisnis? Meskipun bisnis yang Anda jalani masih sebagai bisnis kecil-kecilan seperti bisnis makanan atau warung makan kecil,jual pulsa,kue dan lain-lain.Bisnis kecil merupakan awal dari kesuksesan dan tidak selamanya akan seperti itu.Seorang pebisnis yang cermat akan selalu memiliki usaha untuk mengembangkan bisnisnya sehingga akan terus berkembang sesuai dengan apa yang didapat.
Bisnis Kecil

Dalam mengembangkan bisnis kecil untuk mengubahnya menjadi bisnis yang besar dan berkembang pesat merupakan bukan persoalan yang mudah untuk dilakukan.Karena untuk melakukan suatu hal tersebut akan sangat memerlukan sebuah usaha keras,bukan hanya sekedar usaha saja namun dengan tekad yang kuat.Bahkan banyak pebisnis sukses yang telah meninggalkan urusan-urusan pribadi dari mereka untuk mengembangkan usaha. Hanya perlu diingat dengan adanya kunci dari sebuah kesuksesan harus melakukan sesuatu seperti kerja keras,tidak boleh berputus asa,optimis,berdoa dan cerdas.

Nah, sama pula dengan pebisnis yang menjalankan bisnis kecil yang harus terus berjuang dan juga bekerja keras untuk menerapkan tips-tips tertentu agar usahanya dapat berjalan dengan lancar dan berkembang pesat menjadi besar.Tips atau cara tersebut tidak bisa hanya dijalankan begitu saja tanpa perhitungan yang matang.Namun, harus terus dipelajari, dipahami, dan baru dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Hal ini bertujuan untuk membuat pebisnis mengerti serta paham dengan berbagai tips-tips dan tujuan untuk mengembangkan bisnis itu sendiri menjadi bisnis yang besar. Mungkin banyak orang yang sudah meremehkan usaha atau bisnis kecil yang memang bermodalnya terbatas. Namun, jangan pernah menyepelekan bisnis kecil karena banyak pebisnis besar sukses dan terkenal dari bisnis awal mereka yang kecil-kecilan.

Mungkin awal mula banyak yang bingung bagaimana cara memulai usaha atau bisnis dengan benar. Tapi tidak sedikit juga yang masih bingung dengan bagaimana cara mengembangkan usaha atau bisnis yang kecil agar menjadi besar dan sukses.Bisnis kecil-kecilan dengan modal terbatas, bahkan mungkin banyak pengunjung atau pelanggan yang kurang tahu akan usaha Anda.

Hal ini mungkin akan membuat Anda merasa putus asa dengan jumlah pelanggan yang tidak kunjung bertambah dan juga dengan penghasilan atau omset yang juga tidak berkembang naik. Namun itu merupakan salah satu masalah yang terjadi di dalam kewirausahaan. Resiko apapun yang akan dihadapi kedepannya nanti harus dihadapi dengan lapang dada.

Yang harus dilakukan adalah melakukan beberapa tips-tips dan cara untuk terus mengembangkan bisnis kecil Anda menjadi bisnis yang besar dan dikenal oleh banyak orang. Tetapi, bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut? Sebagai pebisnis Anda harus mengetahui betul cara-cara untuk menyikapi pesaing bisnis dan bersaing sehat dengan cara yang diterapkan sendiri. Agar membuat bisnis kecil Anda berkembang pesat menjadi bisnis besar yang dikenal banyak orang. Lakukan beberapa tips dan cara berikut ini.

Tips Dalam Mengembangkan Bisnis


Jadi bagaimana tips-tips yang harus dilakukan? Nah, di bawah ini ada beberapa tips dan cara untuk Anda jalankan di dalam bisnis atau usaha kecil Anda:

1.Menggunakan Strategi bisnis
Sebagai seorang pebisnis yang benar dan cerdas, menjalankan sebuah bisnis tidak asal seperti sedang bermain-main saja. Namun Anda harus juga memiliki sebuah strategi bisnis yang akan membantu Anda dalam menjalankan dan mengembangkannya. Karena adanya strategi bisnis ini akan membuat Anda dengan mudah menjalankan bisnis,mempermudah dalam menentukan besarnya anggaran yang akan dikeluakan,tindakan apa yang harus dijalankan dan juga ini sebagai sebuah acuan untuk mengembangkan usaha kecil Anda menjadi berkembang besar.

2.Memiliki Modal Yang Cukup
Untuk menjalankan sebuah bisnis, hal yang sangat penting diperlukan adalah modal. Dengan menggunakan modal yang ada, Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik. Modal tidak harus dalam jumlah yang besar, seperti melakukan sesuatu seperti cari dana cepat atau pinjaman pribadi cepat untuk modal berbisnis.Sebenarnya dengan modal yang secukupnya juga bisa melakukan sebuah bisnis, asalkan Anda bisa mengatur anggaran pengeluaran dari modal secukupnya tersebut.

3.Harus Pintar Mengatur Anggaran Operasional
Sebagai calon pebisnis yang sukses memang harus mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan anggaran operasional. Anda harus bisa meminimalisir pengeluaran dari dana operasional. Jadi untuk menghindari adanya pemborosan terjadi,jika dana operasional dapat Anda tekan per bulannya akan mengatur pengeluaran dengan baik. Karena pebisnis yang cerdas memang harus meminimalisir pengeluaran dari dana operasional, agar tidak terjadi biaya pengeluaran yang tidak penting. Jadi, harus pintar-pintar dalam mengatur anggaran tiap bulannya.

4.Update Dengan Harga di Pasaran
Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak boleh melihat keadaan di sekeliling saja. Namun juga harus update dengan keadaan di luar sana. Artinya Anda harus dengan baik memperhatikan dan tidak boleh ketinggalan dengan harga yang di patok di pasaran. Cara ini akan membuat usaha Anda menjadi incaran bagi para pelanggan.

Anda bisa menerapkan harga yang tepat dari cara ini. Misalnya, mungkin dengan harga pasar yang sedikit naik Anda bisa melakukan promosi dengan harga yang lebih sedikit murah agar usaha atau bisnis Anda dilirik banyak orang. Selain itu, jika Anda update dengan harga pasar akan lebih tahu tentang kenaikan atau penurunan dari harga suatu produk yang ada di pasaran.

5.Harus Bisa Memahami Pesaing Anda
Setiap menjalankan sebuah bisnis atau usaha Anda pasti akan ditemukan dengan pebisnis lainnya yang mungkin sudah lebih dulu berbisnis daripada Anda.Dalam menjalankan tips dan cara untuk mengembangkan bisnis Anda agar dapat berkembang pesat. Hal yang paling penting adalah harus memahami dan juga mengenali pesaing bisnis Anda.Tujuan dari tips ini adalah agar Anda memiliki pengetahuan dan pemikiran yang baru sehingga tercipta inovasi baru untuk mengembangkan bisnis

Anda dengan baik. Selain itu, dengan menjalankan tips ini Anda juga bisa berperan lebih aktif dan kreatif dalam menciptakan produk yang lebih baik dari para pesaing bisnis di luar sana.Dengan seperti ini, bisnis kecil yang Anda jalankan akan perlahan berkembang pesat.

6.Melakukan Investasi
Sebagai pebisnis Anda tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan bisnis agar lebih besar saja, tetapi ketika bisnis sudah mulai berkembang pesat lebih baik wajib untuk Anda melakukan sebuah investasi.
Dengan melakukan investasi ini akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang banyak dan berlipat ganda. Namun jika Anda masih bingung bagaimana cara untuk berinvestasi dengan benar,ada beragam macam cara untuk berinvestasi. Misalnya dengan memulai sebuah pasar saham, seperti membuat perusahaan start up kecil-kecilan dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk mengembangkan sebuah bisnis kecil-kecilan menjadi bisnis besar. Dengan memiliki tips-tips di atas akan lebih mudah untuk Anda menjalankan bisnis dengan baik. Tidak perlu khawatir dengan banyak pesaing bisnis yang bisnisnya sudah maju berkembang.Cukup dengan melakukan beberapa tips agar perkembangan bisnis Anda berjalan lebih baik.

This post have 9 komentar

avatar
Adi Stia Utama S delete November 4, 2017 at 10:57 AM

Saya ingin sekali punya usaha sendiri tapi masih ada rasa takut
tapi kedepannya itu pasti
sekarang masih menyusun rencana dan menambah pengetahuan tentang dunia usaha dulu mas dwi

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 4, 2017 at 11:34 AM

Lebih cepat lebih baik mas..usaha kecil-kecilan saja dulu yang modalnya kecil asal mau banyak kok mas peluang bisnisnya

Reply
avatar
Mysweet Ladyluck delete November 4, 2017 at 3:29 PM

Hallooowww salam sukses !
Point pertama betul banget : Memahami Strategi Bisnis.
Dapat diraih dengan mengilmuinya tentu saja & serius menjalaninya.

Kalau boleh sharing pengalaman pribadi, diantaranya sbb :

Mengikuti komunitas (contoh UKM) & pelatihan,
Saya pernah mengikuti program Pelatihan & Kemitraan Bisnis (UKM = Usaha Kecil Menengah) yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Gratisss tisss. Sangat membantu sekali bagi pebisnis pemula yang kecil2an macam kami.

Disupport dengan keikutsertaan dalam pameran2 untuk lebih mengenalkan produknya. Ini juga termasuk dalam program Pemerintah.

Semangaaat ... sukses menanti, insyaAllah.

Reply
avatar
Maman Achman delete November 4, 2017 at 4:03 PM

Bisnis kecil-kecilan bila ditekuni dengan serius bisa jadi besar, tak ada bisnis yang langsung besar, semya harus di rintis dari awal.

Langkah-langkahnya sudah dijelaskan demgan gamblang diatas, tinggal pelaksanaannya saja yang perlu kita lakukan.

Reply
avatar
Asnaji delete November 4, 2017 at 11:10 PM

mengembang kan sebuah bisnis agar kedepanya makin besar tentunya butuh waktu modal yang cukup, tlaten Mas...apalagi dijaman sekarang ini persaingan di dunia perdagangan atau apapun kini membuat otak semakin mengerucut...

Reply
avatar
Asnaji delete November 4, 2017 at 11:14 PM

yang jelas hidup ini sudah di kendalikan oleh DIA Sang MAHA MENGHIDUPKAN, akan tetapi kita sebagai manusia tetaplah berusaha sesuai kemampuan kita bagaimana sekiranya usaha yang kita bangun akan mampu bersaing dan menghasilkan keuntungan yang berlimpah...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 5, 2017 at 4:49 AM

Asyik dong Mba bisa ikut pelatihan Bisnis dari pemerintah jadi lebih terarah Kok Di Bekasi Nggak Ada ya?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 5, 2017 at 4:53 AM

Betul Mas Usaha Kecil bisa menjadi langkah kecil menuju usaha yang lebih besar

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete November 5, 2017 at 4:54 AM

Betul Mas tapi jangan juga terlalu banyak perhitungan justru akan menghambat langkah menuju wira usaha

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement