--> Skip to main content

Ini Dia 4 Kota yang Tepat Anda Datangi untuk Berburu Aneka Barang Antik di Indonesia

Hobi berburu barang antik mungkin tak begitu familiar di telinga Anda. Segelintir orang menekuni hobi ini sebagai pelepas penat atau penghibur di kala stres melanda. Aneka barang antik harga murah untuk kolektor benda kuno dan langka dari berbagai tempat menjadi buruan para kolektor di seantero negeri. Ada kepuasan tersendiri saat seorang kolektor mendapatkan barang buruan mereka. Mengingat barang-barang tersebut sudah jarang ditemui bahkan hanya satu-satunya di dunia.

Barang Antik

Di Indonesia sendiri ada beberapa lokasi perburuan barang antik yang paling diincar oleh kolektor. Salah satunya adalah kota Jakarta, kota metropolitan dengan segala ketersediannya. Kota ini tak hanya menawarkan barang-barang baru dengan berbagai merk, namun barang-barang lama pun tersedia. Selain Jakarta, adapula beberapa kota yang masuk jajaran perburuan barang antik menjanjikan, yakni:

Solo

Penikmat barang antik wajib berkunjung ke pasar Triwindu di kota Solo. Berada di jalan Diponegoro, pasar ini mulai beroperasi di jam 09.00 hingga 16.00 sore. Ada begitu banyak barang antik dengan berbagai kondisi ditawarkan di pasar ini. Anda akan menemukan benda-benda kuno dari berbagai zaman dan negara, termasuk barang antik dari Indonesia asli. Uniknya lagi barang-barang disini bisa Anda tawar untuk mendapatkan harga yang sesuai. Pasar antik di kota kelahiran presiden Jokowi inipun menawarkan aneka kerajinan seni berusia tua yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Jakarta

Jalan Surabaya di kawasan Menteng adalah salah satu pasar barang antik yang sudah cukup terkenal dari waktu ke waktu. Pasar inipun selalu menjadi pilihan para kolektor untuk sekedar mencari barang-barang kuno dari dalam maupun luar negeri. Barang-barang yang ditawarkan oleh deretan toko disini rata-rata dibuat sebelum tahun 1970an. Harga barang yang ditawarkan terbilang bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai belasan juta. Jadi, siapkan kocek Anda untuk mendapatkan barang incaran, termasuk pernak-pernik rumah tangga.

Yogyakarta

Kota budaya ini nyatanya juga menjadi destinasi wajib bagi para pemburu aneka barang antik. Setiap tahunnya ada perhelatan acara bertajuk Pasar Kangen yang menjajakan berbagai barang antik. Anda bisa menemukan koleksi piringan hitam pribadi, aksesoris, sampai kumpulan perangko dari tahun tertentu. Tak hanya barang-barang saja, Pasar Kangen pun menyajikan aneka cemilan atau jajanan pasar yang sudah mulai sulit dijumpai di setiap daerah.

Bandung

Bandung menjadi pilihan berburu barang antik selanjutnya. Jika Jakarta punya kawasan Menteng, Bandung memiliki Cikapundung timur sebagai surga berbelanja para kolektor. Di lokasi ini hampir semua kerajinan seni sampai barang-barang rumah tangga yang sudah antik dapat ditemukan. Dibandrol dengan kisaran harga yang cukup terjangkau, beberapa artis pun kerap mengunjunginya untuk mencari perabotan rumah tangga. Bagi pecinta musik, jalan Cihapit adalah lokasi paling nyaman untuk berburu kaset dari tahun-tahun lewat. Anda bisa membeli hasil karya penyanyi favorit yang diproduksi dalam bentuk kaset. Bahkan beberapa penyakit lawas yang tak bisa ditemukan dalam kondisi CD pun, bisa Anda cari disini.

Berburu barang antik tentu tidak semudah yang terlihat. Ada aturan wajib yang harus dipegang oleh setiap kolektor ataupun pecinta barang antik pemula yang baru hobi dan koleksi benda-benda ini. Jika Anda belum terlalu lihai dalam bidang ini, ada baiknya melakukan riset dahulu. Pasalnya ada beberapa pedagang nakal yang kerap mematok harga barang terlalu tinggi. Pastikan pula aneka barang antik yang hendak Anda bawa pulang terjamin keasliannya sebelum benar-benar dibayar. Selain itu, mintalah pendapat beberapa kolektor untuk mengetahui kondisi barang tersebut masih layak atau tidak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar