Wednesday, April 4, 2018

Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM,Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas-Mesin Pompa air atau biasa orang menyebut "Sanyo" keberadaannya sangat penting karena rata-rata rumah menggunakan. Apa jadinya jika tiba-tiba mesin pompa air menjadi lemah daya sedotnya atau berputarnya lemah tentu kinerjanya tidak maksimal apalagi ditambah mesinnya cepat panas? Hal ini menunjukkan mesin pompa air sudah tidak normal jika tidak segera diatasi kerusakannya bisa makin parah dan bisa membahayakan misalnya arusnya bocor sehingga jika disentuh jadi nyetrum.

Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas

Kejadian ini menimpa saya admin Mediakompilasi.Com dimana 2 hari yang lalu ketika akan mengisi tandon air ada keanehan pada mesin pompa air merk SHIMIZU tipe PS 128 BIT kok suaranya tiba tiba jadi pelan, daya sedotnya lemah dan yang membuat saya kuatir adalah cepat panas.Berkaca dari pengalaman saya sebelumnya dimana mesin pompa yang cepat panas mengindikasikan ada yang tidak beres dan pernah saya paksa hidupkan terus eh malah nyetrum, ngeri bukan?
Baca juga :
Awas ! Kerusakan Mesin Pompa Air ini Sangat Berbahaya
Pengalaman Mengatasi Mesin Pompa Air Hidup Tidak Keluar Air
Sumur Bor Andalan Warga Bekasi Mendapatkan Air Bersih

Akhirnya dengan terpaksa saya libur tidak menyedot air tapi berhubung stok air menipis mau tak mau saya harus segera memperbaiki mesin pompa air tersebut. Mesin pompa air tersebut memang usianya sudah lebih dari 2 tahun jadi wajar jika kinerjanya menurun apalagi jika penggunaannya atau penempatannya tidak sesuai prosedur yang dianjurkan produsennya.

Kemarin atau tepatnya 03 April 2018 saya pergi ke tukang service mesin pompa air Dua Saudara yang berlokasi di jalan Cibarusah - Pasar Serang Cikarang Bekasi.Sesampainya disana Mesin pompa air tersebut langsung diperiksa tukang servicenya. Setelah dibuka mesin utamanya yaitu dinamo (Motor Listrik) ketahuan penyakitnya yaitu pada bagian STATOR itu loh bagian yang ada gulungan kawat tembaga yanf berfungsi sebagai magnit dan memutar As untuk menyedot air. Ternyata pada bagian Statornya sudah karatan dan karatannya itu rontok hingga mengenai gulungannya. Inilah penyebab kenapa mesin pompa air menjadi lebih lambat dan cepat panas.

Cara Mengatasi Pompa Air Shimizu Lemah Cepat Panas


Menurut tukang servicenya hal ini disebakan karena mesin pompa air diletakkan ditempat yang lembab atau basah dan memang betul tiap mengisi air ada air yang bocor dari sambungan dari paralon dan membasahi alas mesin pompa air tersebut, kadang juga kena semprot air. Tukang service memberi solusi untuk mengganti gulungan atau dinamo dan karena tarifnya terjangkau yaitu Rp.150.000 sekalian pasang akhirnya saya mengiyakan untuk mengganti gulungan tersebut dan langsung dikerjakan saat itu juga. Saya pikir mengganti gulungan atau dinamo itu lama tapi ternyata tidak karena tukang service tersebut memiliki suku cadang (Spart Part) bagian stator itu dan merk dan tipenya juga sama yaitu Shimizu PS 128 BIT jadi tinggal pasang.

Tak butuh waktu lama untuk mengganti gulungan motornya dan setelah terpasang langsung dicoba. Hasilnya mesin pompa air saya bisa bekerja dengan normal kembali. Setelah saya bayar ongkosnya langsung saya bawa pulang kerumah dan saya pasang dan langsung bisa digunakan seperti biasanya.

Demikianlah cara mengatasi pompa air Shimizu Lemah cepat panas berdasarkan pengalaman saya Semoga bermanfaat !

This post have 10 komentar

avatar
Djangkaru Bumi delete April 4, 2018 at 12:35 PM

Kalau sudah ganti gulungan, biasanya juga tidak tahan lama lagi.
Harga gulungannya tergolong mahal juga ya?

Reply
avatar
triknews delete April 4, 2018 at 9:27 PM

lho ongkos ganti spulnya 150 rb mas. padahal kalau beli baru harga cuma 300 rb an ya..atau lebih?

kalau barunya 300rb an. jadinya separuh harga baru tuh mas

Reply
avatar
triknews delete April 4, 2018 at 9:33 PM

pompa air Shimizu ini sepertinya untung untungan mas, terbukti pompa air saya kebetulan Shimizu juga, saya beli baru tahun 2005, smpai sekarang fungsinya masih bagus, memang di bagian bawah body sudah pada kropos, wong saya pukul pukul pake martel karatnya pada rontok kok, tapi anehnya gak masalah tuh..

Reply
avatar
triknews delete April 4, 2018 at 9:37 PM

jadi penempatan pompa airnya sebaiknya di taruh pada tempat yang kering biar tidak terkontaminasi air luapan dari boksnya itu ya..mungkin diatasnya boks lebih bagus

Reply
avatar
ABD KADIR Rusdi delete April 4, 2018 at 10:56 PM

pompa air saya juga merk ini aman-aman saja suda tahunan juga

Reply
avatar
ramadani idaham delete April 5, 2018 at 1:22 AM

Lama nggak aktif ngeblog dan blog walking, untung aja blog walking nya nggak jalan kaki, coba aja jalan kaki pasti pakai kaki, nggak mungkin pakai tangan, karena bukan jalan tangan ckck, masih ingat sama gua mas ?

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 5, 2018 at 8:28 AM

Kalau gulungannya langsung dari pabrik bukan gulung sendiri kualitasnya hampir sama mas...Mesin utama sanyo ya gulungan mas jadi mahal seperti Tv lCD ya panelnya

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 5, 2018 at 8:30 AM

Baru sekitar 400 an mas itu di marketplace belum ongkirnya kalau ditoko offline bisa lebih mahal dan harus nawar. Tadinya mau beli baru mas tapi karena gulungan penggantinya dari shimizu juga bukan gulung sendiri saya mau aja

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 5, 2018 at 8:34 AM

Sebaiknya begitu mas...kalau lembab ya jadi karatan didalamnya dan lama lama kena gulungannya konslet deh makanya jadi panas

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete April 5, 2018 at 8:36 AM

Kalau pemakaiannya benar misalnya tidak sering cabut pasang stekernya dan penempatannya ditempat yang kering bisa awet mas

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement