Skip to main content

Cerita Lucu Ketinggalan Sholat Idul Fitri

Cerita Lucu Ketinggalan Sholat Idul Fitri-Lebaran tanpa sholat Idul fitri(Id) rasanya ada yang kurang wajar saja jika kemudian kaum muslimin dari yang tua,muda dan anak anak berbondong bondong menuju ketanah lapang atau ke masjid untuk menunaikan sholat Id sehingga syiar islam terlihat jelas sampai-sampai jalanan terlihat lengang.Dibalik kemeriahan pelaksaanaan sholat Id ada cerita lucu yang saya alami ketika melakasanakan sholat Id setahun yang lalu.Kejadiannya dikomplek perumahan kami di Bekasi kebetulan tahun kemarin saya tidak mudik kekampung halaman.

Meskipun tata cara sholat Id dimanapun sama ternyata ada perbedaan antara sholat Id dikampung dengan dikota jika dilihat dari susunan acaranya.Dikampung susunan acaranya sederhana jamaah datang ke lapangan atau ke masjid setelah waktunya tiba langsung menunaikan sholat sholat Id jika ada sambutan biasanya tak lebih dari 5 menit sekedar mengingatkan tata cara sholat Id berbeda jika dikomplek perumahan kami susunan acaranya menurut saya agak bertele-tele ada sambutan dari ketua ormas,sambutan dari ketua DKM serta laporan zakat fitrah.Jika dihitung-hitung sambatan-sambutan tersebut bisa memakan waktu satu jam.

Sholat Idulfitri
Suasana sholat Id disebuah tanah lapang
Bagi jamaah sholat Id tentu agak merepotkan terutama bagi orang tua yang membawa anak kecil nggak kebayang jika sewaktu waktu ingin kencing atau BAB ditengah jamaah yang padat apalagi bagi anak kecil tak jarang rewel minta pulang.Belajar dari pengalaman sholat Id pada tahun-tahun sebelumnya saya sengaja berangkat agak siang meskipun sudah mandi sejak habis sholat subuh perkiraan saya sholat Id baru akan dimulai pada jam 7:00 sehingga saya santai dulu dirumah kebetulan tempat sholat Idnya dijalanan perumahan yang jaraknya sekitar 10 meter.

Biasanya jika sholat Id panitia menggunakan pengeras suara yang diletakkan dibeberapa lokasi sehingga suara takbir bisa terdengar dengan jelas jika masih ada suara takbir berarti sholat id belum dimulai kebetulan waktu itu pengeras suaranya tidak terlalu keras sehingga suara takbir maupun suara sambutan dari panitia tidak terdengar dengan pedenya saya menunggu sampai jam 6.30 karena saya menebak acaranya baru akan dimulai pada jam 7:00.

Setelah jam menunjukkan 6.30 saya bersama anak saya keluar rumah untuk menuju lokasi sholat Id sedangkan istri saya tidak bisa sholat Id karena harus mengurus sikecil namun hal yang tak terduga terjadi begitu saya keluar ke jalan ternyata orang-orang sudah beranjak pulang dan jamaah yang ada dijalan mengatakan bahwa sholat ID nya sudah selesai.Haaa…? Saya cuma terbengong-bengong bercampur rasa malu ketahuan kesiangan secara spontan saya langsung balik lagi kerumah dan mengetahui hal ini istri saya langsung tertawa dan menyalahkan saya kenapa tidak berangkat dari tadi padahal lokasinya dekat.

Itulah cerita lucu ketinggalan sholat Id yang saya alami mudah-mudahan untuk sholat Id esok hari tidak terulang kembali.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar