Sunday, January 7, 2018

Jangan Habiskan Hidupmu untuk Ngeblog!

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM-Jangan Habiskan Hidupmu untuk Ngeblog!-Membaca judulnya terlihat sangat provokatif karena apabila seseorang mengucapkan kata “jangan” menunjukkan sesuatu yang negatif.Jadi makna yang tersirat dari judul diatas seakan-akan ingin mengatakan kalau ngeblog itu hanya akan menghabiskan waktu dan tidak ada manfaatnya.

Jangan Habiskan Hidupmu untuk Ngeblog!

Kalimat ini pernah diucapkan salah seorang sobat saya sesama blogger menanggapi status saya yang membahas 5 blog yang saya miliki dan menyarankan fokus pada 1 blog saja.Jika ditelaah lebih dalam kalimat "Jangan habiskan hidupmu untuk ngeblog" bisa bermakna terlalu banyak ngelog itu tidak baik.Ucapan sobat saya ini bak sebuah tamparan buat saya pribadi yang sudah ngeblog selama 6 tahun.Apa yang sudah saya dapatkan dari ngeblog selama ini?

Bisa jadi ucapan sobat saya ini benar sehingga saya harus mengubah pola ngeblog yang selama ini saya lakukan jangan-jangan selama ini saya melakukan sesuatu yang kurang produktif atau bahkan sia-sia.Sebagai perbandingan saya jualan martabak manis mini selama satu jam minimal mendapatkan penghasilan Rp.60.000 sedangkan kalau saya ngeblog selama 1 jam tidak ketahuan hasilnya bisa saja sia-sia misalnya menulis artikel ternyata sepi pengunjung kecuali jika saya menerbitkan artikel review memang untung tapi kan tidak tiap hari?

Evaluasi Pencapaian Ngeblog Tahun 2017


Untuk menjawab apakah ngeblog yang saya lakukan hanya akan menghabiskan hidup atau tidak saya perlu melakukan evaluasi ditahun sebelumnya 2017,Apa yang sudah saya dapatkan dan apa yang sudah saya keluarkan? Dengan begitu saya jadi tahu apakah ngeblog yang saya lakukan bermanfaat atau hanya menghabiskan hidup atau umur jika nyata-nyata hanya menghabiskan umur mungkin sudah waktunya saya mengalihkan/mengurangi ngeblog ke aktifitas lain yang lebih produktif.

Baca Juga :
Manfaat Hosting Gratis Bagi Bloger
3 Cara Ini Membuat Rekening Jadi Bloger Gendut
Menjadi Bloger Serba Bisa Mungkinkah?


Walaupun sebenarnya saya mendapatkan kepuasan batin ketika saya ngeblog dan ngeblog sudah menjadi hobi yang tidak terpisahkan dari hidup saya jadi meski tanpa hasil saya sudah merasakan kesenangan tapi tidak bisa begitu,jika saya banyak menghabiskan waktu untuk ngeblog tanpa hasil itu sih sudah jelas saya menghabiskan hidup hanya untuk ngeblog.

Tak Bisa dipungkiri motivasi ngeblog saya salah satunya karena ingin menghasilkan uang dari internet untuk itulah saya bergabung dengan Google Adsense sejak 2 tahun lalu sebagai “kail” untuk memancing uang internet dan juga Job artikel review.Lalu Bagaimana dengan hasilnya?

Setelah saya lihat statistik akun adsense selama 1 tahun periode 2 Jan 17 hingga 2 Jan 2018 penghasilan adsense saya sebesar US $556/Rp.7.450.000 (Sreenshoot tidak bisa saya tampilkan karena tidak diperkenankan google) ditambah penghasilan dari artikel review selama 1 tahun sejumlah Rp.1.550.000 jadi Total Penghasilan Rp.9.000.000.

Penghasilan sebesar itu dikurangi untuk biaya koneksi internet sebesar @50.000 x 12 = Rp.600.000 Bayar tagihan listrik Rp.3.000.000 jadi Masih tersisa Rp.9.000.000-Rp.3.600.000 = Rp.5.400.000.

Dari data-data diatas barulah saya bisa menyimpulkan beberapa poin penting :


  1. Penghasilan dari blog dibandingkan pengeluaran masih lebih besar pendapatan sehingga ngeblog tetap menguntungkan bukan sesuatu yang hanya menghabiskan hidup.
  2. Rata rata penghasilan bersih bulanan setelah dipotong biaya koneksi internet dan listrik masih relatif kecil Masih jauh dari UMR yakni Rp.450.000 per bulan.
  3. Ngeblog tidak bisa dijadikan pekerjaan utama atau Fulltime blogger jadi harus mencari pekerjaan lain.
  4. Jika hasilnya seperti ini dan saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk ngeblog saja sama artinya saya kurang produktif memanfaatkan waktu.
  5. Ngeblog lebih cocok dijadikan pekerjaan sampingan,Usaha lain harus tetap dilakukan seperti jualan online atau offline.


Postingan ini tidak ada maksud untuk pamer hanya sekedar sebagai bahan evaluasi apakah ngeblog terus dilanjutkan atau stop sampai disini.Masih banyak blogger yang penghasilannya fantastis diluaran sana,saya hanya mencoba supaya bisa seperti mereka.Semoga bermanfaat!

This post have 9 komentar

avatar
Maman Achman delete January 7, 2018 at 10:19 AM

Sebuah penghitungan yang matang mas.. memang betul, dalam melakukan sesuatu kita harus memperhitugkan untung ruginya, jangan sampai waktu kita habis hanya untuk melakukan hal-hal yang tidak produktif.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 7, 2018 at 11:10 AM

Iya Mas apalagi tarif listrik tidak bisa dibilang murah...banyak ngeblog boros listrik apalagi kompinya Desktop

Reply
avatar
dunia kecil indi delete January 7, 2018 at 6:56 PM

Aku gak dapat penghasilan dari blog, tapi ngeblog bikin aku happy, hehehe xD

Reply
avatar
Hendra Suhendra delete January 12, 2018 at 8:38 AM

Penghitungannya sangat matang mas. Mungkin yang dimaksud jangan habiskan hidupmu untuk ngeblog adalah, menulis menulis artikel yang tidak dapat memberikan manfaat apa-apa, baik untuk diri sendiri apalagi untuk orang lain. Jadinya ngeblognya malah dianggap sia-sia, karena tidak memberikan benefit apa-apa. Yang ada hanya menghabiskan waktu/hidup untuk sesuatu yang tidak jelas. CMIIW...

Baru tau saya kalo google tidak membolehkan untuk screenshot... Hmmmm penghasilannya banyak juga ya mas, barokallah...

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 13, 2018 at 10:17 AM

Selagi gak buang-buang waktu Silahkan Mba

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 13, 2018 at 10:22 AM

Bisa juga begitu mas...kadang ada yang sudah banyak keluar modal buat beli kuota internet tapi blognya tak kunjung berkembang padahal sudah banyak waktu yang digunakan.Statistik Adsense mulai dari jumlah klik,bpk dll termasuk rahasia google Mas dan tak boleh dipublikasikan ke publik

Reply
avatar
Mata Lhoong delete January 14, 2018 at 10:38 PM

Wah menyimak judul seakan ada sesuatu yang jaduh di atas bahu. Bagaimana tidak, selama ngeblog masih jauh sekali mendapatkan keuntungan yang signifikan bila dibandingkan dengan mas Dwi Sugiarto. Namun, karena sudah menjadi hobby dan ingin menjadikan pekerjaan sampingan, maka saya tetap melanjutkan. Paling seauatu yang perlu kita rubah agar selama aktif di blog tidak menjadi sia sia.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete January 15, 2018 at 8:06 AM

Asalkan bisa mengatur waktu untuk hal yg lebih penting misal kerja silahkan saja mas

Reply
avatar
Fajrin Ilham H delete January 16, 2018 at 4:53 PM

perhitungannya sangat detil mas.. mungkin untuk saat ini saya belum dapat keuntangan. soalnya langganan internet hanya untuk kebutuhan kuliah dan sampingan ngeblog.. sepertinya harus belajar para pemblogger yang main bisnis kalik yaa supaya keuntungan bisa dapat lebih hehe

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement