--> Skip to main content

Tips Sukses Membuat Martabak Manis Mengembang

MEDIAKOMPILASI.COM , Tips Sukses Membuat Martabak Manis Mengembang – Siapa Tak kenal kelezatan Martabak Manis? Ada rasa keju susu, coklat kacang, Pisang susu hingga rasa kekinian seperti red velvet atau durian. Tak pelak kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit. Sayangnya untuk mendapatkan sepotong martabak manis yang lezat perlu merogoh kocek yang tidak murah meski terjangkau sebagai contoh martabak keju susu dibanderol Rp.25.000. Jika sekali-kali beli mungkin tak jadi soal tapi kalau sering beli apalagi belinya lebh dari 1 potong tentunya anda harus merogoh kocek yang lebih dalam.

Martabak Manis
Martabak Manis, Wikipedia

Bagi anda yang berkocek tebal mungkin tak jadi masalah namun bagi yang kantongya pas-pasan menikmati martabak manis harus berpikir dua kali. Bagaimana jika terlanjur suka dan selalu ingin menikmati kelezatan martabak manis? Gampang Kok ! Silahkan Anda membuat martabak manis sendiri karena dengan cara ini Anda bisa membuat martabak manis setiap saat dan enaknya lagi biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah.

Selain itu dengan membuat martabak manis sendiri bahan-bahan yang digunakan lebih terjamin karena Anda bisa memilih bahannya sendiri. Memangnya mudah membuat martabak manis sendiri? Asalkan takaran Bahannya Pas dan pengolahannya tepat saya rasa anda akan mudah membuatnya. Hal ini berdasarkan pengalaman saya menekuni usaha martabak manis.

Baca Juga :
Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantat Terbukti
Harga Dan Review Cetakan Martabak Unyil Happy Call
Peluang Usaha Paling Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Penasaran Bagaimana Tips Sukses Membuat Martabak Manis Mengembang? Simak Informasinya Berikut Ini:

1.Pilihlah Terigu protein tinggi atau minimal sedang karena cukup mempengaruhi hasilnya. Semakin tinggi proteinnya maka akan semakin mudah mengembang. Merk terigu dipasaran yang cocok untuk membuat martabak manis dan sering digunakan oleh para penjual martabak manis adalah merk Segitiga Biru atau yang lebih bagus lagi merk Cakra Kembar.

2.Gunakan bahan pengembang yang tepat dan yang banyak digunakan adalah Soda Kue (Baking Soda), Baking Powder dan Ragi Instan. Boleh  menggunakan salah satu saja atau kombinasi 2 pengembang sekaligus seperti soda kue dan ragi instan atau baking powder dan ragi instan.

Jika memutuskan untuk menggunakan soda kue saja tanpa tambahan ragi instan perlu ditambahkan telur agar adonannya lebih mengembang dan empuk, lebih bagus lagi jika menggunakan terigu protein tinggi. Keuntungan menggunakan cara ini adalah adonan akan lebih lama bertahan karena biasanya soda kue diberikan saat adonan akan dicetak bahkan telurnya juga bisa belakangan.

Jika memutuskan untuk menggunakan kombinasi ragi instan seperti permipan dan soda kue/baking powder, adonan akan cepat mengembang dan hasilnya akan empuk meskipun tanpa telur namun  kelemanahnnya adonan akan cepat asam.

3.Gunakan Cetakan Martabak yang Tepat.
Dipasaran terdapat cetakan martabak yang terbuat dari bahan alumunium, besi cor atau alumunium berlapis Teflon. Salah satu kunci sukses membuat martabak manis adalah cetakannya tidak cepat panas sehingga adonannya tidak cepat gosong. Untuk ukuran martabak yang besar seperti  Martabak Manis dengan  diameter 13 cm keatas cetakan yang terbaik adalah yang berbahan besi cor.

Tapi kalau untuk ukuran martabak mini yang berdiameter 8 cm, cetakan berbahan alumunium berlapis Teflon sangat cocok digunakan.

4.Gunakan api yang sedang
Besar kecilnya api sangat mempengaruhi hasil cetakan martabak manis jika terlalu besar akan cepat gosong tapi jika terlalu kecil adonan tidak mengembang sempurna. Untuk itulah gunakan api yang cukup untuk mengembangkan adonan dengan sempurna dan matang merata. Jika Anda menggunakan kompor gas saya rasa anda bisa dengan mudah mengatur apinya.

Demikianlah informasi seputar Tips Sukses Membuat Martabak Manis Mengembang, Selamat Mencoba !
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar